10 Macam Penyakit Menular Paling Berbahaya

Macam-macam penyakit menular – Para ilmuan telah mencoba menemukan obat untuk macam-macam penyakit menular berikut ini. Tujuannya hanya satu, yaitu agar hidup manusia menjadi lebih baik. Beberapa macam penyakit menular berbahaya ini telah memiliki vaksin untuk mengobatinya, tapi beberapa hanya memiliki tindakan untuk pencegahan sementara.

Dalam ilmu kesehatan, penyakit menular adalah penyakit yang disebabkan karena adanya virus atau bakteri yang masuk ke dalam jaringan tubuh, yang dapat mengganggu fungsi jaringan tersebut untuk bekerja secara normal, bukan disebabkan oleh faktor fisik seperti karena luka, keracunan atau sebab lainnya.

Macam-macam penyakit menular berbahaya berikut ini adalah penyakit menular yang menyebabkan kematian terbanyak di dunia serta mempunyai dampak yang sangat luas bagi masyarakat. Berikut daftar penyakit menular tersebut yang disarikan dari berbagai sumber.

Cacar

Cacar adalah contoh penyakit menular yang berbahaya yang disebabkan oleh virus variola yang hanya dapat menular melalui manusia. Cacar merupakan penyakit menular yang mematikan, bahkan hanya sekitar 10 persen dari keseluruhan orang yang menderita cacar yang memiliki kesempatan untuk bertahan hidup.

Demam Tifoid

Demam tifoid juga merupakan contoh penyakit menular berbahaya yang memiliki tingkat kematian 10 sampai 30 persen. Gejala demam tifoid akan muncul secara bertahap selama dalam waktu 3 minggu. Yang membuat demam tifoid berbahaya karena walaupun penderitanya sudah sembuh, tetapi tetap dapat menularkan pada orang lain. Contoh kasus yang paling terkenal dari demam tifoid ini adalah pada tahun 1900 an di Amerika yang dikenal dengan sebutan “Typhoid Mary”.

10 Macam Penyakit Menular Paling Berbahaya

Influenza

Macam-macam penyakit menular melalui udara diantaranya adalah influenza. Meskipun manusia sangat rentan dengan jenis penyakit ini, namun mudah untuk memeranginya. Kasus yang paling terkenal adalah flu Spanyol sekitar tahun 1918-1919, yang waktu itu diperkirakan membunuh 2 sampai 5 persen dari seluruh jumlah populasi manusia.

Bubonic Plague

Penyakit menular paling berbahaya di dunia selanjutnya adalah Bubonic Plague atau yang disebut juga dengan wabah Pes. Wabah yang ditularkan melalui kutu ini membunuh sekitar 70 persen dari penderitanya selama 4 sampai 7 hari. Epidemi yang paling terkenal pada sekitar abad pertengahan yang menewaskan lebih dari 50 juta orang di seluruh dunia atau yang biasa disebut dengan Black Death. Wabah pes sering ditandai dengan pembengkakan kelenjar getah bening, yang hampir mirip dengan fenomena jerawat.

Kolera

Kolera adalah penyakit menular yang berbahaya yang ditularkan melalui makanan atau minuman yang terinfeksi. Jika dibiarkan, kolera akan menyebabkan diare berlebihan yang dapat mengakibatkan kematian dalam waktu 18 jam. Bahkan dalam bentuk tertentu, kolera dapat menyebabkan kematian dalam waktu hanya 3 jam.

Anthrax

Anthrax juga merupakan salah satu jenis penyakit menular berbahaya yang diakibatkan oleh spora. Anthrax dapat ditularkan melalui makanan atau kontak langsung dengan hewan yang telah menghirup spora tersebut. Setelah terkontaminasi, penderita Anthrax akan merasa kedinginan, lalu mengalami masalah dalam pernapasan, shock, yang akhirnya akan meyebabkan kematian.

Malaria

Malaria juga merupakan salah satu jenis penyakit menular yang berbahaya. Lebih dari 500 juta orang per tahun terkena malaria, sekitar 3 juta diantaranya dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani secara serius. Untungnya, malaria dapat disembuhkan dengan pengobatan intensif sehingga penderitanya dapat kembali normal.

SARS

Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) merupakan salah satu contoh penyakit menular berbahaya yang terjadi beberapa tahun lalu. Dalam banyak kasus, penyakit dalam bentuk viral pneumonia ini dapat menyebabkan kematian hingga 70 persen yang kebanyakan berusia di atas 65 tahun.

Ebola

Ebola juga merupakan salah satu penyakit menular berbahaya yang muncul sekitar 30 tahun lalu. Ebola memiliki tingkat kematian antara 50 sampai 89 persen. Ebola tidak hanya menyerang manusia, tetapi juga dapat membunuh hewan karena keganasannya. Baru-baru ini perusahaan asal Kanada telah menciptakan sebuah vaksin yang dapat menyembuhkan ebola hingga 99 persen. Tetapi baru diujicoba untuk monyet dan hingga kini belum disetujui penggunaannya untuk manusia.

HIV/AIDS

Human Immunodeficiency Virus (HIV) merupakan virus yang dapat menyebabkan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS). Virus ini merupakan salah satu penyakit menular yang berbahaya karena menyerang sistem kekebalan tubuh. Meskipun belum ada vaksin yang dapat menyembuhkan AIDS, namun dengan perawatan khusus, penderita akan memiliki harapan hidup lebih panjang.

Demikianlah macam-macam penyakit menular paling berbahaya ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan berguna untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: