Ini Kegunaan dan Khasiat Bawang Putih untuk Kulit

Khasiat bawang putih untuk kulit – Banyak sekali kegunaan dan manfaat bawang putih untuk kesehatan kulit. Penggunaan bawang putih untuk menyembuhkan penyakit kulit tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya, selama penggunaannya tidak berlebihan. Kulit akan tetap halus dan tampak cerah alami.

Kandungan antioksidan yang dimiliki bawang putih dapat membantu meregenerasi jaringan kulit sehingga kulit akan tampak awet muda. Bawang putih juga mengandung unsur-unsur yang dapat mempercepat pematangan jerawat pada kulit wajah, sehingga khasiat bawang putih efektif juga untuk kulit berjerawat.

Selain itu, kandungan anti-jamur dan anti-bakteri yang dimiliki bawang putih juga dapat membantu menjaga kesehatan dan mencegah penyakit kulit, seperti peradangan, infeksi akibat bakteri dan jamu. Berikut beberapa manfaat bawang putih untuk kulit.
  • Mengobati jerawat 
  • Mengobati bisul dan eksim 
  • Mencegah kanker kulit 
  • Mencegah kulit kering 
  • Meningkatkan sirkulasi oksigen pada kulit 
  • Mengobati infeksi jamur pada kulit 
  • Mencegah ketombe 
  • Mencegah kulit bersisik 
  • Membantu jerawat cepat kering secara alami 
  • Mengurangi iritasi pada kulit 
  • Meremajakan dan mencegah kulit keriput
Menggunakan bawang putih untuk perawatan kulit dapat dilakukan dari dalam tubuh. Caranya adalah dengan menambahkan bawang putih, minyak zaitun dan jeruk secukupnya ke dalam segelas air hangat. Minum di satu jam sebelum tidur dalam keadaan perut kosong. Sedangkan pada siang hari dapat ditambahkan wortel dan seledri yang dapat membantu meregenerasi sel-sel kulit.

Ini Kegunaan dan Khasiat Bawang Putih untuk Kulit
Sedangkan cara merawat kulit dengan bawang putih dari luar dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya adalah sebagai berikut.

Bawang putih untuk menghilangkan jerawat

Jika ingin menggunakan bawang putih untuk menghilangkan jerawat, caranya adalah dengan mengambil bawang putih, lalu memotongnya menjadi beberapa bagian. Usapkan potongan bawang putih tersebut pada daerah yang terkena jerawat, lalu diamkan beberapa saat kemudian cuci dengan menggunakan air bersih. Setelah itu ambil gel lidah buaya lalu oleskan pada wajah yang berjerawat sebagai pendingin efek bawang putihnya.

Bawang putih untuk kulit kering

Cara merawat kulit kering menggunakan bawang putih adalah dengan menghancurkan atau mememarkan bawang putih, lalu tambahkan dengan dua sendok makan minyak zaitun, lalu oleskan pada bagian kulit yang terasa kering. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan kulit lebih lembab dan sehat.

Bawang putih untuk kulit keriput

Cara merawat kulit keriput menggunakan bawang putih adalah dengan menghaluskan bawang putih, lalu tambahkan gel lidah buaya dan minyak zaitun secukupnya. Kemudian gunakan campuran bahan tersebut untuk dioleskan pada bagian kulit yang terasa keriput dengan rutin dan teratur. Kulit akan terasa lebih segar dan tampak awet muda.

Bawang putih untuk jamur dan ketombe

Bawang putih juga bisa digunakan untuk menghilangkan jamur dan ketombe. Caranya adalah dengan mengambil bawang putih, lalu hancurkan dan ambil airnya. Kemudian tambahkan dengan minyak kelapa secukupnya. Untuk menghilangkan ketombe, usapkan secara merata di kulit kepala, lalu tutup kepala dengan menggunakan handuk dan biarkan. Untuk menghilangkan jamur adalah dengan cara mengoleskan campuran bawang putih dan madu pada daerah yang terkena jamur, gunakan secara rutin hingga jamur menghilang.

Perlu diperhatikan, bahwa dari sekian banyak penyebab gangguan kulit, stres adalah salah satunya. Dengan menghilangkan stres akan membuat kulit tampak lebih bersih dan sehat. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan olahan dan makanan pedas juga dapat mengganggu kesehatan kulit. Jenis makanan tersebut dapat menimbulkan racun yang dikeluarkan melalui jaringan kulit. Dengan demikian kulit akan bekerja lebih keras dan membuatnya lebih cepat keriput.

Demikian kegunaan dan khasiat bawang putih untuk kulit ini, semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin

Artikel terkait:

Bagikan: