Kandungan dan Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat buah kiwi – Buah kiwi adalah salah satu buah yang perlu dikonsumsi oleh wanita hamil. Kandungan buah kiwi yang kaya akan nutrisi dapat membantu ibu hamil dalam meningkatkan kesehatan kehamilannya. Baca terus artikel ini untuk mengetahui lebih banyak tentang manfaat buah kiwi buat ibu hamil.

Kiwi adalah buah berwarna hijau atau kuning yang berbiji hitam kecil dengan kulit berwarna coklat. Bagi yang suka, kulit dan biji buah buah kiwi ini bisa dimakan. Buah kiwi merupakan sumber vitamin C, E dan A yang baik dan mengandung serat tinggi. Bahkan kandungan vitamin C buah kiwi dua kali lebih besar dari jeruk maupun mangga. Selain itu, buah kiwi juga mengandung kalium yang tinggi dan rendah gula. Kandungan fosfor, magnesium dan tembaga juga membuat buah kiwi bermanfaat untuk ibu hamil.

Dari tampilannya, buah kiwi tidak terlalu menarik jika dibandingkan dengan buah yang lain. Warna coklat kusam buah kiwi mungkin tidak menggairahkan bagi sebagian orang. Namun ketika dipotong dan terlihat isinya, warna hijau cerahnya akan sangat menggoda dan menyegarkan. Buah kiwi bermanfaat untuk ibu hamil yang sedang memerlukan banyak vitamin, nutrisi dan mineral alami untuk mencukupi asupan gizi harian mereka.

Dengan mengkonsumsi buah kiwi, ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan untuk perkembangan janin yang dikandungnya. Berikut beberapa kandungan nutrisi dan manfaat buah kiwi untuk kesehatan ibu hamil.

Kandungan dan Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan Ibu Hamil

Kandungan asam folat

Buah kiwi kaya akan asam folat yang dapat membantu perkembangan organ-organ bayi dalam kandungan. Asam folat merupakan nutrisi paling penting untuk memproduksi dan membantu pertumbuhan sel-sel baru. Asupan folat juga berguna untuk mencegah terjadinya cacat lahir pada bayi. Dokter sangat menyarankan wanita hamil menambah asupan asam folat untuk membantu perkembangan bayi agar lebih optimal.

Kandungan serat

Manfaat buah kiwi untuk wanita hamil yang lain adalah karena kandungan serat yang dimilikinya. Selama kehamilan asupan serat makanan dapat mengurangi risiko wasir dan sembelit. Rutin mengkonsumsi buah kiwi juga berguna untuk mengatasi masalah pencernaan, mual, dan ketidaknyamanan di dalam perut.

Meningkatkan energi

Selain kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk ibu hamil, buah kiwi juga kaya anti-oksidan. Buah kiwi mengandung banyak vitamin C dan vitamin D yang baik untuk melawan berbagai jenis radikal bebas dalam tubuh. Buah kiwi juga sangat baik untuk meningkatkan energi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Manfaat buah kiwi untuk kesehatan lainnya

  • Kiwi memiliki efek positif untuk sistem pernapasan. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi kiwi dapat menurunkan risiko terkena masalah pernapasan dan batuk. Buah kiwi juga biasa digunakan untuk mengobati penyakit asma pada anak-anak 
  • Buah kiwi merupakan salah satu pengencer darah alami. Mengkonsumsi kiwi dapat mengurangi risiko pembekuan darah dan mengurangi lemak dalam darah yang yang dapat menyebabkan penyumbatan 
  • Buah kiwi juga mengandung flavonoid yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari efek oksidasi 
  • Kiwi dapat membantu penyerapan zat besi untuk mencegah anemia.
Mengkonsumsi buah kiwi dapat memenuhi kebutuhan nutrisi penting yang diperlukan oleh ibu hamil selama masa kehamilan. Buah kiwi juga dapat membantu perkembangan sel-sel dari janin dalam kandungan. Wanita hamil seharusnya memasukkan buah kiwi ke dalam daftar makanan yang harus dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi harian mereka.

Demikian kandungan dan manfaat buah kiwi untuk ibu hamil ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat khususnya untuk para wanita. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: