Pengertian dan Cara Mengobati Penyakit Herpes Simplex

Cara mengobati penyakit herpes simplex – Penyebab penyakit Herpes Simplex adalah Herpes Simplex Virus atau yang biasa disingkat dengan HSV. Hingga saat ini belum ada obat penyakit herpes jenis ini. Cara mengobati Herpes Simplex yang paling efektif adalah dengan pencegahan penularan virus dari penderita kepada orang lain. Penyakit Herpes Simplex dapat menyerang diberbagai bagian tubuh, tapi yang paling sering terserang adalah mulut dan alat kelamin.

Ada dua jenis virus yang dapat menjadi penyebab penyakit Herpes Simplex, yaitu Herpes Simplex Virus 1 (HSV-1) yang dikenal dengan Herpes Mulut dan Herpes Simplex Virus 2 (HSV-2) yang dikenal dengan Herpes Genital dan menyerang alat kelamin. Bagian tubuh yang terserang virus herpes biasanya akan mengalami luka dan lepuh.

Baca juga: 8 Jenis Virus Penyebab Penyakit Herpes dan Penularannya

Penularan penyakit herpes simplex

Herpes Simplex Virus 1 (HSV-1) lebih sering menyerang anak-anak melalui kontak langsung dengan orang dewasa yang ada di sekitarnya. Penularan penyakit Herpes Simplex Virus 1 (HSV-1) ini dapat melalui peralatan makan, handuk, atau pisau cukur yang telah digunakan oleh orang yang terinfeksi sebelumnya. Sedangkan penyakit Herpes Simplex Virus 2 (HSV-2) penularannya lebih cenderung melalui kontak seksual.

Penyakit herpes dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia. Orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, dan melakukan hubungan seksual beresiko lebih mudah tertular penyakit herpes ini. Seorang ibu hamil yang terinfeksi herpes genital juga dapat menularkan virus tersebut kepada bayi yang dilahirkannya.

Tanda dan gejala penyakit herpes simplex

Hal yang penting untuk dipahami adalah meskipun seseorang tidak memiliki luka atau menunjukkan tanda penyakit herpes, tetapi mereka tetap dapat terinfeksi oleh virus herpes ini dan berpotensi untuk menularkannya kepada orang lain. Beberapa gejala yang sering timbul ketika seseorang terserang penyakit herpes adalah adanya luka di daerah mulut atau alat kelamin, nyeri saat buang air kecil (herpes genital) dan rasa gatal pada daerah yang terserang virus.

Pengertian dan Cara Mengobati Penyakit Herpes Simplex

Gejala penyakit herpes simplex dapat berupa flu, demam, pembengkakan kelenjar getah bening, sakit kepala, kelelahan, dan kurangnya nafsu makan. Penyakit herpes simplex juga dapat menyebabkan gejala sakit mata, debit, dan perasaan berpasir di mata.

Cara mengobati herpes simplex

Hingga saat ini belum ada obat untuk penyakit herpes simplex. Cara mengobati herpes yang paling efektif adalah dengan melakukan perawatan pada luka dan mencegah penyebaran virus tersebut. Walaupun demikian, ada kemungkinan bahwa penyakit herpes akan hilang dengan sendirinya tanpa harus melalui pengobatan khusus.

Mencegah Penyebaran penyakit herpes simplex

Meskipun cara pengobatan penyakit herpes belum ditemukan, kita dapat mengambil langkah-langkah pencegahan untuk menghindarinya. Untuk Herpes Simplex Virus 1 (HSV-1), kita dapat menghindari terjadinya kontak langsung dengan pendetita. Jangan berbagi peralatan yang dapat menyebabkan virus herpes ini menyebar, seperti penggunaan peralatan makan, handuk, pakaian, dan sebagainya. Tetapi jika menyadari telah terjadi kontak dengan penderita herpes maka harus mencucinya dan segera mendapatkan pengobatan untuk mengurangi resiko tertular penyakit herpes.

Sedangkan cara mencegah penyakit Herpes Simplex Virus 2 (HSV-2), bisa dilakukan dengan menghindari semua jenis aktivitas seksual beresiko dengan orang yang terinfeksi virus herpes. Wanita yang sedang hamil dan terinfeksi virus herpes dapat melakukan pengobatan secara maksimal untuk mencegah virus menginfeksi bayi sebelum dilahirkan.

Baca juga: 10 Jenis Penyakit Kulit Paling Berbahaya dan Pencegahannya

Herpes Simplex Virus (HSV) merupakan salah satu penyebab penyakit herpes yang sampai saat ini belum ditemukan obatnya. Walaupun begitu dengan penanganan dan perawatan khusus serta mencegah penularan penyakit herpes merupakan salah satu cara mengobati Herpes Simplex yang dianggap efisien hingga saat ini.

Demikian pengertian dan cara mengobati penyakit herpes simplex ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: