16 Khasiat dan Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Kulit, dan Rambut

Manfaat daun salam – Sebagai daun aromatik yang biasa digunakan dalam masakan, banyak sekali khasiat daun salam. Manfaat daun salam diantaranya adalah untuk menjaga kesehatan, kulit, dan rambut. Daun ini memiliki rasa pedas yang tajam dan sedikit pahit. Daun salam dapat digunakan dalam bentuk segar, kering ataupun dalam bentuk bubuk. Ekstrak daun salam juga bermanfaat untuk mencegah macam penyakit.

Karena rasanya yang pahit, daun salam tidak dapat dimakan langsung, tapi hanya digunakan untuk memberi rasa pada masakan. Khasiat dan manfaat daun salam secara luas telah digunakan dibeberapa negara. Kandungan Myrcene, yang merupakan komponen minyak esensial dari diekstrak daun salam, biasa digunakan untuk wewangian dan bahan dasar pembuatan parfum.

Berbagai macam khasiat dari daun salam selalu dikaitkan dengan kandungan senyawa yang dimilikinya. Daun salam banyak mengandung vitamin, tembaga, kalium, kalsium, magnesium, seng, besi, selenium dan mangan. Daun salam juga mengandung fitokimia penting dan minyak atsiri. Terlepas dari kegunaan utamanya sebagai bumbu masakan, daun salam juga memiliki sifat obat yang dikenal sebagai anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-inflamasi.

Manfaat daun salam untuk kesehatan

Daun salam terkenal mengandung berbagai senyawa, seperti vitamin dan mineral yang memberikan berbagai berkhasiat untuk tubuh. Daun salam telah dimanfaatkan sejak lama sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berikut beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan.

1. Mengobati diabetes

Pertama, manfaat daun salam untuk mengobati diabetes. Daun salam dapat mengurangi kadar glukosa darah, kolesterol dan trigliserida sehingga bisa digunakan untuk mengobati penyakit diabetes. Untuk hasil yang maksimal, buatlah bubuk dari daun salam lalu dikonsumsi selama 30 hari secara rutin dan teratur. Hal ini akan menurunkan kadar gula dalam tubuh serta dapat memperbaiki fungsi jantung. Sifat antioksidan yang dimiliki daun salam memungkinkan tubuh untuk memproses insulin menjadi lebih efisien, yang membuat daun salam menjadi pilihan terbaik untuk penderita diabetes dan orang dengan resistensi insulin.

2. Memperbaiki pencernaan

Selanjutnya khasiat daun salam untuk memperbaiki pencernaan. Daun salam juga dapat digunakan untuk melancarkan dan mengobati gangguan pencernaan seperti mulas dan perut kembung. Ramuan daun salam dan air panas dapat meringankan gangguan pencernaan seperti sembelit, refluks asam dan memperlancar proses buang air besar. Daun salam juga mengandung enzim yang dapat memecah protein, sehingga sangat baik untuk orang yang sedang diet non-vegetarian. Untuk mengatasi gangguan pencernaan dan kembung, rebus 5 gram daun salam dan jahe secukupnya ke dalam 200 mil air. Lalu tambahkan madu dan minum ramuan tersebut dua kali sehari. Ramuan ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan nafsu makan untuk orang yang baru sembuh dari sakit.

3. Mencegah penyakit kardiovaskular

Kandungan Fitonutrien yang dimiliki daun salam dapat mencegah penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. Kandungan senyawa seperti rutin, salisilat, dan asam caffeic daun salam dapat meningkatkan kesehatan dan fungsi jantung. Untuk penyakit jantung dan kecemasan, rebus 3 gram daun salam dalam 300 ml air, biarkan hingga air tersisa setengahnya. Lalu saring dan minum ramuan tersebut secara rutin dan teratur.

Khasiat dan Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Kulit, dan Rambut

4. Mengobati demam dan Infeksi

Daun salam juga berkhasiat untuk mengurangi demam, gejala pilek, flu dan infeksi. Untuk mengatasi masalah pernapasan, rebus 3 lembar daun salam hingga mendidih, biarkan air menguap selama 10 menit. Lalu rendam kain ke dalam rebus dan letakkan di dada untuk meringankan flu, pilek dan batuk. Ramuan daun salam juga efektif untuk mengurangi demam. Untuk mengatasi masalah bersin-bersin, rebus daun salam dalam 200 ml air, biarkan hingga air berkurang hingga setengahnya. Lalu saring dan minum ramuan tersebut secara rutin dan teratur.

5. Meredakan sakit dan nyeri sendi

Minyak yang diekstrak dari daun salam memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit akibat keseleo, strain, arthritis, dan rematik. Minyak daun salam juga dapat membantu meringankan migrain dan sakit kepala. Untuk mengatasi nyeri sendi, gunakan daun salam dan daun jarak untuk membalut sendi yang terasa sakit, hal ini akan mengurangi pembengkakan yang terjadi. Untuk sakit kepala, rebus beberapa lembar daun salam di dalam air selama beberapa menit. Lalu saring dan minum ramuan tersebut dalam keadaan hangat.

6. Sifat anti-kanker

Daun salam juga bermanfaat sebagai anti kanker. Kandungan asam caffeic, quercetin, euganol dan catechin daun salam dapat memberikan perlawanan terhadap berbagai jenis kanker. Daun salam juga mengandung phytonutrient yang disebut parthenolide, yang telah terbukti dapat menahan perkembangan sel kanker serviks.

7. Merangsang kehamilan

Daun salam yang banyak mengandung asam folat sangat bermanfaat untuk ibu hamil selama periode periconception (3 bulan sebelum dan sesudah kehamilan). Asam folat dapat digunakan untuk mencegah terjadinya cacat lahir pada anak. Daun salam juga dapat merangsang kehamilan bagi ibu maupun calon ibu yang mengalami kesulitan hamil.

8. Mengatasi masalah menstruasi

Daun salam jika dikonsumsi secara teratur dapat melancarkan menstruasi yang tidak teratur. Daun salam juga berkhasiat untuk menyembuhkan keputihan.

9. Mengatasi insomnia

Mengkonsumsi daun salam beberapa saat sebelum tidur dapat membantu mengatasi insomnia atau susah tidur. Untuk tujuan ini caranya cukup mudah, cukup tambahkan beberapa tetes ekstrak daun salam ke dalam air minum.

10. Mengobati mimisan

Cara mengobati mimisan dengan daun salam adalah dengan menghancurkan 2 sampai 3 lembar daun salam segar, lalu rebus ke dalam 200 ml air sampai air tersisa setengahnya. Saring dan minum ramuan tersebut secara rutin dan teratur untuk mengobati mimisan.

11. Memutihkan gigi

Selain itu, daun salam juga berkhasiat untuk memutihkan gigi secara alami. Gunakan bubuk daun salam untuk menggosok gigi. lakukan hal ini setidaknya sekali dalam 3 hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

12. Mengatasi masalah ginjal

Daun salam juga dapat digunakan untuk membantu mengobati infeksi ginjal dan batu ginjal. Menggunakan daun salam untuk mengobati masalah ginjal, caranya adalah dengan mendidihkan 5 gram daun salam dalam 200 ml air. Saring dan minum dua kali sehari ramuan tersebut untuk menghentikan pembentukan batu ginjal.

Manfaat daun salam untuk kulit

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dimiliki daun salam juga sangat berkhasiat untuk kulit. Daun salam telah digunakan sejak lama untuk berbagai pengobatan herbal terhadap kulit. Berikut beberapa manfaat daun salam untuk kulit.

13. Menghilangkan keriput

Daun salam dapat digunakan untuk membantu mengatasi kerusakan kulit, seperti terjadinya keriput dan penyakit kulit. Untuk perawatan kulit dengan daun salam, caranya adalah dengan mendidihkan 5 lembar daun salam kering ke dalam 2 gelas air dalam keadaan tertutup. Kemudian buka penutupnya dan biarkan mendidih selama sekitar 2 menit. Tuangkan ramuan tersebut ke dalam mangkuk besar dan gunakan uapnya untuk menyegarkan kulit muka.

14. Mencegah infeksi

Daun salam memiliki sifat penyembuhan yang sangat baik. Hal ini sering digunakan untuk mengobati gigitan ular, sengatan serangga dan menghilangkan luka dan memar. Sedangkan sifat antijamur dan anti-bakteri yang dimiliki minyak daun salam berkhasiat untuk mencegah infeksi kulit. Cukup mengoleskan minyak daun salam untuk menyembuhkan luka, memar atau gigitan serangga.

Manfaat daun salam untuk rambut

Kandungan gizi dan nutrisi yang dimiliki daun salam juga sangat berkhasiat untuk kesehatan rambut. Berikut beberapa manfaat daun salam untuk rambut.

15. Menghilangkan ketombe dan rambut rontok

Keramas dengan ekstrak daun salam berkhasiat menghilangkan ketombe. Daun salam juga mengandung nutrisi yang dapat mengurangi rambut rontok. Minyak daun salam merupakan tonik rambut yang efektif menghilangkan ketombe dan mengatasi rambut rontok.

16. Menghilangkan kutu

Daun salam juga bermanfaat untuk menghilangkan kutu. Untuk menghilangkan kutu cukup rebus sekitar 50 gram daun salam ke dalam 400 ml air sampai tersisa 100 ml saja. Lalu saring dan gunakan secara merata pada akar rambut. Biarkan selama 3 sampai 4 jam dan bersihkan dengan menggunakan air bersih. Hal ini akan dapat mnghilangkan kutu kepala secara efektif.

Demikian beberapa khasiat dan manfaat daun salam ini, semoga bisa menambah pengetahuan dan berguna serta bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: