Macam-macam Penyakit Kulit dan Gambarnya

Macam-macam penyakit kulit – Kulit adalah organ tubuh paling besar yang kita miliki, yang rentan terhadap gangguan berbagai macam penyakit kulit. Jika dipisahkan dari organ tubuh lain, kulit memiliki berat antara 3 sampai 5 kg dengan luas permukaan sekitar 1,5 sampai 2 meter persegi. Kulit sangat penting artinya bagi kesehatan, untuk melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit akibat bakteri, virus, dan sebagai pengatur suhu badan.

Penyebab penyakit kulit seperti iritasi, penyumbatan, atau rangsangan yang berlebih menyebabkan gejala kemerahan, bengkak, dan gatal-gatal pada kulit. Banyak masalah yang bisa terjadi pada kulit yang kurang sehat, mulai dari jerawat yang dapat mempengaruhi penampilan seseorang hingga beberapa jenis kanker kulit.

Jika ingin mengetahui berbagai macam penyakit kulit dan penyebabnya, berikut beberapa masalah umum yang dapat terjadi pada kulit.

Jerawat

Macam-macam Penyakit Kulit dan Gambarnya
Jerawat merupakan jenis penyakit kulit yang dipengaruhi oleh kelenjar minyak kulit. Lubang kecil atau pori-pori terhubung dengan kelenjar minyak di bawah kulit oleh saluran yang disebut folikel. Ketika folikel tersebut tersumbat, maka jerawat akan tumbuh. Pengobatan dan pencegahan jerawat secara alami adalah cara terbaik menangani jerawat agar tidak menimbulkan bekas luka akibat jerawat yang lebih susah untuk dihilangkan.


Eksim

Macam-macam Penyakit Kulit dan Gambarnya
Eksim yang juga dikenal sebagai dermatitis atopik ini adalah salah satu dari bermacam-macam penyakit kulit jangka panjang. Gejala yang paling umum terjadi adalah kulit kering dan gatal, ruam pada wajah, siku, lutut belakang bagian, tangan dan kaki. Sampai saat ini belum ada alat khusus yang bisa digunakan untuk mendiagnosa penyebab penyakit kulit eksim. Dokter hanya mengandalkan informasi dan riwayat medis dari penderita untuk mengetahuinya.


Hives

Macam-macam Penyakit Kulit dan Gambarnya
Hives merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh alergi obat atau jenis makanan tertentu. Hives juga dapat disebabkan karena infeksi dan stres. Penyakit hives ditandai dengan adanya benjolan yang terkadang menimbulkan gatal pada kulit dan biasanya akan hilang dengan sendirinya.




Impetigo

Macam-macam Penyakit Kulit dan Gambarnya
Impetigo adalah jenis infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri impetigo dan lebih sering menyerang anak-anak usia antara 2 hingga 6 tahun. Penyakit kulit ini terjadi akibat bakteri yang masuk ke dalam kulit melalui luka, goresan, atau gigitan serangga. Gejala yang timbul dapat berupa luka merah atau seperti jerawat yang memerah di sekitarnya. Luka akan terisi oleh nanah, kemudian setelah beberapa hari akan membentuk seperti kerak tebal. Penyakit kulit impetigo dapat diobati dengan antibiotik dan biasa menyerang bagian wajah, lengan, dan kaki.

Melanoma

Macam-macam Penyakit Kulit dan Gambarnya
Melanoma termasuk salah satu dari bermacam-macam penyakit kulit yang berpotensi menjadi kanker kulit yang dapat mengancam jiwa. Bentuknya hampir sama dengan tahi lalat, sehingga sulit membedakannya. Tetapi ada beberapa perbedaan mendasar yang perlu diketahui, diantaranya adalah: 
1. Bentuknya tidak simetri atau tidak beraturan 
2. Permukaannya compang-camping atau tidak halus 
3. Warnanya bukan hitam atau coklat dan tidak merata 
4. Diameternya mengalami perubahan, biasanya akan membesar

Karena itu, jika memiliki tahi lalat yang terlihat tidak biasa, seperti tumbuh menjadi besar, perubahan warna atau garis, dan sebagainya, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan untuk mendapatkan perawatan dini terhadap penyakit kulit melanoma. Untuk penyembuhan penyakit kulit melanoma dapat dilakukan dengan operasi, kemoterapi, terapi biologi, terapi radiasi, atau kombinasi diantaranya.

Psoriasis

Macam-macam Penyakit Kulit dan Gambarnya
Psoriasis merupakan jenis penyakit kulit yang dapat menyebabkan scaling dan pembengkakan. Kebanyakan psoriasis terlihat karena adanya bercak tebal, atau kemerahan dengan sisik keperakan pada kulit dan biasanya menimbulkan rasa gatal atau sakit. Psoriasis sering ditemukan di siku, lutut, beberapa bagian dari kaki, kulit kepala, punggung bagian bawah, wajah, telapak tangan, dan telapak kaki. Pengobatan psoriasis tergantung pada seberapa serius penyakit ini, seperti ukuran, jenis, dan bagaimana dampak terhadap pasien terhadap penyakit tersebut.

Ruam

Macam-macam Penyakit Kulit dan Gambarnya
Ruam atau dermatitis biasanya akan menyebabkan kulit kering dan gatal. Ruam biasa ditemukan di wajah, siku, bagian belakang lutut, dan pada tangan dan kaki. Perawatan kulit yang baik dan belajar untuk menghindari hal-hal yang menyebabkan ruam dapat mengobati gejala yang terjadi sebelum bertambah parah.




Rosacea

Macam-macam Penyakit Kulit dan Gambarnya
Rosacea adalah penyakit kulit yang ditandai dengan timbulnya kemerahan pada wajah, seperti adanya garis merah kecil di bawah kulit, mata atau kelopak mata yang meradang, hidung bengkak, dan kulit tebal. Dokter biasanya dapat mendiagnosis rosacea dari riwayat kesehatan dan pemeriksaan fisik. Tidak ada obat khusus untuk rosacea, tetapi dengan perawatan dan baik dan rutin dapat mengurangi atau menghilangkannya.



Kanker kulit

Macam-macam Penyakit Kulit dan Gambarnya
Ada dua jenis kanker kulit yang paling umum, yaitu kanker sel basal dan kanker sel skuamosa. Mereka biasanya terbentuk di kepala, wajah, leher, tangan, dan lengan. Tipe lain dari kanker kulit ini adalah melanoma yang bisa lebih berbahaya dari jenis kanker kulit lainnya.





Keriput

Macam-macam Penyakit Kulit dan Gambarnya
Keriput juga merupakan salah satu jenis gangguan atau penyakit pada kulit. Sinar matahari merupakan penyebab utama keriput dan penuaan pada kulit. Merokok juga berkontribusi pada keriput. Perawatan dan pencegahan kulit kering akan mengurangi munculnya keriput dan mencegah dari penuaan kulit lebih dini.




Demikian berbagai macam-macam penyakit kulit ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan berguna untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: