Cara Merawat Rambut Kering dengan Minyak Zaitun

Cara merawat rambut kering. Pada dasarnya rambut dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah rambut kering, rambut normal dan rambut berminyak. Setiap jenis rambut memiliki karakteristik yang berbeda antara satu jenis rambut dengan jenis rambut yang lain. Cara merawat rambut kering akan berbeda dengan cara merawat rambut secara alami ataupun rambut berminyak.

Jenis rambut yang kering biasanya berhubungan dengan kurangnya kelembaban, kusam, kulit kepala yang kering, ketombe hingga rambut yang bercabang. Pada umumnya, rambut kering disebabkan oleh kurangnya kelembaban, kekurangan protein rambut, serta karena radiasi ultraviolet. Selain itu, keramas yang terlalu sering juga bukan merupakan cara merawat rambut yang baik. Keramas sebaiknya satu sampai dua kali saja dalam seminggu agar kelembaban rambut dapat terjaga dengan baik.

Banyak orang yang ingin menjaga kelembaban rambut agar rambut tidak lagi kering dengan tidak mencuci rambut atau keramas dalam beberapa waktu. Karena mereka beranggapan dengan keramas shampo atau kondisioner yang digunakan dapat menghilangkan minyak alami yang diproduksi oleh rambut. Cara merawat rambut kering rontok yang seperti ini sebenarnya tidak benar, karena hanya akan menimbulkan masalah baru karena folikel rambut dapat tertutup oleh kotoran yang melekat pada rambut.

Faktor utama yang dapat menyebabkan rambut kering adalah karena radiasi sinar ultra violet dari matahari. Oleh karena itu sangat disarankan untuk memakai pelindung rambut seperti topi dan sebagainya ketika akan melakukan aktivitas di luar rumah. Selain menghindari paparan sinar matahari langsung, cara merawat rambut kering yang baik juga harus menghindari produk perawatan rambut seperti obat keriting, pewarna rambut dan sebagainya yang dapat menyebabkan rambut semakin kering karena kandungan bahan kimianya.

Sebagaimana tubuh, rambut juga memerlukan gizi dan nutrisi yang seimbang untuk memproduksi zat-zat tertentu untuk menjaga kelembaban rambut secara alami. Nutrisi yang diperlukan rambut diantaranya adalah protein, kalsium, zat besi, magnesium dan lain sebagainya. Nutrisi tersebut dapat banyak terkandung dalam kacang-kacangan. Selain itu, penting juga untuk mengurangi konsumsi garam dalam setiap makanan yang kita makan.

Cara merawat rambut kering dengan minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu obat alami yang sangat populer untuk perawatan rambut kering. Minyak zaitun yang kaya vitamin E dan antioksidan ini dapat digunakan untuk perawatan rambut rusak dengan menjaga kelembaban rambut. Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk untuk memperkuat rambut, membuat rambut lebih bersinar dan mengembalikan kelembaban rambut kering. Cara menggunakan minyak zaitun untuk perawatan rambut kering adalah sebagai berikut.

  • Masukan minyak zaitun secukupnya ke dalam cangkir atau mangkuk
     
  • Lalu masukkan minyak zaitun tersebut ke dalam microwave untuk menghangatkannya
     
  • Oleskan minyak zaitun hangat secara menyeluruh ke kulit kepala dan rambut
     
  • Pijat kulit kepala dengan lembut kurang lebih selama 5 sampai 10 menit
     
  • Tutup rambut dengan handuk dan biarkan hingga semalam, atau setidaknya selama 30 menit
     
  • Bersihkan dengan menggunakan sampo atau produk yang sesuai dengan jenis rambut
  • Lakukan setidaknya seminggu sekali untuk memberikan rambut nutrisi dan perawatan yang sangat dibutuhkan
Demikianlah cara merawat rambut kering ini, selamat mencoba dans emoga bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin

Artikel terkait:

Bagikan: