Khasiat Kulit Manggis dan Cara Mengolahnya Menjadi Obat

Khasiat kulit manggis – Buah manggis secara ilmiah dikenal dengan nama Garcinia Mangostana, merupakan tumbuhan tropis yang berasal dari Asia Tenggara seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Buah manggis juga dapat ditemukan di sebagian daerah Afrika. Buah berwarna ungu ini memiliki tampilan dan rasa yang unik, sehingga sering disebut sebagai ratu buah tropis.

Buah manggis memiliki tiga bagian utama, yaitu kulit, daging buah, dan biji. Kulit manggis yang berwarna ungu merupakan bagian terluar, dan memiliki tekstur yang keras. Daging buahnya berwarna putih, beraroma lembut dan rasanya sangat manis. Sedangkan biji buah manggis berwarna hitam dan tidak bisa dimakan karena rasanya sangat pahit. Dari ketiga bagian tersebut, siapa sangka jika manfaat dan khasiat buah manggis yang paling penting justru berada pada bagian kulitnya.

Nilai Gizi Buah Manggis

Buah manggis sangat bermanfaat untuk kesehatan karena memiliki nilai gizi yang tinggi. Selain memiliki rasa yang lezat, buah manggis adalah buah yang kaya serat dan karbohidrat. Ia juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, zat besi, kalsium dan potasium yang tinggi. Buah ini juga mengandung vitamin B Kompleks seperti Thiamin, Niacin, dan Folat yang dapat membantu tubuh dalam proses metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Kandungan utama dari buah manggis adalah senyawa Xanthones yang berfungsi sebagai anti-inflamasi dan anti-alergi.

Khasiat Kulit Manggis Kesehatan

Buah manggis sejak lama telah menjadi obat tradisional di beberapa negara Asia. Khasiat buah manggis untuk kesehatan yang dikenal sejak abad ke-18 itu telah terbukti manfaatnya, bukan hanya sekedar mitos. Manggis adalah sumber nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan serta mencukupi asupan gizi yang diperlukan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat kulit buah manggis untuk kesehatan.

Khasiat Kulit Manggis dan Cara Mengolahnya Menjadi Obat

Antioksidan

Penelitian telah mengungkapkan bahwa kulit manggis mengandung senyawa Polifenol alami yang dikenal dengan Xanthones. Xanthones telah terbukti memiliki manfaat sebagai anti-inflamasi. Xanthone merupakan obat yang efektif untuk penyakit kardiovaskular. Antioksidan ini memiliki sifat penyembuhan yang dapat memperbaiki sel rusak karena radikal bebas, memperlambat penuaan dini dan mencegah penyakit degeneratif.

Rendah Kalori

Kulit manggis sangat rendah kalori (hanya 63 kalori per 100 g) dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Meskipun demikian, manggis kaya akan serat makanan (dalam 100 g mengandung sekitar 13% dari RDA), yang dapat membantu menjaga berat badan agar tetap ideal.

Vitamin C

Kulit manggis juga mengandung vitamin C (sekitar 12% RDA per 100g). Vitamin C bermanfaat untuk mencegah flu, infeksi dan radikal bebas. Oleh karena itu mengkonsumsi kulit manggis dapat meningkatkan ketahanan tubuh terhadap penyakit. Buah manggis juga mengandung Folat yang dibutuhkan untuk pembentukan sel-sel baru dalam tubuh.

Aliran darah

Kulit manggis juga berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia. Hal ini akan meningkatkan aliran darah yang akan membantu melindungi kita dari penyakit tertentu seperti aterosklerosis, kolesterol tinggi, gangguan jantung dan nyeri pada dada. Dengan meningkatnya jumlah aliran darah ke mata, dapat membantu mencegah terjadinya katarak.

Mengurangi Kolesterol

Kulit manggis juga berkhasiat untuk mengurangi tingkat kolesterol yang tinggi dalam tubuh. Kulit manggis juga akan membantu mengontrol trigliserida yang akan dapat meningkatkan kinerja hati dan organ lain dalam tubuh.

Tuberculosis

Sifat antibakteri dan antijamur yang dimiliki kulit manggis sangat efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sifat antibakteri yang dimiliki buah manggis dapat menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya dan sangat baik untuk dikonsumsi oleh pasien menderita TBC.

Kanker

Antioksidan yang ditemukan dalam kulit manggis berkhasiat untuk mencegah kanker dan penyakit kardiovaskular. Antioksidan kulit manggis juga sagat efektif untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan stres.

Tekanan Darah

Kulit manggis juga mengandung mineral seperti tembaga, mangan dan magnesium yang tinggi. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang berguna untuk mencegah stroke, penyakit jantung koroner, mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Anti-inflamasi

Manggis mengandung sifat anti-inflamasi yang sangat bermanfaat untuk penderita sakit pinggang yang tidak dapat dikendalikan oleh terapi obat. Mengkonsumsi kulit manggis dua sampai tiga kali sehari akan membantu menghilangkan rasa sakit tersebut.

Alzheimer

Manfaat kulit manggis untuk kesehatan lainnya adalah sebagai obat penyakit Alzheimer. Penyakit Alzheimer adalah penyakit yang memiliki gejala seperti kebingungan dan kesulitan dalam mengingat suatu keadaan atau peristiwa tertentu.

Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi manggis merupakan salah satu cara yang banyak digunakan untuk menurunkan berat badan secara alami. Kandungan Xanthone dalam kulit manggis dapat membantu mencegah kenaikan berat badan, dengan membakar lemak.

Penyakit Gusi

Kulit manggis juga dapat secara efektif untuk menyembuhkan penyakit gusi yang dikenal dengan Periodontitis. Ekstrak kulit manggis membantu untuk menyembuhkan masalah gusi yang menjadi penyebab sakit gigi.

Menstruasi

Manggis dapat berguna untuk mengurangi gejala pramenstruasi seperti pusing, perubahan suasana hati, hipertensi, dan lain-lain. Rebusan akar manggis sangat efektif untuk melancarkan haid secara alami.

Meningkatkan energi

Buah ini juga dapat membantu memberikan dorongan energi untuk aktivitas seharti-hari. Nutrisi yang terkandung dalam buah manggis akan membuat tubuh terlihat lebih segar.

Khasiat Kulit Manggis untuk Kulit

Jerawat

Kulit manggis memiliki sifat antibakteri alami dan senyawa antimikroba, yang sangat efektif untuk mengobati berbagai masalah kulit. Jerawat, flek hitam, kulit berminyak dan kulit kering dapat cegah dengan mengkonsumsi buah manggis secara rutin dan teratur

Anti Penuaan

Penuaan dini dapat disebabkan oleh adanya radikal bebas. Kulit manggis yang mengandung senyawa Catechin dapat membantu menangkal radikal bebas tersebut. Oleh karena itu, mengkonsumsi kulit manggis secara rutin dan teratur akan membuat kulit tampak lebih awet muda.

Perbaikan sel

Senyawa Xanthone yang terdapat pada kulit manggis dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit, memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh dan membantu dalam pembentukan sel-sel baru.

Infeksi virus

Xanthone yang terkandung dalam kulit manggis memiliki kemampuan alami untuk mencegah jamur dan infeksi akibat virus. Xanthone juga dapat bahkan membantu menghilangkan Karsinogen tertentu yang dapat menyebabkan gangguan pada kulit.

Khasiat Lain Kulit Manggis

Hampir semua bagian dari tanaman buah manggis memiliki kandungan yang berkhasiat untuk menjaga dan mengobati berbagai macam penyakit. Berikut beberapa manfaat lain buah manggis untuk kesehatan.
  • Bubuk kering kulit manggis dapat digunakan untuk mengobati penyakit disentri 
  • Pasta kulit manggis dapat digunakan untuk mengobati eksim dan beberapa gangguan kulit lainnya 
  • Ramuan yang terbuat dari kulit manggis berguna untuk mengobati diare 
  • Rebusan akar manggis dapat digunakan untuk melancarkan siklus menstruasi 
  • Rebusan daun dan kulit kayu manggis dapat digunakan untuk menurunkan suhu tubuh dan mengobati sariawan 
  • Jus kulit manggis dapat membuat kulit terasa lebih kencang

Beberapa tips penting tentang buah manggis

  • Wanita hamil disarankan tidak mengkonsumsi buah manggis karena bisa berbahaya bagi janin 
  • Untuk mencuci buah manggis gunakan air yang mengalir 
  • Kerusakan pada kulit manggis dapat menyebabkan seluruh bagian buah menjadi pahit 
  • Selalu membeli buah manggis yang segar, terasa berat dan memiliki kulit berwarna ungu cerah 
  • Buah manggis matang harus ditempatkan di tempat yang dingin dan kering

Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Obat

Kulit manggis berkhasiat untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit. Selain berkhasiat untuk kesehatan, kandungan yang dimiliki kulit manggis juga berkhasiat untuk kecantikan dan perawatan kulit. Berikut beberapa cara mengolah kulit manggis menjadi obat untuk perawatan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Dibuat jus

Cara pertama untuk mengolah kulit manggis agar lebih mudah dikonsumsi adalah dengan membuatnya menjadi jus. Cara membuat jus kulit manggis adalah sebagai berikut.
  • Potong kulit manggis menjadi beberapa bagian, lalu masukkan dalam blender 
  • Tambahkan dengan satu gelas air dan gula sebagai pemanis 
  • Blender sampai halus 
  • Minum 2 kali sehari secara rutin dan teratur.

Direbus

Kulit manggis juga dapat diolah dengan cara direbus untuk mendapatkan manfaat dan khasiatnya untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Caranya adalah sebagai berikut.
  • Iris kulit buah manggis tipis-tipis 
  • Jemur diterik matahari hingga kering agar lebih awet dan tahan terhadap jamur 
  • Ambil satu genggam kulit buah manggis yang sudah kering 
  • Rebus dengan segelas air, tunggu beberapa saat hingga kulit manggis menjadi layu 
  • Gunakan rebusan kulit manggis tersebut untuk membuat jus dan campur dengan buah lainnya.

Ditumbuk

Kulit manggis juga dapat diolah menjadi serbuk yang dapat digunakan kapan saja untuk menjaga dan mengobati berbagai jenis penyakit. Caranya adalah sebagai berikut.
  • Keringkan kulit buah manggis 
  • Lalu tumbuk menjadi serbuk yang halus 
  • Gunakan serbuk kulit manggis untuk dicampurkan dengan jus atau diseduh dengan air yang panas, jangan lupa tambahkan gula agar rasanya tidak pahit.

Dibuat ramuan

Kulit manggis juga dapat dibuat ramuan yang sangat berkhasiat untuk menghilangkan dan mencegah sariawan. Cara membuat ramuan kulit manggis adalah sebagai berikut.
  • Ambillah kulit manggis, lalu cuci hingga bersih 
  • Potong menjadi beberapa bagian yang lebih kecil 
  • Direbus dalam 3 gelas air sampai berkurang setengahnya 
  • Setelah dingin, saring ramuan tersebut dan gunakan untuk obat kumur.
Demikian beberapa khasiat kulit manggis dan bagaimana cara mengolahnya menjadi obat, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: