Cara Menenangkan Hati Gelisah

Cara menenangkan hati yang gelisah mungkin bukan sesuatu yang sulit bagi orang yang sabar. Tetapi sebaliknya, menenangkan hati saat gelisah bagi orang yang kurang memiliki kesabaran akan sedikit sulit. Karena menenangkan hati yang sedang gelisah sangat berhubungan dengan tingkat kesabaran seseorang. Semakin sabar seseorang dalam menghadapi persamalahan, maka akan semakin tenang orang tersebut menghadapi kegelisahan hatinya.

Berikut ada beberapa cara menenangkan hati disaat gelisah yang mungkin dapat berguna, sehingga kegelisahan yang dirasakan bisa sedikit berkurang bahkan hilang sama sekali.

Berpikir dengan tenang

Berpikir dengan tenang akan dapat menenangkan hati yang selalu gelisah. Dengan berpikir tenang, masalah yang menimbulkan kegelisahan akan dapat dicari penyelesaiannya. Obat hati yang sedang gelisah sebenarnya ada pada diri kita sendiri jika kita bisa berpikir dengan tenang tentang apa yang sedang terjadi.

Mengevaluasi diri

Terkadang masalah yang menimbulkan kegelisahan tersebut datang dari diri kita sendiri. Tanpa kita sadari kita telah menjadi sumber masalahnya. Jika hal tersebut terjadi, maka untuk menenangkan hati yang gelisah kita perlu mengevaluasi diri kita sendiri, apakah selama ini kita sudah melakukan sesuatu yang benar. Jangan-jangan benar menurut kita tapi tidak buat orang lain.

Berbagi dengan orang lain

Jika merasa tidak mampu menenangkan hati gelisah lagi dan perlu bantuan orang lain, tidak ada salahnya untuk berbagi dengan teman atau sahabat yang kita percaya. Dengan menceritakan apa yang terjadi dengan diri kita sehingga merasa tidak tenang akan mengurangi beban yang kita rasakan. Mungkin dengan berbagi kita akan mendapat solusi untuk menghadapi permasalahan yang sedang terjadi.

Mencari kesibukan lain

Jika terlalu memaksakan diri untuk dapat mengatasi masalah, mungkin akan berakibat kurang baik untuk jiwa dan mental yang kita miliki. Ada kalanya untuk menenangkan hati yang gelisah dengan mencari kegiatan yang bermanfaat dapat sedikit demi sedikit melupakan tentang masalah yang terjadi.

Selalu berdoa

Berdoa adalah sesuatu yang harus kita lakukan untuk menenangkan hati yang sedang gelisah. Sebagai makhluk yang lemah, kita harus senantiasa meminta pertolongan dari-Nya agar diberi petunjuk dalam menghadapi sesuai.

Demikianlah cara menenangkan hati gelisah ini, semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: