Beberapa Khasiat Buah Nanas bagi Kesehatan

Khasiat buah nanas – Buah yang memiliki sisik pada kulitnya dan berwarna kuning kemerah-merahan ini memiliki banyak khasiat. Salah satunya adalah manfaat buah nanas untuk diet. khasiat buah nanas bagi kesehatan yang lainnya masih banyak lagi, seperti untuk mencegah radikal bebas, menjaga kesehatan jantung hingga pencegahan kanker.

Khasiat buah nanas yang demikian banyak itu disebabkan karena kandungan beberapa nutrisi dan senyawa yang dimilikinya. Mulai dari kandungan vitamin A, vitamin C, kalium, fosfor, dan kalium serta senyawa lain yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan fungsi-fungsi tertentu. Lalu apa manfaat buah nanas untuk kesehatan? Berikut beberapa diantaranya.

Rendah kalori

Buah nanas seberat 100 gram hanya mengandung sekitar 50 kalori sehingga buah nanas bermanfaat untuk diet. Dengan mengetahui kandungan kalori yang dimiliki buah nanas, maka konsumsi kalori yang dibutuhkan untuk diet dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Enzim bromelain

Nanas juga mengandung enzim bromelain proteolitik yang berguna untuk memecah protein dalam makanan. Bromelain juga memiliki sifat anti-inflamasi, anti-pembekuan dan anti-kanker. Penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi buah nanas secara teratur dapat membantu mencegah arthritis, gangguan pencernaan dan gejala cacingan.

Vitamin C

Manfaat buah nanas untuk kesehatan karena mengandung banyak vitamin C. Dalam 100 gram buah nanas segar mengandung 47,8 atau 80% dari vitamin C. Mengkonsumsi Vitamin C dengan teratur berguna untuk melindungi tubuh dari infeksi, penyakit kudis dan meningkatkan kekebalan terhadap radikal bebas.

Vitamin A

Buah nanas juga mengandung vitamin A yang berguna untuk tubuh. Vitamin A sangat bermanfaat untuk menjaga dan memelihara kesehatan kulit dan mata. Dengan mengkonsumsi buah nanas secara teratur dapat meningkatkan kesehatan mata dan dapat memutihkan badan.

Mineral

Kandungan berbagai mineral seperti tembaga, mangan, dan kalium membuat buah nanas bermanfaat untuk kesehatan. Kalium merupakan komponen penting pembentuk sel dan cairan tubuh yang dapat membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah, tembaga berguna untuk membantu membentuk sel darah merah, dan mangan dapat membantu menangkal radikal bebas yang sangat berguna untuk tubuh.

Mencegah kerusakan radikal bebas

Nanas merupakan sumber antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh dan mencegah kerusakan sel. Antioksidan ini membantu melindungi Anda dari penyakit seperti aterosklerosis, penyakit jantung, arthritis, berbagai penyakit kanker.

Memperkuat tulang

Kandungan mangan yang terdapat dalam buah nanas berkhasiat untuk kesehatan dan memperkuat tulang serta jaringan ikat. Buah nanas menyediakan sekitar 73% mangan yang diperlukan tubuh setiap harinya.

Menyembuhkan radang tenggorokan dan asam urat

Nanas merupakan sumber bromelain yang dapat membantu mencegah sinusitis. Nanas juga efektif untuk menyembuhkan sakit tenggorokan, asam urat, dan pembengkakan

Imunitas

Manfaat buah nanas untuk kesehatan manusia lainnya karena adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin C yang terkandung dalam nanas dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena efek antioksidan yang kuat.

Mencegah hipertensi

Jika Anda menderita tekanan darah tinggi dan berusaha untuk mencegahnya, Anda dapat mempertimbangkan mengkonsumsi buah nanas. Kandungan kalium yang tinggi dalam nanas dapat menjaga tingkat tekanan darah sehingga tetap normal.

Meredakan mual

Buah nanas juga dapat dimanfaatkan untuk meredakan rasa mual. Hal ini cukup berguna untuk ibu hamil yang sering mengalami mual akibat kehamilannya. Jika Anda sedang dalam perjalanan, mengkonsumsi jus nanas dapat membantu menghindari mabuk dalam perjalanan.

Dengan melihat begitu banyaknya manfaat buah nanas bagi kesehatan, sudah selayaknya kita menambahkan buah nanas dalam daftar makanan yang harus dikonsumsi setiap harinya, agar kesehatan tubuh tetap selalu terjaga.

Demikianlah beberapa khasiat buah nanas bagi kesehatan ini, semoga dapat bermanfaat dan berguna untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: