Manfaat dan Khasiat Jahe Merah untuk Kesehatan

Manfaat dan khasiat jahe merah – Jahe merah adalah salah satu jenis tanaman rimpang yang dikenal sejak lama memiliki khasiat untuk kesehatan. Selain jahe berkhasiat bagi kesehatan, juga bermanfaat sebagai bumbu masakan. Kandungan senyawa keton zingeron-nya membuat jahe merah bermanfaat untuk kesehatan dan memberi rasa pedas pada tanaman jahe merah.

Seperti namanya, jahe merah memiliki rimpang yang berwarna merah. Ada banyak jenis jahe yang dikenal di masyarakat, seperti jahe kuning, jahe putih, dan sebagainya. Jahe merah memiliki bentuk yang lebih kecil dengan serat yang kasar. Meskipun kecil, tetapi rasa pedas yang dimiliki oleh jahe merah melebihi dari jenis jahe lainnya. Khasiat jahe merah untuk wanita biasanya digunakan untuk menambah rasa pedas yang khas pada makanan yang dimasaknya.

Sejak ratusan tahun yang lalu, nenek moyang kita telah menggunakan jahe sebagai bahan dalam obat-obatan tradisional, terutama di Cina. Rimpang ini digunakan di Cina sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit ginjal dan membantu meningkatkan kinerja fungsi limpa dan lambung. Sementara itu, manfaat jahe merah buat kesehatan bangsa Arab digunakan sebagai penghangat tubuh.

Manfaat dan Khasiat Jahe Merah untuk Kesehatan
Terlepas dari beberapa manfaat jahe merah bagi kesehatan, jahe juga menjadi tabu bagi orang-orang tertentu, di antaranya adalah penderita penyakit maag. Bagi mereka yang menderita sakit maag harus berhati-hati atau bahkan tidak mengkonsumsi jahe merah karena kandungan senyawa gingerol. Senyawa ini dapat meningkatkan panas dalam tubuh dan perut, yang kurang baik untuk penderita maag.

Selain penderita penyakit maag, wanita hamil juga disarankan tidak mengkonsumsi jahe merah ini. Hal tersebut karena dapat membahayakan janin yang sedang dikandungnya. Justru manita yang sedang menyusui sangat disarankan untuk mengkonsumsi jahe merah ini untuk meningkatkan jumlah ASI, meskipun manfaat jahe merah untuk wanita menyusui tersebut masih dalam penelitian para ahli.

Manfaat jahe merah untuk pria diyakini dapat menjadi afrodisiak atau zat stimulan yang dapat membantu mengobati impotensi dan juga sebagai pengobatan alami untuk sakit kepala, migrain, sirkulasi darah, memecah gas dalam perut, pencernaan, mengatasi perut kembung, mengatasi rematik dan nyeri otot, influenza, dan pilek.

Selain itu, jahe juga memiliki efek antihistamin yang diyakini dapat meringankan asma. Namun sampai saat ini belum ada penelitian tentang khasiat jahe merah untuk mengobati asma. Menurut DR. Suwijiyo Pramono, ahli Fitofarmaka dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, kemungkinan manfaat jahe merah untuk penderita asma adalah adanya kandungan minyak atsiri jahe yang menyebabkan rasa hangat dan lega bagi penderita asma.

Untuk mengkonsumsi jahe selain sebagai bumbu makasakan, cara yang paling umum adalah dibuat sebagai minuman. Minuman jahe sangat menyegarkan dan dapat bermanfaat untuk kesehatan, memberikan rasa hangat untuk tubuh, meningkatkan vitalitas dan sebagainya.

Demikian manfaat dan khasiat jahe merah untuk kesehatan ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: