Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat donor darah – Kegunaan donor darah bagi kesehatan bukan hanya bagi penerimanya, tetapi juga untuk diri kita sendiri. Menjadi penyumbang darah atau donor darah akan membuat hidup kita terasa lebih bermanfaat. Setetes darah yang kita sumbangkan akan berguna dan sangat dibutuhkan oleh orang yang memerlukannya. Menurut sebuah penelitian, manfaat donor darah untuk kesehatan orang lain dan akan dapat menyelamatkan setidaknya tiga nyawa manusia setiap kali kita menyumbangkan darah.

Manfaat yang dapat dirasakan dari kegiatan donor darah, bukan saja untuk orang yang membutuhkan darah untuk menyelamatkan nyawanya, tetapi donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan kita sebagai penyumbang darah. Lalu apa manfaat donor darah bagi kesehatan? Berikut beberapa manfaat menyumbangkan darah yang akan membuat hidup kita lebih berarti.

Menimbulkan perasaan bahagia

Manfaat donor darah bagi kita yang pertama adalah dapat menimbulkan perasaan bahagia. Jika kita dapat membantu dokter untuk menyelamatkan nyawa orang lain, maka akan ada perasaan bahagia yang luar biasa yang kita rasakan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mudah, yaitu dengan menjadi donor darah. Darah yang kita sumbangkan dapat dimanfaatkan oleh beberapa orang yang membutuhkan.

Setiap kali kita mendonorkan darah, maka akan ada 3-4 orang yang dapat diselamatkan hidupnya karena darah yang kita berikan. Tak ada kebahagiaan yang lebih besar kecuali hidup kita dapat bermanfaat untuk kehidupan orang lain. Jadilah pahlawan dengan menjadi donor darah.

Cek kesehatan gratis

Manfaat donor darah yang selanjutnya adalah kita bisa cek kesehatan secara gratis. Jika kita akan mendonorkan darah harus dalam keadaan fit dan benar-benar sehat. Maka dari itu, setiap proses donor darah harus melalui serangkaian pemeriksaan kesehatan dan biasanya tanpa dipungut biaya. Hal ini akan bermanfaat untuk kita sendiri agar jika ada masalah medis dalam diri kita secepatnya dapat ditangani. Dengan melakukan donor darah kecenderungan kesehatan tubuh akan meningkat menjadi lebih baik.

Mengurangi risiko penyakit jantung

Manfaat donor darah untuk tubuh kita dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Dengan melakukan donor darah secara rutin maka kadar zat besi dalam tubuh dapat dipantau, terutama bagi laki-laki. Hal ini akan dapat mengurangi penyakit jantung. Kelebihan zat besi dapat mengakibatkan kerusakan oksidarif yang menjadi penyebab utama penuaan dini, serangan jantung, dan juga penyakit stroke.

Membakar kalori

Manfaat donor darah untuk tubuh yang selanjurnya adalah untuk membakar kalori. Setiap kali kita melakukan donor darah maka akan mengurangi kalori kurang lebih sebanyak 650 Kcal. Hal ini akan dapat membantu menjaga berat badan agar tetap ideal. Meskipun demikian, waktu yang aman untuk dapat menyumbangkan darah adalah antara dua sampai tiga bulan. Tidak boleh terlalu sering karena dapat mengganggu kesehatan dan kandungan hemoglobin serta zat besi pada darah.

Mengurangi risiko kanker

Kegunaan donor darah bagi tubuh juga dapat mengurangi resiko kanker. Tingginya kadar zat besi dalam darah setidaknya berpotensi untuk menyebabkan kanker. Dengan rutin menjadi donor darah maka kadar zat besi dalam darah dapat terkontrol dan akan mengurangi resiko terhadap kanker. Sementara itu ada mitos yang menyebutkan bahwa donor darah dapat menyebabkan kanker adalah salah.

Manfaat donor darah pada tubuh selain dapat menjaga kesehatan agar tetap baik, yang terpenting adalah dapat menolong orang lain yang sangat memerlukan darah untuk menyelamatkan hidup mereka dari kematian akibat kekurangan darah. Yuk mari kita menjadi pahlawan hanya dengan menjadi donor darah.

Demikian manfaat donor darah bagi kesehatan tubuh ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan, serta dapat bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: