Kandungan Nutrisi dan Manfaat Brokoli untuk Kesehatan

Manfaat brokoli – Brokoli termasuk sayuran hijau yang mudah didapat dan banyak sekali manfaatnya buat kesehatan. Manfaat mengkonsumsi brokoli diantaranya adalah untuk memperbaiki sistem pencernaan, sistem kardiovaskular dan sistem kekebalan tubuh. Manfaat brokoli untuk kesehatan lainnya adalah sifat anti-inflamasi yang dimilikinya dapat membantu mencegah kanker.

Kandungan nutrisi brokoli dan nilai gizinya sangat tinggi. Hal tersebut membuat brokoli sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Brokoli mengandung protein, serat, vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C yang baik untuk tubuh. Brokoli juga mengandung rendah lemak, natrium dan kalori yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Selain memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-kanker, brokoli juga memiliki sifat anti-oksidan yang dapat membantu menetralisir radikal bebas penyebab kerusakan sel. Meskipun kecil, brokoli juga mengandung nutrisi seperti magnesium, fosfor, seng dan zat besi yang membuat kandungan nutrisi brokoli semakin lengkap.

Dengan kandungan nutrisi dan nilai gizi yang lengkap, brokoli menjadi salah satu sayuran penting untuk dikonsumsi dan memenuhi kebutuhan asupan nutrisi harian tubuh. Berikut beberapa manfaat brokoli untuk kesehatan tubuh.

Pencegahan Kanker

Manfaat brokoli bagi kesehatan yang paling penting adalah kemampuannya untuk membantu pencegahan kanker. Brokoli merupakan jenis sayuran cruciferous, dan semua sayuran dalam kelompok ini dapat mengurangi resiko kanker usus dan perut. Brokoli juga mengandung isothiocyanates dan sulforaphane yang dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker payudara.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Brokoli untuk Kesehatan

Menurunkan kolesterol

Manfaat brokoli lainnya adalah dapat membantu menurunkan kolesterol. Serat larut dalam sayuran brokoli dapat mengikat kolesterol dalam darah. Hal tersebut membuat kolesterol lebih mudah keluar, dan akibatnya kadar kolesterol dalam tubuh berkurang.

Membantu proses detoksifikasi

Kandungan phytocheimcals glucoraphanin, gluconasturtiin dan glucobrassicin dalam brokoli dapat membantu semua langkah proses detoksifikasi tubuh. Mulai dari aktivasi untuk netralisasi hingga penghapusan kontaminan.

Kesehatan jantung

Selain mengurangi kolesterol, brokoli juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Sulforaphane yang terkandung dalam brokoli merupakan anti-inflamasi yang dapat mencegah kerusakan lapisan pembuluh darah yang disebabkan masalah gula darah. Vitamin B kompleks yang dimiliki brokoli dapat membantu mengatur atau mengurangi homocysteine ​​yang menjadi penyebab penyakit arteri koroner.

Kesehatan mata

Seperti halnya wortel, brokoli juga bermanfaat untuk kesehatan mata karena kandungan lutein yang dimilikinya. Brokoli juga mengandung antioksidan yang disebut zeaxanthin yang dapat membantu melindungi dari degenerasi makula penyebab katarak dan kerusakan lensa mata.

Melancarkan pencernaan

Kandungan serat tinggi dalam brokoli sangat baik untuk membantu melancarkan pencernaan tubuh. Dalam setiap 10 kalori, brokoli mengandung 1 gram serat. Hal ini dapat membantu menjaga kadar bakteri sehat dalam usus.

Anti-inflamasi

Brokoli memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat memperlambat kerusakan sendi yang berhubungan dengan osteoarthritis. Kandungan sulforaphane dalam brokoli dapat membantu orang yang menderita arthritis untuk menghentikan kerusakan sendi akibat peradangan.

Secara umum, brokoli aman untuk dikonsumsi karena efek samping yang ditimbulkannya tidak serius. Efek samping yang paling umum karena mengkonsumsi brokoli adalah timbulnya gas dalam perut akibat kandungan serat. Semua sayuran yang mengandung serat dapat menimbulkan gas perut. Tidak perlu was-was untuk mengkonsumsinya, karena manfaat brokoli lebih besar daripada efek samping yang ditimbulkannya.

Demikian beberapa kandungan nutrisi dan manfaat brokoli ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: