Ini Kandungan Kulit Manggis dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Manfaat kulit manggis – Banyak sekali manfaat buah manggis untuk kesehatan, sehingga tidak berlebihan jika buah manggis dikenal sebagai ratu buah. Manggis memiliki daging buah berwarna putih dengan tekstur yang sedikit berserat. Rasanya sangat manis dan menyegarkan karena mengandung banyak air. Tapi siapa sangka, bagian yang paling bermanfaat dari buah manggis untuk kesehatan justru terletak pada kulitnya.

Akhir-akhir ini kulit buah manggis menjadi sangat populer karena beberapa penelitian menyatakan bahwa kulit manggis sangat manfaat untuk kesehatan. Ekstrak kulit manggis mulai banyak digunakan sebagai bahan alami produk-produk kesehatan untuk mengobati berbagai penyakit, seperti mengatasi diare, menjaga kesehatan jantung dan kulit.

Kandungan kulit manggis

Kandungan kulit manggis yang paling bermanfaat bagi kesehatan adalah senyawa Xanthones. Xanthone adalah jenis baru dari senyawa Polifenol yang secara struktural mirip dengan Bioflavanoids. Dari sekitar 200 jenis Xanthone alami yang telah teridentifikasi saat ini, sekitar 40 persen ditemukan dalam buah manggis.

Manfaat Xanthone kulit manggis untuk kesehatan adalah sebagai anti-inflamasi dan anti-alergi. Ada juga senyawa lain dari buah manggis yang memiliki kualitas obat tak kalah hebatnya, yaitu Polisakarida, Sterol, Proanthocyanidins dan Catechin yang sangat baik untuk menjaga beberapa fungsi tubuh agar tetap sehat.

Rendah kalori

Selain memiliki rasa yang lezat buah manggis juga rendah kalori. Cocok dikonsumsi bagi mereka yang sedang diet untuk menurunkan berat badan. Buah manggis mengandung sekitar 63 kalori per 100 gram. Tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Selain itu, buah manggis juga mengandung serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Kaya Vitamin C

Buah manggis dapat memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh sebesar 12 persen dalam setiap 100 gram-nya. Vitamin C yang terkandung dalam kulit manggis adalah vitamin yang larut air dan mempunyai sifat sebagai antioksidan, membantu meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah flu, infeksi, dan kanker.

Vitamin B Kompleks

Buah manggis juga mengandung vitamin B Kompleks seperti Thiamin, Niacin, dan Folat. Vitamin ini berfungsi sebagai kofaktor dalam proses metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.

Ini Kandungan Kulit Manggis dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Manfaat kulit manggis untuk kesehatan

Banyak sekali manfaat mengkonsumsi ekstrak kulit manggis secara rutin dan teratur. Diantara beberapa manfaat dan khasiat ekstrak kulit manggis tersebut adalah sebagai berikut.

Mengobati sariawan

Kandungan vitamin C kulit manggis dapat digunakan untuk menyembuhkan sariawan. Cara membuat ramuan untuk menyembuhkan sariawan dari kulit manggis adalah dengan mengambil kulit manggis, lalu mencuci dan memotongnya. Setelah itu direbus dalam 3 gelas air sampai berkurang setengahnya. Setelah dingin, saring ramuan tersebut dan gunakan untuk obat kumur.

Mengatasi diare

Manfaat kulit manggis selanjutnya adalah untuk mengatasi diare. Rebusan kulit buah manggis juga dapat digunakan untuk mengatasi diare, gejala demam, disentri, dan gangguan saluran kemih atas. Minum secara rutin dan teratur untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Anti-kanker

Kandungan xanthone dalam kulit buah manggis juga efektif untuk menghambat pertumbuhan dan menghancurkan sel-sel kanker. Menggunakan kulit manggis untuk mencegah kanker merupakan cara alami yang efektif dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya.

Mencegah penyakit jantung

Kandungan sejumlah mineral seperti tembaga, mangan, dan magnesium dalam kulit manggis dapat membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Dengan demikian, buah manggis dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke. Kulit manggis juga mengandung kalium, komponen penting dalam proses pembentukan sel baru.

Meremajakan kulit

Kulit manggis juga bermanfaat untuk membantu meremajakan kulit. Kandungan anti-oksidan kulit manggis dapat mencegah penuaan dini dan membantu meregenerasi sel kulit. Bahkan kulit manggis juga dapat digunakan untuk mencegah berbagai penyakit kulit.

Cara membuat jus kulit manggis

Manfaat buah manggis yang paling besar justru ada pada kulitnya. Kulit manggis dapat diolah dan dijadikan minuman untuk dikonsumsi secara teratur. Jus kulit manggis dikenal sebagai Xanthones Sirup yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Caranya, cuci dan bersihkan 2 buah kulit manggis, lalu direbus dalam 4 gelas air. Masak hingga tinggal 2 gelas saja. Minum 2-3 kali sehari secara teratur. Kulit manggis juga bisa diolah menjadi jus buah manggis seperti membuat jus buah pada umumnya. Agar rasa jus kulit manggis lebih segar, dapat ditambahkan dengan sedikit madu.

Efek samping kulit manggis

Seperti halnya obat herbal lainnya, tubuh biasanya akan mengalami anti-reaksi pada masa awal penggunaan ekstrak kulit manggis. Efek samping yang biasanya terjadi dari mengkonsumsi kulit manggis adalah:
  • Alergi, kulit menjadi merah, pembengkakan, gatal di beberapa bagian tubuh, dan kulit jadi bersisik 
  • Nyeri sendi, sakit kepala, nyerit otot, perut mual, kembung, insomnia dan gangguan lain seperti jantung berdebar 
  • Kulit manggis juga mengandung Resin dan Tanin yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan jika dikonsumsi terlalu banyak.
Efek samping yang ditimbulkan karena mengkonsumsi kulit manggis biasanya hanya bertahan beberapa saat saja. Ketika telah dikonsumsi secara rutin, efek samping yang ditimbulkan perlahan akan hilang. Tetapi tetap dianjurkan untuk mengkonsumsi ekstrak kulit manggis dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Demikian beberapa manfaat kulit manggis buat kesehatan ini, semoga berguna dan dapat menambah pengetahuan kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: