Khasiat Jeruk Nipis untuk Menurunkan Berat Badan

Khasiat jeruk nipis – Jeruk nipis merupakan salah satu jenis jeruk yang biasanya digunakan untuk mengurangi atau menghilangkan bau amis pada masakan. Jeruk nipis mengandung rendah lemak dan berbagai nutrisi penting untuk tubuh. Meskipun khasiat jeruk nipis tidak terkait langsung dengan penurunan berat badan, namun dengan menambahkannya pada makanan berkalori tinggi, jeruk nipis dapat mengurangi asupan kalori yang membuat penurunan berat badan lebih efektif.

Jeruk nipis merupakan bahan alami yang sangat bermanfaat, bukan saja dapat menurunkan berat badan, khasiat jeruk nipis untuk wajah dan kecantikan wanita pun sudah sejak lama diakui dan digunakan dalam berbagai jenis produk perawatan.

Untuk mengetahui peran dan khasiat jeruk nipis dalam menurunkan berat badan, berikut beberapa alasan yang dapat dijelaskan mengapa jeruk nipis dapat dimanfaatkan untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Mengandung rendah kalori dan lemak

Kandungan jeruk nipis yang rendah kalori sudah digunakan sejak lama untuk menurunkan berat badan. Dalam 1/2 ons jeruk nipis hanya mengandung 3 kalori dan kurang dari 1/4 gram lemak. Mengganti bahan atau bumbu masakan yang berkalori tinggi dengan jeruk nipis, dapat mengurangi jumlah asupan kalori dan menurunkan berat badan dari waktu ke waktu.

Khasiat Jeruk Nipis untuk Menurunkan Berat Badan

Sumber vitamin C yang baik

Jeruk nipis merupakan sumber alami vitamin C yang baik untuk tubuh. Menurut sebuah penelitian, orang dengan konsumsi vitamin C yang rendah, maka jumlah lemak yang terbakar ketika melakukan olahraga juga akan lebih rendah. Anjuran untuk wanita dalam mengkonsumsi vitamin C adalah sebanyak 75-120 mg, sedangkan untuk laki-laki sebanyak 90 mg per hari.

Jeruk nipis dapat menutupi kebutuhan vitamin C tubuh sebanyak 5-8 persen dari asupan yang direkomendasikan tersebut. Dengan cukup menkonsumsi vitamin C, maka jumlah lemak yang terbakar ketika melakukan olahraga pun semakin banyak yang membuat jeruk nipis bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Mengurangi konsumsi gula tambahan

Manfaat jeruk nipis yang lainnya adalah untuk mengurangi konsumsi gula tambahan yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Misalnya, mengganti satu sendok gula tambahan dalam jus dengan jeruk nipis akan mengurangi asupan kalori. Jeruk nipis juga dapat memberikan rasa yang lebih segar dengan menambahkannya dalam minuman tertentu. Mengganti gula tambahan dalam minuman seperti soda dengan jeruk nipis bisa membantu menurunkan berat badan.

Manfaat jeruk nipis untuk masakan

Mengganti makanan yang tinggi kalori dengan jeruk nipis bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Atau dapat juga dengan menambahkan jeruk nipis untuk bumbu pada makanan yang mengandung lemak dan berkalori tinggi untuk mengurangi jumlah kalorinya.

Dalam dunia kuliner, selain digunakan sebagai bumbu, khasiat jeruk nipis juga dapat digunakan untuk melunakkan daging. Hanya dengan menambahkan beberapa tetes jeruk nipis segar pada masakan daging atau ikan dapat memperkaya rasa dengan tetap mengandung kalori yang rendah.

Demikian beberapa khasiat jeruk nipis untuk menurunkan berat badan ini, semoga dapat bermanfaat dan berguna untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: