Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami

Cara menghilangkan kutil secara alami. Kutil atau papilloma merupakan tumor jinak yang tumbuh dipermukaan kulit. Meskipun tidak berbahaya, sebagian orang akan menghilangkan kutil ini. Cara menghilangkan kutil pun relatif cukup mudah dan tanpa harus melakukan operasi.

Menurut Wikipedia, penyebab kutil adalah Human Papilloma Virus (HPV) yang menyerang permukaan kulit, atau dapat juga akibat penebalan lapisan kulit luar yang berlebihan. Kutil ini dapat berkembang menjadi besar jika tidak segera dihilangkan. Lalu bagaimana cara menghilangkan kutil ini?

Cara menghilangkan kutil lebih baik jika menggunakan bahan alami. Selain banyak terdapat di sekitar kita, bahan alami untuk menghilangkan kutil juga relatif murah harganya. Berikut beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan kutil.

Bawang Merah dan cuka

Cara menghilangkan kutil menggunakan bawang merah sangat mudah. Bahan yang perlu disiapkan adalah bawang merah dan cuka. Cuka sangat baik untuk menghilangkan kutil karena mengandung bahan yang dapat merusak pertumbuhan kutil hingga ke akar-akarnya.

Caranya adalah dengan merendam bawang merah ke dalam larutan cuka. Setelah itu iris bawang merah tipis-tipis untuk kemudian ditempelkan ke kutilnya. Untuk melekatkannya bawang merah tersebut pada kutil dapat digunakan plaster. Biarkan sampai campuran bawang merah dan cuka mengering. Untuk hasil yang maksimal lakukan 2 sampai 3 kali seminggu.

Kapur sirih dan sabun

Campuran kapur sirih dan sabun juga dapat digunakan untuk menghilangkan kutil yang tumbuh di permukaan kulit. Caranya adalah dengan mencampur kapur sirih dan sabun dengan perbandingan 1:1. Setelah itu oleskan campuran kapur sirih dan sabun tersebut pada permukaan kutil yang ingin dihilangkan. Setelah mengering, bersihkan dengan air hangat. Untuk hasil yang maksimal lakukan 2 sampai 3 kali seminggu.

Bawang putih

Sulfur yang terkandung di dalam bawang putih dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan kutil. Sulfur tersebut dapat mengikis lapisan yang terbentuk akibat kutil sehingga lama-kelamaan kutil akan hilang.

Caranya adalah dengan menghaluskan 1 siung bawang putih, kemudian tempelkan pada permukaan kutil dengan menggunakan perban atau plaster setiap sebelum tidur. Lakukan secara berulang sampai kutil benar-benar hilang.

Memang kutil tidak terlalu berbahaya, tetapi sangat mengganggu jika tumbuh di tempat yang terbuka seperti tangan dan muka. Untuk menghilangkan kutil disarankan menggunakan bahan yang alami karena selain mudah dicari, cara menghilangkan kutil dengan bahan yang alami cenderung lebih aman tanpa efek samping. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait:

Bagikan: