Cara Mudah Menghitung Berat Badan Ideal Pria dan Wanita

Menghitung berat badan idealBerat badan ideal bukan saja dapat menunjang penampilan seseorang, tetapi berat badan yang ideal merupakan salah satu indikator tingkat kesehatan seseorang. Apakah dia terlalu kurus karena kurangnya asupan gizi, atau mungkin terlalu gemuk karena banyaknya lemak yang ada di dalam tubuh, semua dapat dilihat dari berat badannya meskipun tidak dapat sepenuhnya dijadikan pedoman.

Untuk mengukur berat badan ideal, bisa saja berbeda antara satu orang dengan orang yang lain. Seseorang bisa mengatakan berat badannya ideal padahal dia terlihat kurus, atau sebagian yang lain mengatakan berat badan mereka ideal padahal mengalami sedikit kegemukan. Hal tersebut terjadi karena tolak ukur berat badan ideal yang digunakan berbeda. Padahal ada cara menghitung berat badan ideal yang telah diakui oleh badan kesehatan dunia WHO.

Untuk menghitung berat badan ideal, ada dua cara yang bisa digunakan, yaitu rumus BMI (Body Mess Index) dan rumus Brocha. Kedua rumus tersebut merupakan rumus standar yang bisa dipakai untuk menghitung berapa berat badan ideal seseorang.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus BMI

Berat badan ideal menurut rumus BMI (Body Mess Index) atau yang dalam bahasa Indonesianya adalah Indeks Massa Tubuh (IMT) adalah perbandingan antara berat badan dan tinggi badan yang dirumuskan sebagai berikut.
Indeks BMI = Berat badan : (Tinggi badan x Tinggi badan)
Contoh:
Jika seorang wanita mempunyai tinggi 1,65 meter dan beratnya adalah 45 kg, maka menurut perhitungan rumus BMI, berat badan idealnya adalah sebagai berikut.

Indeks BMI = Berat badan : (Tinggi badan x Tinggi badan)
Indeks BMI = 45 kg : (1.65 m x 1.65 m)
Indeks BMI = 45 kg : 2.72
Indeks BMI = 16.54

Nilai 16.54 merupakan nilai indeks BMI yang dapat digunakan untuk menentukan apakah berat badan seseorang tersebut sudah ideal atau belum. Caranya adalah dengan melihat kriteria BMI yang ada di bawah ini.

Indeks standar BMI untuk wanita

  • Indeks BMI < 18, artinya badan terlalu kurus. Maka perlu dilakukan penambahan berat badan agar menjadi lebih ideal. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menambah berat badan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh 
  • Indeks BMI 18 – 25, artinya berat badan ideal. Jika demikian cukup mempertahankan berat badan tersebut agar tetap ideal 
  • Indeks BMI 25 – 27, artinya badan terlalu gemuk. Lakukan penurunan berat badan dengan cara menghindari makanan yang banyak mengandung lemak dan berolahraga secara teratur 
  • Indeks BMI > 27, artinya terjadi obesitas atau kegemukan yang tidak wajar. Segera lakukan penurunan berat badan, karena obesitas dapat menimbulkan berbagai penyakit dan merupakan salah satu indikator bahwa telah terjadi masalah dalam tubuh yang perlu segera mendapat penanganan.

Indeks standar BMI untuk pria

  • Indeks BMI < 17, artinya badan terlalu kurus 
  • Indeks BMI 17 – 23, artinya berat badan ideal 
  • Indeks BMI 23 – 27, artinya badan terlalu gemuk 
  • Indeks BMI > 27, artinya terjadi obesitas atau kegemukan
Dari contoh di atas, seorang wanita yang memiliki indeks BMI sebesar 16.54, maka menurut indeks BMI dia dapat dikategorikan memiliki badan yang kurus, yang perlu segera menambahkan berat badan agar lebih sehat dan dapat menambah kepercayaan diri dalam pergaulan.

Cara Mudah Menghitung Berat Badan Ideal Pria dan Wanita
Jika ingin lebih mudah menghitung berat badan ideal Anda, silahkan gunakan Kalkulator BMI di bawah ini. Anda tinggal memasukkan berapa tinggi dan berat badan Anda, hasilnya dapat langsung Anda dilihat tanpa harus menghitungnya terlebih dahulu.


Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus Brocha

Menggunakan rumus Brocha untuk menghitung berat badan yang ideal sedikit berbeda dengan rumus BMI. Jika dalam rumus BMI menggunakan perbandingan antara berat dan tinggi badan, sedangkan rumus Brocha hanya menggunakan faktor tinggi badan untuk mengetahui berapa berat badan ideal seseorang. Rumus Brocha dapat dinyatakan sebagai berikut.

Untuk wanita

Berat wanita ideal = {Tinggi badan – 100} – {15% x (Tinggi badan – 100)}
Contoh:
Seorang wanita dengan tinggi badan 165 cm, maka berat badan ideal wanita tersebut menurut rumus Brocha adalah sebagai berikut.

Berat wanita ideal = {Tinggi badan – 100} – {15% x (Tinggi badan – 100)}
Berat wanita ideal = {165 – 100} – {15% x (165 – 100)}
Berat wanita ideal = 65 – (15% x 65)
Berat wanita ideal = 65 – 9.75
Berat wanita ideal = 55.25 kg

Dari contoh tersebut di atas, seorang wanita yang memiliki tinggi 165 cm, maka berat badan ideal yang seharusnya dimiliki adalah 55.25 kg. Jika wanita dengan tinggi 165 cm memiliki berat badan jauh di bawah atau di atasnya, maka dia dapat dikategorikan tidak memiliki berat badan ideal dan harus melakukan tindakan yang dapat membuat berat badan menjadi lebih ideal.

Untuk pria

Berat pria ideal = {Tinggi badan – 100} – {10% x (Tinggi badan – 100)}
Contoh:
Pria dengan tinggi badan 170 cm, maka berat badan ideal pria tersebut menurut rumus Brocha adalah sebagai berikut.

Berat pria ideal = {Tinggi badan – 100} – {10% x (Tinggi badan – 100)}
Berat pria ideal = {170 – 100} – {10% x (170 – 100)}
Berat pria ideal = 70 – (10% x 70)
Berat pria ideal = 70 – 7
Berat pria ideal = 63 kg

Dari contoh di atas, pria dengan tinggi 170 cm, berat badan ideal yang harus dimiliki menurut rumus Brocha adalah 63 kg. Jika lebih rendah atau lebih tinggi terlalu jauh dari angka tersebut, maka pria itu tidak memiliki berat badan yang ideal, bisa terlalu kurus atau terlalu gemuk, bahkan mungkin mengalami obesitas atau kegemukan.

Rumus BMI dan rumus Brocha merupakan rumus menghitung berat badan ideal dengan yang telah diakui oleh badan kesehatan dunia WHO. Dengan mengetahui berat badan ideal akan dapat mengontrol makanan yang dikonsumsi setiap harinya agar tetap sesuai dengan kebutuhan asupan nutrisi tubuh.

Demikian cara menghitung berat badan ideal pria dan wanita ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: