Upaya Pencegahan Penyakit Menular Berbahaya

Pencegahan penyakit menular berbahaya – Pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang macam-macam penyakit menular bebahaya dilihat dari resiko kematian dan dampaknya terhadap manusia. Dalam artikel ini akan dibahas tentang cara mencegah penyakit menular tersebut agar dapat menghindari bahayanya yang bisa mengancam kita kapanpun dan dimanapun.

Sebelum membahas tentang cara pencegahan penyakit menular tersebut, ada baiknya kita mengetahui bagaimana cara penularan penyakit itu bisa terjadi. Secara umum penularan penyakit dapat terjadi melalui dua cara, yaitu secara langsung dan tak langsung.

Cara penularan penyakit berbahaya secara langsung adalah cara penularan penyakit akibat adanya kontak langsung dengan penderita, baik itu orang maupun binatang. Upaya mencegah penyakitnya agar tidak menular adalah dengan menghindari terjadinya kontak. Jenis penyakit yang dapat ditularkan dengan cara ini diantaranya seperti antharx, rabies, beberapa jenis penyakit kulit, dan mulut.

Sedangkan penularan secara tak langsung adalah cara penularan penyakit melalui media lain, seperti udara, makanan, minuman, dan sebagainya. Cara pencegahan penyakit menularnya sangat terkiat dengan gaya hidup, seperti kebersihan dan kesehatan lingkungan yang dan sebagainya. Jenis penyakit yang dapat ditularkan dengan cara ini seperti penyakit TB paru, meningitis, dan sebaginya.

Jika ingin mengetahui apa upaya untuk mencegah tertular penyakit berbahaya, ikuti tips berikut agar dapat mengurangi risiko tertular dari penyakit menular yang bebahaya.

Mencuci tangan

Untuk dapat mencegah dari tertular penyakit yang berbahaya, mencuci tangan adalah hal yang sangat penting. Sangat disarankan mencuci tangan sebelum dan sesudah menyiapkan makanan, sebelum dan sesudah makan, apalagi setelah menggunakan toilet. Usahakan juga untuk tidak menyentuh mata, hidung atau mulut dengan tangan, karena itu adalah cara yang paling umum kuman masuk ke dalam tubuh. 

Upaya Pencegahan Penyakit Menular Berbahaya

Malakukan imunisasi

Pencegahan penyakit menular berbahaya selanjutnya dapat dilakukan dengan imunisasi. Tubuh manusia mempunyai kemampuan mengingat terhadap penyakit yang pernah masuk ke dalam tubuh sebelumnya. Jika penyakit tersebut masuk lagi, maka tubuh akan meningkatkan produksi sel darah putih dan antibodi untuk mencegah penyakit yang sama datang kedua kalinya. Dengan melakukan imunisasi, tubuh akan dimasukkan jenis mikroba tertentu yang akan terdeteksi oleh tubuh, sehingga ketika mikroba yang sama masuk kembali pertahanan tubuh telah lebih kuat dan siap untuk melawannya.

Tidak keluar rumah ketika sakit

Jika sedang sakit atau kesehatan sedang menurun, disarankan untuk tidak keluar rumah sebagai salah satu cara untuk mencegah tertular penyakit. Ketika tubuh sakit atau kurang sehat sangat rentan tertular penyakit karena sistem kekebalan tubuh tidak bekerja secara maksimal.

Memperhatikan kebersihan masakan

Untuk mencegah tertular penyakit berbahaya juga dapat dilakukan dengan memperhatikan kebersihan masakan dan aat memasaknya. Penyakit sering muncul dari persiapan makanan dan kebiasaan makan yang buruk. Memperhatikan kematangan masakan juga sangat perlu untuk memastikan kuman dan bakteri yang ada di dalamnya benar-benar mati.

Jangan berbagi barang pribadi

Jangan berbagi barang-barang pribadi seperti sikat gigi, handuk, pisau cukur, sapu tangan, dan sebagainya, karena semua bisa menjadi sumber penularan penyakit yang berbahaya. Hindari juga minum dan makan dalam satu wadah yang sama sebelum kita benar-benar yakin akan kesehatan seseorang.

Hati-hati dengan hewan

Penularan penyakit bukan hanya terjadi ketika terjadi kontak antara orang ke orang, tapi dapat juga melalui hewan. Jika memiliki hewan peliharaan, cara pencegahan penularan penyakit bebahaya dapat dilakukan dengan vaksinasi pada hewan tersebut. Karena beberapa jenis hewan dapat membawa penyakit seperti rabies, flu burung, dan beberapa jenis penyakit kulit.

Demikianlah beberapa upaya pencegahan penyakit menular berbahaya yang dapat kita lakukan, semoga dapat menambah pengetahuan dan meningkatkan kewaspadaan kita. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: