Cara Menenangkan Hati Yang Kecewa

Cara menenangkan hati yang kecewa. Setelah sebelumnya membahas tentang cara menenangkan hati pacar, kali ini kita akan membahas cara menenangkan hati yang kecewa. Bagaimana caranya? Simak caranya berikut ini.

Kecewa adalah suatu perasaan yang kita rasakan atau kita alami tidak seperti yang kita inginkan. Misalnya kita menginginkan sesuatu, dan sesuatu itu tidak dapat kita miliki, disaat itulah rasa kecewa akan timbul. Menenangkan hati yang kecewa sangat diperlukan agar rasa kecewa itu tidak berlarut-larut mengendap di dalam hati kita yang akan mempengaruhi hidup kita.

Membaca al-Qur’an

Membaca al-Qur’an juga dapat digunakan sebagai cara menenangkan hati yang kecewa. Al-Qur’an akan menjadi penenang hati-hati yang membacanya, bahkan bagi para pendengarnya, sebagaimana firman Allah di dalam al-Quran, yang artinya “… kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah …”, itulah janji Allah swt kepada hamba-Nya senantiasa mengistiqomahkan diri mereka untuk selalu membaca, mempelajari, dan merenungi ayat-ayat Al Quran secara terus-menerus.”

Berdzikir

Berdzikir atau mengingat Allah adalah salah satu cara menenangkan hati yang sangat ampuh. Dengan berdzikir kita akan memperoleh ketenangan batin dengan jalan merenungi tanda-tanda kebesaran Allah swt. Allah telah menciptakan alam ini dengan beraneka tanda-tanda kekuasaan-Nya bagi orang-orang yang mau berpikir dan merenungkannya.

Berdoa

Cara menenangkan hati dengan berdoa dan meyakini bahwa pertolongan Allah itu dekat, maka kekecewaan pun niscaya akan hilang. Karena kita tahu dan yakin bahwa Allah pasti akan menolong hamba-Nya yang membutuhkan. Allah mungkin belum mengabulkan apa yang kita inginkan sehingga menimbulkan rasa kecewa di dalam diri kita, tapi yakinlah bahwa itu yang terbaik buat kita saat ini

Bersyukur

Bersyukur adalah salah satu cara menenangkan hati yang kecewa. Dengan bersyukur kita akan bisa menerima apapun yang kita miliki, karena itulah yang terbaik buat kita seperti yang telah dijanjikan oleh Allah SWT. Allah tidak akan memberikan sesuatu yang melebihi batas kemampuan yang kita miliki.

Demikianlah cara menenangkan hati yang kecewa ini, semoga ada manfaatnya serta dapat berguna untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: