Apakah Penyakit Ambeien atau Wasir itu Berbahaya?

Penyakit ambeien atau yang biasa disebut dengan wasir adalah pembengkakan atau peradangan yang terjadi pada pembuluh darah rektum yang ada di sekitar anus. Rektum adalah bagian akhir atau ujung dari usus besar yang mengarah ke anus, yang merupakan akhir dari seluruh proses pencernaan makanan.

Ada dua jenis penyakit ambeien, yaitu wasir internal dan wasir eksternal. Wasir internal menyerang bagian ujung rektum. Wasir internal dapat menonjol (terjadi prolaps) dan keluar melalui anus. Kebanyakan prolaps ini menyusut dan kembali lagi masuk ke dalam rektum. Pada kondisi yang lebih parah, prolaps dapat menonjol secara permanen sehingga memerlukan perawatan medis. Prolaps dapat menyebabkan rasa sakit, ketidaknyamanan, dan gatal-gatal pada anus. Gejala yang paling umum dari wasir internal adalah keluarnya darah setelah buang air besar. Wasir internal yang tidak mengalami prolaps biasanya tidak akan menimbulkan rasa sakit.

Selain wasir internel, ada juga jenis wasir eksternal yang letaknya di bawah kulit di sekitar anus. Ambeien luar atau wasir eksternal ini dapat menimbulkan gumpalan darah. Gumpalan darah akibat ambeien luar bisa menyebabkan perdarahan, pembengkakan, atau benjolan yang keras di sekitar anus. Mengejan berlebihan, menggosok, atau membersihkan sekitar anus yang berlebihan dapat membuat penyakit ambeien menjadi lebih parah.

Penyebab penyakit ambeien

Penyakit ambeien biasanya menyerang orang dewasa yang berusia antara 45 sampai 65. Hal tersebut disebabkan karena melemahnya jaringan ikat di rektum dan anus yang terjadi karena faktor usia. Selain itu, penyakit ambeien atau wasir juga sering menyerang wanita yang sedang hamil. Kehamilan dapat menyebabkan wasir karena meningkatnya tekanan dalam perut, yang akan memperbesar pembuluh darah di rektum dan anus. Bagi kebanyakan wanita, wasir yang disebabkan oleh kehamilan akan menghilang setelah melahirkan.

Apakah Penyakit Ambeien atau Wasir itu Berbahaya?
Penyakit ambeien juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor lainnya seperti berikut ini.
  • Sembelit kronis 
  • Diare 
  • Mengejan berlebihan saat buang air besar 
  • Kebiasaan jongkok terlalu lama 
  • Kurangnya mengkonsumsi serat

Bahaya penyakit ambeien

Penyekit ambeien atau wasir tidak berbahaya dan mengancam kehidupan seseorang. Gejala penyakit ambeien biasanya hilang dalam beberapa hari, meskipun beberapa orang yang memiliki penyakit wasit tidak memiliki gejala apapun.

Cara paling sederhana untuk mengurangi gejala penyakit ambeien dan meringankan wasir adalah dengan melakukan perubahan gaya hidup. Makan makanan yang mengandung serat tinggi dapat menghindari sembelit, mengurangi tekanan pada wasir karena mengejan yang berlebihan.

Serat adalah zat yang ditemukan dalam tanaman. Tubuh manusia memang tidak bisa mencerna serat, tapi serat dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit. Sumber yang baik dari serat makanan adalah buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Cara lain yang dapat membantu meringankan gejala wasir adalah sebagai berikut.
  • Cukupi kebutuhan air dengan minum minimal 8 gelas setiap hari 
  • Berolahraga untuk mencegah sembelit 
  • Tidak mengejan berlebihan saat buang air besar

Kesimpulan

  • Penyakit ambeien diakibatkan oleh pembengkakan atau peradangan pembuluh darah di rektum yang ada sekitar anus 
  • Penyakit ambeien tidak berbahaya atau mengancam kehidupan, dan gejala biasanya hilang dengan sendirinya 
  • Cara yang paling sederhana dan efektif mengurangi penyakit ambeien adalah dengan melakukan perubahan gaya hidup 
  • Jika perawatan di rumah tidak dapat mengurangi gejala penyakit ambeien, segera hubungi dokter untuk mendapat perawatan yang lebih maksimal
Demikian beberapa hal penting yang perlu diketahui dari penyakit ambeien ini, mudah-mudahan dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan kita. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: