Khasiat dan Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil

Manfaat semangka – Apakah Anda sedang hamil? Atau sedang mempersiapkan sebuah kehamilan? Seorang wanita yang sedang hamil biasanya akan banyak menerima masukan dari orang lain tentang kehamilannya. Salah satunya adalah makan semangka yang bermanfaat untuk ibu hamil dan janin. Semangka bermanfaat untuk wanita hamil karena sehat, bergizi, menyegarkan, dan banyak memberikan energi.

Semangka merupakan sumber vitamin A, Vitamin C, Vitamin B6, magnesium dan kalium yang baik untuk wanita hamil. Kandungan serat yang tinggi pada semangka bermanfaat untuk ibu hamil muda untuk mengatasi berbagai masalah pada masa awal kehamilannya.

Semangka dapat dikonsumsi secara langsung atau dikreasikan dengan tambahan bahan makanan lain, tetapi yang paling penting adalah tidak akan mengurangi nilai gizi yang terkandung di dalamnya. Untuk mengetahui khasiat buah semangka untuk ibu hamil, simak penjelasannya berikut ini.

Meringankan gangguan pencernaan

Semangka sangat bermanfaat untuk mengurangi gangguan pada perut dan saluran pencernaan makanan. Wanita hamil rentan menderita masalah pencernaan seperti keasaman. Semangka dapat mengurangi masalah tersebut dengan cepat dan efektif.

Mengurangi pembengkakan

Manfaat semangka ibu hamil selanjutnya adalah untuk mengurangi pembengkakan. Semangka memiliki kadar air yang sangat tinggi. Dapat mengurangi penyumbatan di pembuluh darah dan otot juga dapat membantu mencegah edema atau pembengkakan selama masa kehamilan yang umum terjadi.

Mencegah dehidrasi

Semua wanita hamil disarankan agar banyak minum air putih untuk kesehatan dan mencegah dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan kontraksi prematur dan menyebabkan kelahiran prematur. Mengkonsumsi semangka yang mengandung lebih dari 90% air merupakan salah satu cara untuk mencegah dehidrasi pada ibu hamil.

Mengurangi kram otot

Manfaat buah semangka untuk wanita hamil selanjutnya adalah untuk mengurangi kram otot. Selama kehamilan, tubuh wanita akan mengalami berbagai perubahan. Perubahan hormon dan berat badan yang signifikan akan menyebabkan otot-otot dan tulang terasa sakit. Mengkonsumsi semangka akan dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kram yang terjadi karena perubahan-perubahan tersebut.

Mencegah pigmentasi

Pada umumnya ibu hamil akan mengalami pigmentasi pada kulit. Semangka dapat menjaga buang air besar tetap lancar dan membantu proses pencernaan makanan. Pigmentasi kulit di berbagai bagian tubuh akan diminimalkan dengan adanya proses pembuangan yang lancar. Jadi dengan rutin makan semangka dapat bermanfaat untuk mencegah terjadinya pigmentasi kulit pada ibu hamil.

Semangka akan bermanfaat untuk ibu hamil jika dikonsumsi tidak secara berlebihan. Mengkonsumsi semangka yang berlebihan dapat menyebabkan kadar glukosa darah meningkat yang kahirnya dapat menyebabkan diabetes gestasional. Jadi hindari makan semangka secara berlebihan, termasuk selama masa kehamilan.

Demikian khasiat dan manfaat semangka untuk ibu hamil ini, semoga dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita dan dapat bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: