10 Jenis Penyakit Kulit Paling Berbahaya dan Pencegahannya

Jenis penyakit kulit – Ada banyak jenis penyakit kulit dengan penyebabnya masing-masing yang telah dikenal dalam dunia kesehatan. Beberapa dari jenis penyakit kulit tersebut hanya bersifat menganggu atau sekedar menimbulkan rasa tidak nyaman, dan biasanya jenis penyakit kulit seperti ini mudah untuk diobati.

Namun ada juga beberapa jenis penyakit kulit yang berbahaya, jenis penyakit kulit yang demikian jika tidak segera dilakukan pencegahan dan pengobatan dapat menimbulkan masalah yang lebih serius, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Dengan mengetahui jenis-jenis penyakit kulit yang berbahaya ini, akan bermanfaat dalam melakukan upaya pencegahan penyakit berbahaya dan pengobatan lebih efektif. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang jenis penyakit kulit dan cara pengobatannya, berikut penjelasannya.

Tungiasis

Tungiasis adalah jenis penyakit kulit di kaki berbahaya, yang disebabkan oleh kutu. Kutu tersebut akan membuat lubang di dalam kulit untuk bertelur. Penderita penyakit tungiasis ini akan merasa gatal, kulit seperti terbakar, dan rasa nyeri di daerah yang terinfeksi. Jika penyakit tungiasis tidak segera mendapatkan pengobatan, akan dapat menyebabkan tetanus, kehilangan kuku, bahkan dapat kehilangan jari hanya dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Pediculosis

Pediculosis adalah jenis penyakit kulit yang juga disebabkan oleh kutu. Kutu yang dapat menyebabkan penyakit pediculosis ini biasanya hidup di kulit yang ditumbuhi rambut. Selain dapat menyebabkan perubahan warna dan terjadinya penebalan pada kulit, penyakit pediculosis juga dapat menyebabkan infeksi dan luka yang terbuka jika tidak segera diobati.

10 Jenis Penyakit Kulit Paling Berbahaya dan Pencegahannya

Shingles

Shingles yang juga disebut dengan herpes zoster ini merupakan jenis penyakit kulit pada anak. Walaupun demikian, orang dewasa pun dapat terserang jenis penyakit ini. Orang yang terkena penyakit kulit ini akan merasa seperti tertusuk pada kulit yang terserang. Sering mengalami demam, sakit kepala, dan kesemutan. Penyakit shingles juga dapat menimbulkan ruam yang awalnya hanya berupa titik-titik merah, lalu membesar yang akhirnya menjadi koreng dan lecet.

Lichen Planus

Lichen planus adalah gangguan yang tidak hanya dapat menyerang kulit tetapi juga mempengaruhi selaput lendir. Penyakit jenis ini biasanya menyerang mulut dan lidah. Penyakit lichen planus akan menyebabkan ruam kecil dan bersisik pada daerah yang terinfeksi, lalu ruam itu akan memanjang di dalam mulut, lidah, hingga bagian dalam pipi.

Pemphigus Vulgaris

Pemphigus vulgaris merupakan salah satu jenis gangguan pada kulit yang menyebabkan ruam. Penyakit ini cenderung menyerang orang dewasa yang telah berusia empat puluh tahun, tetapi dapat juga menyerang anak-anak. Penyakit yang dikenal dengan PV ini dapat menyebabkan kulit dibagian mulut melepuh. Jika tidak ditangani dengan baik, akan menyebakan infeksi serius yang dapat menyebabkan kematian.

Stevens-Johnson Syndrome

Penyakit stevens-johnson syndrome juga merupakan jenis gangguan kulit yang mengakibatkan ruam. Jenis penyakit ini biasanya menyerang pria yang berusia antara 20 hingga 40 tahun. Ruam yang terjadi akan mempengaruhi selaput lendir, jika tidak segera diobati akan menyebabkan lecet dan luka yang mengakibatkan kematian.

Toxic Epidermal Necrolysis

Toxic epidermal necrolysis merupakan jenis penyakit yang paling berbahaya. Gejala penyakit ini diantaranya timbul kelelahan, demam, nyeri otot dan sendi, batuk, dan juga pilek. Jika dibiarkan kulit yang terserang akan menjadi lembut. Jika tidak segera diobati, penyakit Toxic Epidermal Necrolysis dapat menyebabkan kematian.

Basal Cell Carcinoma

Basal cell carcinoma atau karsinoma sel basal merupakan salah satu bentuk kanker kulit. Seringkali, pengobatan terhadap penyakit ini dapat membantu menurunkan resiko sebelum menimbulkan masalah yang lebih serius terhadap kulit. Pencegahan yang paling efektif adalah dengan menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit jika melakukan aktivitas di luar rumah.

Squamous Cell Carcinoma

Squamous cell carcinoma atau karsinoma sel skuamosa juga merupakan salah satu jenis kanker kulit. Penyakit ini akan menyerang sel skuamosa yang terletak di lapisan tengah kulit. Jika tidak dilakukan pengobatan akan dapat menimbulkan masalah yang lebih serius pada kulit.

Melanoma Skin Cancer

Melanoma skin cancer atau kanker kulit melanoma meskipun jarang ditemui merupakan salah satu jenis kanker kulit yang paling berbahaya. Dari semua jenis penyakit kulit yang ada, Kanker Kulit Melanoma paling banyak menyebabkan kematian daripada jenis penyakit kulit berbahaya lainnya.

Cara mencegah penyakit kulit berbahaya

Meskipun beberapa jenis penyakit kulit tidak berbahaya, namun penting untuk melakukan tindakan pencegahan. Hal ini bukan hanya bertujuan agar terhindar dari penyakit kulit, namun jika ternyata terdeteksi memiliki gangguan kulit yang berbahaya, dapat segera dilakukan pengobatan sebelum menjadi lebih serius. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Beberapa jenis penyakit kulit meskipun hanya bersifat mengganggu harus segera dilakukan pengobatan; 
  • Gangguan kulit yang lebih serius tidak boleh diabaikan karena dapat menyebabkan kematian; 
  • Jangan ragu untuk melakukan perawatan medis jika memiliki gangguan kulit apapun agar terhindar dari penyakit kulit yang berbahaya; 
  • Senantiasa melindungi kulit dengan tabir surya ketika melakukan aktivitas luar ruangan untuk mencegah kanker kulit;
Demikian jenis penyakit kulit dan upaya pencegahan penyakit berbahaya ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: