Cara Mengobati Gusi Bengkak secara Alami

Cara mengobati gusi bengkak – Mengatasi gusi bengkak secara tradisional dapat dilakukan sendiri secara alami. Walaupun sederhana tetapi dapat membantu menyembuhkan berbagai masalah gusi, seperti radang gusi, penyakit periodontal, dan beberapa masalah gusi lainnya. Banyak cara mengobati gusi bengkak secara tradisional yang dapat membantu menjaga kesehatan mulut agar lebih baik.

Mengalami gangguan terhadap gusi, seperti gusi merah, gusi bengkak, maupun gusi berdarah pasti tidak akan menyenangkan. Jika tidak diobati dapat menyebabkan masalah yang lebih serius, bukan hanya gusi, tapi terhadap kesehatan mulut secara keseluruhan. Ada beberapa cara cepat menyembuhkan gusi bengkak secara alami yang dapat dicoba, tetapi jika tetap belum mendapatkan hasil yang maksimal disarankan untuk memeriksakan kesehatan gusi ke dokter ahli.

Berikut cara mengobati sakit gigi gusi bengkak secara alami yang dapat dilakukan sendiri di rumah, yang aman dan tidak memiliki efek samping karena dengan menggunakan bahan-bahan yang alami.

Mengurangi stres

Cara menghilangkan gusi bengkak secara alami yang pertama adalah dengan menghilangkan stress. Menurut Academy of General Dentistry (AGD), ada hubungan antara stres dan kesehatan gigi Anda. Orang yang sedang berada di bawah tekanan memiliki sistem kekebalan tubuh rendah yang membuat lebih sulit bagi mereka untuk melawan bakteri yang menyebabkan penyakit periodontal dan membuat mereka lebih rentan terhadap infeksi gusi.

Membuat larutan garam

Cara mengatasi gusi bengkak secara alami juga dapat dilakukan dengan membuat larutan garam ke dalam secangkir air hangat. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur-kumur selama lebih kurang 30 detik, lalu membuangnya. Ulangi beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Air garam akan mengurangi gusi bengkak dan mencegah infeksi pada gusi.

Menggunakan kantong teh

Cara mengobati gusi yang bengkak secara alami yang selanjutnya adalah dengan menggunakan kantong teh celup. Masukkan kantong teh ke dalam air mendidih selama lebih kurang 3 menit. Lalu keluarkan dan biarkan hingga dingin. Kemudian tempelkan kantong teh tersebut pada gusi yang bengkak, biarkan sekitar 5 menit. Asam tannic yang terkandung dalam teh akan dapat meredakan infeksi yang terjadi pada gusi.

Menggunakan madu

Madu juga menyembuhkan gusi bengkak secara tradisional. Madu mengandung antibakteri alami dan antiseptik, yang dapat digunakan untuk mengobati gusi yang terinfeksi. Setelah menggosok gigi, oleskan sedikit madu pada pada gusi yang bengkak. Jika menggunakan madu untuk mengobati gusi bengkak, tidak boleh berlebihan dan jangan sampai mengenai gigi. Karena kadar gula yang tinggi dalam madu dapat berakibat kurang baik pada gigi.

Konsumsi makanan kaya vitamin C

Cara menyembuhkan gusi yang bengkak secara alami yang selanjutnya adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, anggur, jambu, pepaya, dan lain sebagainya. Vitamin C merupakan anti-oksidan yang dapat membantu pertumbuhan jaringan ikat dan regenerasi tulang, yang dapat diperngaruhi oleh berbagai masalah gusi.

Mencukupi vitamin D

Selain vitamin C, mengatasi gusi bengkak secara tradisional juga dapat dilakukan dengan cara mencukupi kebutuhan vitamin D. Vitamin D memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat menyembuhkan gusi bengkak dan mencegahnya kambuh lagi. Sumber vitamin D yang baik adalah dengan menyerap sinar matahari pagi setidaknya 15 sampai 20 menit. Vitamin D juga dapat diperoleh dari makanan seperti ikan salmon, telur, bunga matahari dan lain sebagainya.

Menggunakan baking soda

Baking soda dapat digunakan untuk menetralkan asam di mulut, sehingga dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati gusi bengkak secara tradisional. Caranya adalah dengan menambahkan sedikit baking soda ke dalam air hangat, aduk hingga membentuk pasta. Lalu gunakan pasta tersebut untuk menyikat gigi.

Berhenti merokok

Bagi perokok, berhenti merokok jika sedang mengalami gangguan pada gusi merupakan cara cepat menyembuhkan gusi bengkak secara alami yang paling tepat. Tembakau akan menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penundaan terhadap penyembuhan suatu penyakit. Perokok akan lebih mungkin memiliki penyakit gusi yang lebih serius dan jika dibiarkan akan menyebabkan kerusakan terhadap gigi.

Cara mengobati gusi bengkak secara alami yang telah dijelaskan di atas dapat dilakukan sendiri di rumah, juga aman untuk karena menggunakan bahan-bahan alami yang tidak memiliki efek samping sebagaimana menggunakan bahan kimia yang banyak terkandung dalam produk pengobatan gusi yang banyak dijual di pasaran.

Demikianlah cara mengobati gusi bengkak secara alami ini, semoga dapat bermanfaat dan berguna untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: