Kandungan dan Manfaat Jengkol untuk Kesehatan

Kandungan dan manfaat jengkol – Diantara manfaat jengkol untuk kesehatan adalah untuk melangsingkan perut, mengontrol kadar gula darah, dan mencegah penyempitan pembuluh darah. Manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh tersebut terkadang terabaikan hanya karena aromanya yang menyengat, yang tidak disukai kebanyakan orang.

Jengkol merupakan tanaman asli Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Thailland, dan beberapa tempat lainnya. Menurut penelitian, yang membuat jengkol bermanfaat untuk kesehatan karena kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin, C, karbohidrat, alkaloid, steroid, minyak atsiri, tanin, dan kandungan lainnya yang sangat berguna untuk kesehatan.

Para pecinta jengkol tidak hanya mengkonsumsi jengkol sebagai sayur pendamping nasi. Dengan sedikit kreativitas, jengkol dapat dibuat berbagai bentuk makanan olahan seperti kerupuk, cemilan dan lain sebagainya, tanpa mengurangi manfaat jengkol untk kesehatan. Cara ini ternyata membuat semakin banyak orang yang menyukai jengkol.

Berikut beberapa manfaat jengkol untuk kesehatan yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh, serta untuk mencegah beberapa jenis penyakit.

Vitamin A

Kandungan vitamin A yang dimiliki jengkol dapat digunakan untuk membantu menjaga kesehatan mata. Selain itu, vitamin A juga dapat bersifat anti-oksidan yang dapat membantu tubuh untuk menghindari tubuh dari radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab timbulnya kanker.

Vitamin C

Kandungan vitamin C yang dimiliki jengkol dapat memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh setiap harinya. Jengkol seberat 100 gram mengandung sekitar 80 mg vitamin C. Sedangkan kecukupan gizi yang diperlukan tubuh akan vitamin C sekitar 75 mg hingga 90 mg. Dengan mengkonsumsi jengkol maka tubuh tidak akan kekurangan vitamin C.

Protein

Kandungan yang dimiliki jengkol lainnya adalah protein. Kandungan protein yang dimiliki jengkol sekitar 23,3 gram dalam setiap 100 gram. Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam membantu memproduksi hormon, enzim, serta fungsi imunitas tubuh lainnya.

Zat besi

Jengkol juga mengandung zat besi yang berguna untuk mencegah anemia atau kekurangan darah. Kandungan zat besi yang dimiliki jengkol sekitar 4,7 gram dalam setiap 100 gram. Selain mencegah anemia, zat besi juga berguna untuk menjaga mencegah sakit kepala, kelelahan dan membuat tubuh tetap bergairah.

Kalsium

Kandungan kalsium jengkol sekitar 140 mg dalam setiap 100 gram-nya. Kalsium sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memelihara kesehatan gigi dan tulang. Kebutuhan kalsium yang paling banyak dibutuhkan oleh tubuh adalah dalam masa pertumbuhan. Walaupun demikian, orang dewasa tetap membutuhkan kalsium meskipun tidak dalam jumlah yang banyak.

Protein

Jengkol juga mengandung protein yang tinggi yang berguna untuk membantu tubuh dalam membentuk jaringan baru. Menurut penelitian, kandungan protein yang dimiliki jengkol ternyata lebih besar bila dibandingkan dengan protein yang terkandung dalam kacang kedelai maupun kacang hijau.

Serat

Serat yang terkandung dalam jengkol dapat digunakan untuk mencegah sembelit. Dengan lancarnya proses buang air besar tersebut merupakan salah satu cara mengecilkan perut gendut, yaitu terjadinya sembelit dan tidak teraturnya proses buang air besar.

Mineral

Jengkol juga bermanfaat bagi kesehatan jantung. Salah satu penyebab penyakit jantung adalah penyempitan pembuluh darah, sehingga darah yang mengalir ke jantung tidak optimal. Mineral yang terkandung dalam jengkol dapat mencegah penyempitan pembuluh darah tersebut sehingga dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

Diuretic

Diuretic adalah salah satu sifat yang melancarkan pembuangan urine. Jengkol termasuk salah satu bahan makanan yang mempunyai sifat diuretic tersebut, sehingga dengan mengkonsumsi jengkol dapat mengurangi resiko penyakit jantung koroner.

Asam folat

Untuk membuat organ tubuh berfungsi dengan baik maka tubuh harus mencukupi kebutuhan asam folat setiap harinya. Jengkol merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung asam folat tersebut. Sehingga dengan mengkonsumsi jengkol maka dapat membuat organ tubuh berfungsi secara normal.

Meskipun jengkol bermanfaat untuk kesehatan, tetapi kandungan asam jengkolat yang terkandung dalam jengkol dapat mengganggu kesehatan tubuh. Asam jengkolat adalah salah satu jenis asam yang terkandung dalam jengkol yang tidak dapat dicerna. Sehingga sangat disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi jengkol.

Demikian beberapa kandungan dan manfaat jengkol untuk kesehatan, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: