8 Jenis Obat Ambeien Alami dan Tradisional yang Ampuh

Obat ambeien alami dan tradisional. Penyakit ambeien yang diakibatkan oleh peradangan atau pembengkakan pada pembuluh darah di rektum dan anus ini bisa menyerang siapa saja. Orang yang paling rentan menderita ambeien diantaranya adalah wanita hamil, orang tua, dan juga orang yang mempunyai masalah dengan berat badan. Wasir atau penyakit ambeien juga dapat disebabkan karena faktor keturunan, sembelit, pola makan yang kurang baik, kurang berolahraga, dan terlalu lama melakukan aktivitas duduk maupun berdiri.

Penyakit wasir ini ada dua jenis, yaitu wasir internal yang terjadi di dalam rektum, dan wasir eksternal yang terjadi di bawah kulit di sekitar anus. Beberapa gejala ambeien yang umum terjadi adalah adanya benjolan di sekitar anus, perdarahan ketika buang air besar, iritasi di sekitar anus, dan seringnya dorongan untuk buang air besar yang tidak normal.

Meskipun penyakit ambeien tidak berbahaya, tetapi jika dibiarkan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, kekurangan darah, serta terjadinya komplikasi beberapa penyakit lainnya. Untungnya, tidak terlalu sulit untuk mengobati ambeien dan meringankan gejalanya. Berikut beberapa obat alami dan tradisional ambeien yang ampuh digunakan untuk pengobatan ambeien di rumah.

Mengobati ambeien dengan es

Obat ambeien tradisional yang pertama adalah es. Es dapat membantu menyempitkan pembuluh darah, mengurangi pembengkakan dan menghilangkan nyeri akibat wasir atau ambeien. Caranya dengan memasukkan es ke dalam kantung plastik, lalu bungkus dengan menggunakan kain bersih. Tempelkan di daerah yang terkena wasir kurang lebih selama 10 menit. Lakukan beberapa kali sehari sampai benjolan ambeien atau wasir hilang.

8 Jenis Obat Ambeien Alami dan Tradisional yang Ampuh

Mengobati ambeien dengan lidah buaya

Lidah buaya juga merupakan salah satu bahan alami yang baik untuk mengobati ambeien, baik wasir internal maupun eksternal. Sifat anti-inflamasi dan terapi lidah buaya dapat membantu mengurangi iritasi wasir. Caranya adalah dengan mengambil gel lidah buaya, lalu gunakan untuk memijat daerah yang terkena ambeien dengan perlahan. Gel lidah buaya dapat mengurangi rasa gatal dan menghilangkan sakit akibat ambeien.

Mengobati ambeien dengan lemon

Lemon mengandung berbagai nutrisi yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit ambeien atau wasir dengan memperkuat kapiler dan dinding pembuluh darah. Caranya adalah dengan membasahi kapas dengan perasan air lemon, lalu oleskan pada daerah yang terkena wasir. Awalnya akan terasa seperti kesemutan, namun lama-kelamaan rasa gatal dan sakit akibat ambeien akan menghilang. Atau campurkan perasan air lemon tersebut dalam secangkir susu panas dan meminumnya. Lakukan hal ini setiap tiga jam sekali untuk hasil yang maksimal hingga ambeien hilang.

Mengobati ambeien dengan minyak almond

Minyak almond juga dapat digunakan sebagai obat alami ambeien, terutama jenis eksternal. Caranya adalah dengan membasahi kapas dengan minyak almond murni dan mengoleskannya pada daerah yang terkena ambeien. Minyak almond akan melembabkan dan meringankan peradangan dan mengurangi rasa gatal di dalam dan sekitar anus. Lakukan beberapa kali sehari hingga ambeien sembuh.

Mengobati ambeien dengan minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat digunakan terutama untuk mengobati wasir eksternal. Minyak zaitun akan membantu meningkatkan elastisitas pembuluh darah, yang pada gilirannya akan membantu mengurangi peradangan dan mengecilkan ukuran pembuluh darah yang bengkak akibat penyakit ambeien. Caranya adalah dengan mengkonsumsi satu sendok teh minyak zaitun setiap hari. Minyak zaitun akan membantu mengurangi peradangan dan lemak tak jenuh tunggal pada minyak zaitun akan meningkatkan fungsi dari sistem ekskresi tubuh.

Mengobati ambeien dengan cuka sari apel

Obat tradisional ambeien selanjutnya adalah cuka sari apel. Cuka sari apel dapat membantu mengecilkan pembuluh darah yang bengkak, mengurangi pembengkakan dan iritasi baik wasir internal dan eksternal. Caranya adalah dengan membasahi kapas menggunakan cuka sari apel, lalu oleskan pada daerah yang terkena ambeien. Awalnya akan ada sensasi menyengat, tetapi setelah itu rasa gatal dan iritasi akan berkurang bahkan hilang. Lakukan beberapa kali sehari sampai ambeien sembuh.

Mengobati ambeien dengan konsumsi serat

Mengkonsumsi serat yang cukup juga merupakan salah satu obat tradisional ambeien yang sangat efektif untuk mengurangi gejala dan pendarahan yang diakibatkan oleh wasir. Nutrisi ini akan membantu membersihkan sistem pencernaan, mencegah sembelit dan membuat usus bekerja lebih efisien. Makanan kaya serat dapat melunakkan tinja dan membantu mengurangi mengejan saat buang air besar. Beberapa contoh bahan alami yang banyak mengandung serat seperti gandum, jagung, dan beras merah.

Mengobati ambeien dengan minum air

Ketika menderita wasir baik internal maupun eksternal, cobalah untuk minum 8-10 gelas air putih setiap hari untuk mengobati ambeien secara alami. Asupan air yang cukup membantu membersihkan sistem internal dan dapat menghidrasi seluruh tubuh. Hal ini juga akan memfasilitasi gerakan usus dan membuat tinja lebih lunak, yang akhirnya akan mengurangi mengejan saat buang air besar. Bila kebutuhan air dalam tubuh tidak cukup, maka proses pengeluaran limbah akan melambat dan bisa mengakibatkan gangguan dalam usus. Hal tersebut akan menyebabkan tinja menjadi keras, dan membuat ambeien atau wasir semakin parah.

Mengobati ambeien dengan obat tradisional dapat menyembuhkan penyakit ambeien dengan lebih efektif. Selain itu obat ambeien alami juga mudah ditemukan dan banyak dijual di pasaran. Mengobati penyakit ambeien dengan bahan alami dan tradisional juga lebih aman dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya.

Demikian beberapa obat ambeien tradisional dan alami yang ampuh ini, semoga bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: