Kandungan Pisang Ambon Baik untuk Ibu Hamil

Kandungan pisang ambon – Meskipun pisang ambon tidak dianggap sebagai buah yang terlalu istimewa oleh sebagian orang, tetapi buah pisang ini banyak manfaatnya, salah satunya pisang ambon bermanfaat untuk wajah. Kandungan pisang ambon juga bermanfaat buat ibu hamil, untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan ibu dan juga janin, serta masih banyak manfaat pisang ambon karena kandungannya yang kaya akan nutrisi.

Selain mudah dicerna dan bebas lemak, kandungan pisang ambon untuk kesahatan terbilang lengkap. Beberapa jenis mineral dan vitamin yang terkandung dalam pisang, meskipun jumlahnya kecil diantaranya adalah magnesium, kalsium, fosfor, vitamin A dan asam E, folat, karotenoid, dan amino.

Untuk mengetahui kandungan dalam pisang ambon, berikut beberapa nutrisi dan vitamin yang dimiliki oleh pisang ambon yang sangat berguna dan bermanfaat untuk tubuh kita, bukan saja untuk ibu hamil, tetapi untuk kita semua yang gemar mengkonsumsinya.

Kalori

Pisang ambon merupakan salah satu buah yang mengandung rendah kalori. Rata-rata kandungan kalori yang dimiliki pisang hanya sebanyak 110 kalori. Dengan kandungan kalori yang rendah itu menjadikan pisang ambon bermanfaat untuk diet. Jika sedang lapar, mengkonsumsi pisang ambon akan memuaskan rasa lapar tersebut tanpa harus takut dengan kandungan kalori yang dapat menggemukkan badan.

Kandungan Pisang Ambon Baik untuk Ibu Hamil

Kalium

Pisang ambon merupakan sumber kalium yang baik bagi kesehatan. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung sekitar 400 mg kadar kalium. Kalium yang terkandung dalam buah pisang berguna untuk menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kinerja otot dan fungsi syaraf untuk mencegah kram, dan juga berguna untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Vitamin C

Kandungan pisang ambon yang berguna untuk kesehatan selanjutnya adalah vitamin C. Seperti buah-buahan lainnya, pisang juga kaya akan vitamin C. Satu buah pisang mengandung sekitar 10 mg vitamin C, atau sekitar 15 persen dari kebutuhan tubuh akan vitamin C setiap hari.

Vitamin B6

Pisang ambon mengandung vitamin B6 yang disebut piridoksin yang banyak ditemukan dalam produk-produk hewani. Satu buah pisang mengandung sekitar 35 persen dari kebutuhan harian vitamin B6. Vitamin B6 diperlukan oleh tubuh untuk meregenerasi atau menumbuhkan sel-sel baru.

Mangan

Pisang ambon juga mengandung mangan yang merupakan mineral yang diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan metabolisme. Satu buah pisang ambon berukuran sedang mengandung sekitar 3 mg mangan.

Serat

Kandungan pisang ambon yang bermanfaat untuk tubuh selanjutnya adalah serat. Satu buah pisang mengandung sekitar 3 gr serat. Serat dipergunakan oleh tubuh untuk memperlancar saluran pencernaan. Selain itu, serat juga dapat menjaga perut merasa kenyang lebih lama sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang melakukan diet.

Karbohidrat

Karbohidrat digunakan oleh tubuh sebagai sumber energi utama. Dengan mengkonsumsi pisang, akan dapat memulihkan energi yang terbuang lebih cepat. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pisang di pagi hari untuk menjaga pasokan energi tetap bertahan hingga waktu makan siang tanpa harus makan cemilan.

Manfaat Pisang Ambon untuk Ibu Hamil

Kandungan pisang ambon sangat baik untuk ibu hamil. Bagi wanita hamil yang mengalami morning sick (morning sickness) bisa makan pisang yang akan membantu menjaga kadar gula darah dan menghindari mual. Selain itu, kandungan vitamin B6 yang dimiliki buah pisang bermanfaat untuk mengatur kadar glukosa darah yang akan membantu mengontrol kondisi emosional dan suasana hati ibu hamil. Kandungan asam folat tinggi yang dimiliki pisang ambon sangat baik untuk perkembangan otak janin.

Demikian beberapa kandungan pisang ambon untuk ibu hamil ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: