Cara Mengatasi Gusi Bengkak pada Anak

Cara mengatasi gusi bengkak – Menjaga dan merawat kesehatan mulut anak sangat penting untuk mencegah dan mengatasi gusi bengkak. Gusi yang sehat pada anak biasanya berwarna merah dan terlihat lebih terang. Namun jika bengkak, gusi anak akan terlihat lebih kenyal dan lembut dari keadaan biasanya. Mengatasi gusi bengkak pada anak diperlukan agar tidak menimbulkan masalah yang lebih serius terhadap kesehatan anak secara keseluruhan.

Ketika terkena infeksi bakteri, gusi anak biasanya akan menjadi bengkak dan akan terlihat tanda bintik pada gusi. Gusi bengkak juga akan tampak ketika gigi anak baru akan mulai tumbuh. Gusi anak yang bengkak harus segera mendapatkan perawatan agar tidak sampai bernanah dan menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Cara mengatasi gusi pada anak yang tepat akan dapat mengurangi resiko timbulnya penyakit gusi lainnya.

Penyebab gusi bengkak pada Anak

  • Perawatan gigi yang tidak maksimal adalah penyebab utama gusi bengkak pada anak-anak;
  • Bakteri yang telah berkembang dan tumbuh di daerah gusi;
  • Pada beberapa anak, penyakit gusi merupakan gejala atau tanda dari penyakit seperti diabetes atau penyakit auto imun lainnya;
  • Kekurangan vitamin C sering dikaitkan dengan gusi meradang;
  • Makan permen atau sesuatu yang keras dapat menimbulkan kontraksi pada gusi dan menyebabkan pembengkakan gusi;
  • Benturan langsung terhadap mulut seperti jatuh dapat menyebabkan pembengkakan pada gusi;
  • Penggunaan sikat gigi yang terlalu kasar juga dapat menyebabkan kerusakan pada gusi dan menyebabkan pembengkakan.

Cara mengatasi gusi bengkak pada anak

Gusi bengkak yang terjadi pada anak-anak akan menghilangkan keceriaan mereka, menghilangkan senyum bahkan tawa mereka. Gusi bengkak perlu diwaspadai karena merupakan salah satu tanda adanya penyakit periodontal. Oleh karena itu diagnosis dini sangat penting untuk mencegah agar masalah-masalah yang dapat terjadi pada gigi dapat dihindari. Berikut ada beberapa cara mengatasi gusi bengkak pada anak-anak.
  • Orang tua harus mengajarkan kepada anak bagaimana membersihkan gigi yang baik untuk mencegah kerusakan gigi;
  • Gunakan sikat gigi yang mempunyai bulu lembut agar tidak terjadi kontraksi pada gusi;
  • Mencukupi kebutuhan vitamin C anak untuk mengurangi resiko penyakit gigi, mencegah gusi bengkak, gusi berdarah, dan penyakit gusi lainnya;
  • Tambahkan sedikit baking soda dalam pasta gigi yang digunakan anak-anak untuk membantu menghilangkan bakteri pada gusi dan gigi, serta untuk mengatasi gusi bengkak.

Cara mengatasi gusi bengkak yang benar akan dapat menghindarkan dari penyakit gusi dan gigi yang lebih serius. Peran orang tua sangat dibutuhkan agar anak dapat terhindar dari masalah pembengkakan gusi maupun penyakit gusi lainnya.

Demikian cara mengatasi gusi bengkak pada anak ini, semoga dapat menambah pengetahuan kita dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: