Ini Penyebab Penyakit Ambeien dan Cara Mengatasinya

Penyakit ambeien atau wasir dapat terjadi karena adanya pembengkakan pembuluh darah pada anus atau rektum. Pembengkakan tersebut akan membuat dinding pembuluh darah menjadi tipis yang sering menyebabkan perdarahan ketika proses buang air besar.

Ada dua jenis penyakit ambeien atau wasir ini, yaitu wasir internal dan eksternal. Wasir internal terjadi di dalam anus, sedangkan wasir eksternal terjadi di luar anus. Dari kedua jenis wasir tersebut, wasir eksternal adalah ambeien yang paling umum terjadi dan biasanya lebih merepotkan dibandingkan dengan wasir internal.

Penyakit ambeien atau wasir biasanya akan menyebabkan rasa nyeri, rasa gatal pada sekitar anus, kesulitan duduk karena adanya pembengkakan, dan terjadinya perdarahan ketika buang air besar. Walaupun demikian, pada dasarnya mengobati penyakit ambeien ini mudah dan tidak termasuk dari salah satu penyakit berbahaya.

Penyebab ambeien atau wasir

Sebanyak 30-40 persen orang yang menderita penyakit ambeien adalah mereka yang berusia 20 sampai 50 tahun, karena melemahnya fungsi organ tertentu. Penyakit ambeien juga dapat disebabkan karena faktor keturunan. Hingga saat ini para ahli belum menemukan penyebab ambeien ini secara pasti.

Tetapi secara ilmiah, kemungkinan besar penyebab penyakit ambeien adalah karena adanya tekanan dari perut yang berlebihan, yang memicu pembengkakan pada pembuluh darah di sekitar anus. Tekanan tersebut dapat disebabkan oleh obesitas, kehamilan, berdiri atau duduk terlalu lama, mengejan saat buang air besar, batuk, bersin, muntah, dan menahan napas ketika melakukan kerja fisik.

Ini Penyebab Penyakit Ambeien dan Cara Mengatasinya
Beberapa faktor penyebab ambeien secara umum adalah sebagai berikut.
  • Mengejan yang berlebihan saat buang air besar; 
  • Mengalami sembelit kronis; 
  • Duduk yang terlalu lama; 
  • Kehamilan; 
  • Faktor keturunan.

Cara mengatasi penyakit ambeien

Jika terjadi perdarahan pada anus ketika buang air besar, lebih baik segera periksakan gejala tersebut pada ahli kesehatan atau dokter. Walaupun penyakit ambeien merupakan penyebab utama terjadinya perdarahan tersebut, tetapi tidak menutup kemungkinan hal itu terjadi karena adanya kanker kolorektal yang dapat mengancam jiwa.

Pola makan yang sehat memegang peranan penting dalam mengatasi penyakit ambeien. Orang-orang yang kurang mengkonsumsi serat cenderung lebih mudah mengalami ambeien. Kurangnya konsumsi serat dan cairan tubuh akan menyebabkan sembelit yang berkontribusi pada penyakit ambeien atau wasir.

Mengatasi ambeien dapat dilakukan sendiri di rumah dengan meningkatkan asupan serat makanan. Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi dapat mengurangi risiko terkena wasir. Serat makanan akan membantu melancarkan proses pencernaan makanan di usus, melunakkan tinja, untuk mencegah terjadinya sembelit. Beberapa contoh makanan yang mengandung serat tinggi diantaranya adalah gandum, beras merah, wortel, dan sebagainya.

Penyakit ambeien atau wasir dapat dicegah dengan menghindari mengejan berlebihan pada saat buang air besar. Selain itu, mencukupi kebutuhan air dalam tubuh juga dapat mencegah terjadinya sembelit yang menjadi penyebab ambeien. Cukupi kebutuhan air dengan minum minimal 8 gelas setiap hari.

Untuk mengurangi rasa sakit akibat penyakit ambeien dapat dilakukan dengan cara berendam di bak yang berisi air hangat selama kurang lebih 10 menit setiap hari. Atau dengan duduk di atas botol air hangat untuk mengurangi rasa sakit akibat wasir eksternal.

Meskipun wasir atau ambeien dapat menyebabkan rasa sakit dan nyeri di sekitar anus, tetapi penyakit ambeien tidak berbahaya dan sering kali hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. Tetapi jika dibiarkan, perdarahan yang berlebihan dapat menyebabkan gejala anemia seperti mudah lelah dan kulit pucat karena kehilangan darah, meskipun hal ini jarang terjadi.

Demikian beberapa penyebab ambeien dan cara mengatasinya, mudah-mudahan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: