Fakta dan Mitos Gemukin Badan dengan Telur

Gemukin badan dengan telur – Tidak sedikit orang yang telah salah dalam memandang telur. Karena lemak jenuh dan kolesterol yang terkandung dalam kuning telurnya, lalu mengaitkan hal tersebut dengan resiko penyakit jantung dan stroke. Padahal dengan mengkonsumsi telur secara rutin merupakan salah satu cara alami untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Berkaitan dengan cara gemukin badan, telur merupakan makanan yang mengandung lemak tinggi dan memiliki peran tersendiri. Telur lebih berperan untuk mengontrol berat badan agar ideal, dan bukan untuk menggemukkan badan. Karena, hanya dengan mengkonsumsi telur tidak akan bisa membuat badan menjadi gemuk.

Berikut beberapa fakta dan kandungan telur yang berguna untuk menjaga berat badan agar tetap ideal, dan bukan berguna untuk gemukin badan dengan cepat.

Kandungan nutrisi pada telur

Satu butir telur rebus mengandung sekitar 80 kalori; 6,3 gram protein; dan satu butir telur rebus juga 5,3 gram lemak yang 1,6 gram diantaranya merupakan lemak jenuh. Sebuah telur rebus juga mengandung sekitar 185 miligram kolesterol. Hanya dengan makan telur rebus, tidak mungkin membuat badan menjadi gemuk, karena telur memiliki kalori yang relatif rendah.

Fakta dan Mitos Gemukin Badan dengan Telur

Kandungan lemak pada telur

Telur memiliki kandungan lemak yang relatif tinggi, tetapi lemak tersebut mudah larut dalam air. Kolin merubah lemak tersebut menjadi energi dan disalurkan ke semua organ tubuh yang memerlukan. Jika ingin menjaga berat badan tetap ideal, penting artinya menjaga asupan lemak jenuh ini. Para ahli kesehatan menyarankan untuk membatasi asupan lemak jenuh 7% dari total asupan kalori setiap harinya.

Kandungan protein pada telur

Telur rebus adalah sumber protein alami yang sangat baik. Protein merupakan nutrisi penting yang berguna untuk mengendalikan berat badan, karena lebih mengenyangkan daripada karbohidrat dan lemak. Dengan rutin mengkonsumsi telur akan membuat makan lebih sedikit, sehingga asupan lemak dalam tubuh menjadi berkurang.

Kandungan protein dan mineral telur

Telur mengandung lebih banyak vitamin dan mineral sebagaimana jenis makanan lainnya. Beberapa jenis protein dan mineral tersebut adalah thiamin, riboflavin, folat, kalsium, fosfor, zat besi, seng, vitamin A, B-12, D dan E. Berbagai jenis nutrisi padat tersebut dapat berkontribusi untuk menggemukan badan, jika terdapat kalori yang cukup banyak. Tetapi telur memiliki kalori yang lebih sedikit dari protein hewani lainnya. Dalam setiap ons-nya telur hanya mengandung sekitar 45 kalori, daging memiliki sekitar 85 kalori, dan ayam memiliki sekitar 55 kalori.

Dengan melihat beberapa penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa yang selama ini telur anggap bisa gemukin badan dengan cepat ternyata hanya mitos belaka. Telur bukan untuk gemukin badan, tapi lebih efektif atau lebih tepatnya telur digunakan untuk menjaga berat badan agar tetap ideal.

Demikian penjelasan tentang mitos telur untuk gemukin badan ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan berguna untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: