8 Jenis Virus Penyebab Penyakit Herpes dan Penularannya

Penyakit herpes termasuk salah satu jenis penyakit menular berbahaya yang disebabkan oleh virus. Pengobatan penyakit herpes yang paling efektif adalah dengan melakukan pencegahan dan pengendalian agar virus penyebab penyakit herpes tidak menularkan dan menyebar dari penderita kepada orang-orang yang ada di sekitarnya.

Penyebab penyakit herpes adalah virus yang dikenal dengan nama Human Herpes Virus atau yang biasa disingkat dengan HHV. Human Herpes Virus ini memiliki beberapa jenis atau keluarga yang menyerang manusia dan menjadi sebab penyakit herpes.

Ada 8 jenis Human Herpes Virus yang dikenal hingga saat ini. Para ahli kesehatan membedakan virus herpes ini dengan memberikan penomoran mulai dari 1 sampai 8, yang masing-masing jenisnya dapat menyebabkan penyakit herpes yang berbeda-beda pula. Jika ingin tahu 8 jenis virus penyebab penyakit kulit herpes tersebut, berikut penjelasannya.

Human Herpes Virus 1

Human Herpes Virus 1 (HHV1) atau yang biasa disebut dengan Herpes Simplex Virus 1 (HSV1) ini adalah jenis yang menyerang daerah di sekitar mulut. Infeksi HHV1 dapat menular melalui kontak langsung dari kulit ke kulit atau melalui hal-hal yang sederhana, seperti berbagi peralatan makan, pisau cukur, dan handuk dari seseorang yang menderita penyakit herpes.

Human Herpes Virus 2

Human Herpes Virus 2 (HHV2) yang biasa disebut dengan Herpes Simplex Virus 2 (HSV-2) ini adalah penyebab penyakit herpes genital, yang merupakan salah satu jenis penyakit infeksi menular seksual. Infeksi HHV2 dapat menular dan menyebar melalui kontak langsung dari kulit ke kulit, tetapi jalur utama penularannya adalah melalui kontak seksual.

8 Jenis Virus Penyebab Penyakit Herpes dan Penularannya

Human Herpes Virus 3

Human Herpes Virus 3 (HHV3) atau Varicella-Zoster Virus adalah penyebab timbulnya penyakit cacar air. HHV3 juga dapat menyebabkan infeksi pada kulit yang disebut herpes zoster atau shingles. Gejala yang sering muncul akibat virus jenis ini adalah rasa gatal, kesemutan, bahkan sakit layaknya terbakar. Penyembuhan penyakit akibat virus HHV3 ini biasanya 2 sampai 4 minggu. Kebanyakan orang mengalami herpes zoster ini hanya sekali dalam seumur hidup dan tidak akan mengalaminya lagi.

Human Herpes Virus 4

Human Herpes Virus 4 (HHV4) yang juga dikenal dengan Epstein-Barr virus ini adalah penyebab utama terjadinya infeksi mononucleosis. Human Herpes Virus 4 dapat menular atau ditularkan melalui air liur, batuk, bersin, dan melalui peralatan makan yang telah dipakai oleh penderita mononucleosis.

Human Herpes Virus 5

Human Herpes Virus 5 (HHV5) adalah nama resmi dari Cytomegalovirus (CMV). CMV juga merupakan penyebab mononukleosis seperti halnya HHV4, menimbulkan masalah pada bayi yang baru lahir, penyakit hepatitis, diare, masalah penglihatan hingga kebutaan, infeksi lambung dan usus, dan bahkan kematian. Virus CMV ini dapat ditularkan melalui hubungan seksual, proses menyusui, transfusi darah, dan transplantasi organ.

Human Herpes Virus 6

Human Herpes Virus 6 (HHV6) adalah virus penyebab penyakit roseola. Virus ini juga dapat menyebabkan demam tinggi dan ruam kulit pada anak kecil, serta berbagai penyakit lainnya yang umumnya ditandai dengan adanya demam.

Human Herpes Virus 7

Human Herpes Virus 7 (HHV7) berkaitan erat dengan HHV6 yang juga dapat menyebabkan penyakit roseola. Seperti halnya virus herpes lainnya, HHV7 dapat menyerang dan menyebabkan infeksi pada manusia.

Human Herpes Virus 8

Human Herpes Virus 8 (HHV8) disebut juga dengan Sarkoma Kaposi (KS). Human Herpes Virus 8 atau HHV8 ini sangat sulit untuk diobati. Human Herpes Virus 8 ini juga dapat menyebabkan kanker, dan gangguan kelenjar getah bening.

Demikian jenis virus penyebab penyakit herpes ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: