Ini Cara Melancarkan Haid yang Tidak Teratur

Cara melancarkan haid – Haid atau menstruasi adalah sebuah siklus yang dialami oleh wanita karena luruhnya dinding rahim (uterus), yang terdiri dari jaringan tubuh dan juga darah. Hal ini dikenal dengan istilah periode menstruasi.

Periode menstruasi yang dialami wanita dapat berbeda antara satu wanita dengan wanita yang lain. Sebagian wanita memiliki periode haid atau menstruasi yang teratur, tapi beberapa yang lain tidak bisa ditebak atau tidak teratur. Rata-rata seorang wanita akan mengalami haid atau menstruasi setiap 21 sampai 35 hari sekali.

Lama sebuah periode haid biasanya berlangsung sekitar tiga sampai lima hari. Periode menstruasi tersebut dapat berubah menjadi tidak teratur sesuai dengan gejala dan penyebabnya masing-masing. Menstruasi yang tidak teratur seharusnya segera mendapatkan pengobatan agar tidak menjadi masalah yang lebih serius.

Apa penyebab haid yang tidak teratur?

Malasah umum yang dapat menyebabkan haid atau menstruasi tidak teratur dari waktu ke waktu diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Pemakaian alat kontrasepsi (IUD) 
  • Mengkonsumsi pil KB atau obat-obatan tertentu 
  • Olahraga yang berlebihan 
  • Penyakit Ovarium Polikistik (PCOS) 
  • Kehamilan atau menyusui 
  • Sindrom Asherman atau adanya masalah pada lapisan rahim 
  • Stres 
  • Hormon Tiroid terlalu aktif atau hipertiroidisme 
  • Penebalan atau polip yang terjadi pada lapisan rahim 
  • Fibroid uterus

Apa tanda-tanda haid yang tidak teratur?

Sebuah periode haid yang tidak teratur dapat diketahui melalui beberapa tanda. Tanda-tanda menstruasi atau haid yang tidak teratur tersebut dapat dilihat dari beberapa indikasi berikut.
  • Waktu atau jarak dari satu periode ke periode berikutnya mulai berubah 
  • Kehilangan lebih banyak atau lebih sedikit dari biasanya 
  • Jumlah hari pada setiap periodenya mulai berubah 

Bagaimana cara melancarkan haid yang tidak teratur? 

Cara melancarkan haid yang tidak teratur tergantung pada penyebabnya. Menstruasi atau haid tidak teratur yang diakibatkan oleh perubahan hormon estrogen dan progesteron (terjadi pada remaja yang sedang mengalami masa pubertas atau wanita dewasa pada masa menjelang menopause) biasanya tidak memerlukan perawatan khusus karena hal tersebut terjadi secara normal, kecuali jika telah mengganggu atau berlebihan.

Ini Cara Melancarkan Haid yang Tidak Teratur
Tetapi jika haid atau menstruasi yang tidak teratur tersebut disebabkan oleh masalah seperti adanya suatu penyakit, penggunaan alat kontrasepsi, atau gaya hidup yang tidak sesuai, maka perlu segera dilakukan pengobatan untuk melancarkan haid menjadi teratur kembali. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya adalah sebagai berikut.

Mengobati penyakit

Mengobati penyakit yang menyebabkan menstruasi yang tidak teratur sangat penting. Hal ini dapat dilakukan dengan meminta bantuan dokter melakukan tes darah untuk mengetahui kadar hormon dan fungsi tiroid. Sindrom Polikistik Ovarium (PCOS) dan Hipotiroidisme adalah dua penyebab umum menstruasi yang tidak teratur pada wanita. Secara umum, tujuan pengobatan adalah untuk mengembalikan keseimbangan hormon dalam tubuh.

Mengubah jenis KB

Jika haid atau menstruasi yang tidak teratur diakibatkan oleh pemilihan jenis KB yang tidak sesuai, maka untuk melancarkan haid yang tidak teratur dapat meminta dokter mengubah penggunaan KB jenis lainnya untuk mengontrol kehamilan. Beberapa wanita mengalami menstruasi yang tidak teratur saat menggunakan IUD.

Perubahan gaya hidup

Beberapa wanita mengalami periode haid atau menstruasi yang tidak teratur karena terlalu banyak berolahraga. Mengurangi frekuensi dan intensitas olahraga dapat menjadi salah satu cara melancarkan haid yang tidak teratur. Stres juga termasuk salah satu hal yang dapat menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur. Dengan berusaha untuk menghilangkan stress tersebut maka haid akan menjadi normal kembali.

Bertambahnya berat badan secara signifikan juga dapat mempengaruhi kelancaran sebuah periode menstruasi. Berat badan yang bertambah secara signifikan dapat mengganggu kemampuan tubuh melakukan ovulasi untuk mengontrol siklus haid. Cara untuk melancarkan haid yang tidak teratur karena penambahan berat badan ini dapat dilakukan dengan menurunkan berat badan menjadi ideal, tetapi tidak secara tiba-tiba dan ekstrim karena dapat menyebabkan periode menstruasi menjadi lebih jarang dan tidak teratur

Terapi hormon

Siklus haid tidak teratur dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon tertentu di dalam tubuh. Pil KB (kontrasepsi oral) sering mengandung hormon estrogen dan progesteron yang umumnya digunakan untuk membantu menstruasi menjadi lebih teratur. Hormon yang disebut progestin ini juga dapat menjadi pilihan untuk obat melancarkan haid yang tidak teratur.

Bedah

Terkadang, jaringan parut atau adanya masalah struktural dalam uterus (rahim) atau saluran tuba dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur. Pembedahan mungkin dapat dilakukan untuk melancarkan haid yg tidak teratur, terutama pada wanita yang ingin memiliki anak. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan jaringan parut yang bermasalah (adhesi) dalam saluran reproduksi.

Kapan menghubungi dokter ketika haid tidak teratur?

Hubungi segera dokter jika mengalami perubahan periode dan pola menstruasi dari biasanya. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes untuk mengetahui penyebab haid menjadi tidak teratur tersebut. Beberapa gejala yang dapat dijadikan indikasi adalah sebagai berikut.
  • Tidak mengalami haid atau menstruasi sebanyak 3 kali atau lebih dalam setahun 
  • Mengalami perdarahan yang lebih dari biasanya selama periode haid 
  • Mengalami periode menstruasi yang lebih dari tujuh hari 
  • Merasakan sakit yang berlebihan dari biasanya selama periode haid
Demikianlah cara melancarkan haid yang tidak teratur ini, semoga dapat bermanfaat dan berguna khususnya untuk wanita yang mengalami periode haid yang tidak teratur. Amin ya robbal ‘alain.

Artikel terkait:

Bagikan: