Tanda Stres Berlebihan di Tempat Kerja dan Cara Mengatasinya

Stres yang berlebihan – Setiap orang bisa mengalami stres akibat kerja, karena itu keadaan yang normal dan dapat terjadi pada semua orang. Tetapi jika stres sudah berlebihan, maka akan dapat mengganggu produktivitas dan berdampak pada kesehatan fisik maupun emosional. Karena itu, stres berlebihan ini harus dikelola dengan baik agar tidak pekerjaan yang kita lakukan.

Segala sesuatu bisa saja terjadi dalam lingkungan kerja dan mengakibatkan stres. Tetapi tidak berarti kita diam saja dalam situasi tersebut. Cara mengurangi dan mengelola stres yang berlebihan akibat kerja bukan dengan melakukan perubahan besar pada sesuatu, melainkan fokus pada apa yang bisa kita lakukan, sesuatu yang berada dalam kendali kita sendiri.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan stres kerja berlebihan. Pemutusan hubungan kerja dan pemotongan anggaran adalah dua diantara banyak penyebab yang bisa menimbulkan ketakutan, ketidakpastian, dan tingkat stres yang lebih tinggi.

Stres yang kita alami juga dapat memiliki dampak pada kualitas interaksi kita dengan orang lain. Semakin baik kita mengelola stres, semakin baik pula mempengaruhi orang-orang di sekitar kita. Begitu juga sebaliknya, stres yang dialami oleh orang lain akan dapat berdampak buruk juga bagi diri kita.

Ketika kita merasa kewalahan di tempat kerja, kita dapat kehilangan kepercayaan diri dan menjadi mudah marah. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja dan membuat pekerjaan tampak kurang bermanfaat. Jika kita mengabaikan tanda-tanda stres yang berlebihan di tempat kerja tersebut, maka dapat menyebabkan masalah yang lebih besar.

Tanda Stres Berlebihan di Tempat Kerja dan Cara Mengatasinya
Selain dapat mengganggu kinerja yang kita hasilkan, stres yang berlebihan juga dapat menyebabkan masalah pada kesehatan fisik dan emosional. Berikut tanda dan gejala stres yang berlebihan di tempat kerja.
  • Merasa cemas, mudah marah, atau tertekan 
  • Apatis, kehilangan minat dalam pekerjaan 
  • Mudah mengantuk 
  • Merasa kelelahan 
  • Sulit berkonsentrasi 
  • Mengalami ketegangan otot atau sakit kepala 
  • Mengalami masalah pada perut 
  • Mulai menggunakan alkohol atau obat-obatan
Jika kita mengalami satu atau beberapa hal di atas, disadari atau tidak kita telah memiliki tanda-tanda sedang mengalami stres. Dan itu berarti kita harus melakukan sesuatu untuk mengurangi stres agar tidak mengganggu pekerjaan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres yang berlebihan di tempat kerja, diantaranya adalah sebagai berikut.

Luangkan waktu beristirahat

Ketika stres meningkat di tempat kerja, cobalah untuk istirahat sebentar dan menjauh dari situasi stres tersebut. Jika mungkin kita bisa berjalan-jalan di luar tempat kerja, atau bermeditasi sebentar di ruang istirahat. Gerakkan fisik atau mencari tempat yang dapat mengembalikan ketenangan kita.

Berbicara dengan orang lain

Dalam beberapa situasi, berbagi pikiran dan perasaan dengan orang yang kita percaya dapat membantu mengurangi stres kerja. Membicarakan masalah dengan orang yang kita anggap baik dan bisa dipercaya dapat menjadi cara untuk melepaskan dan mengurangi stres.

Menjalin persahabatan dengan rekan kerja

Menjalin persahabatan dengan beberapa rekan kerja dapat membantu mengurangi efek negatif stres. Dengarkan mereka dan tawarkan dukungan ketika mereka membutuhkan. Begitu juga sebaliknya, ketika kita mengalami stres akibat kerja, kita juga dapat berbagi bersama meraka untuk mengurangi stres yang berlebihan.

Membuat humor yang lucu

Ketika digunakan secara tepat, humor adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres di tempat kerja. Bila kita atau orang di sekitar kita mulai tampak terlalu serius, cara untuk meringankan suasana hati adalah dengan berbagi lelucon atau cerita lucu.

Demikian tanda stres berlebihan di tempat kerja dan cara menguranginya, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: