Manfaat Tomat yang Menakjubkan untuk Wajah dan Kulit

Manfaat tomatManfaat tomat untuk kecantikan wajah dan kulit sudah dikenal sejak lama. Kandungan Lycopene yang dimiliki tomat sangat bermanfaat untuk perawatan dan kesehatan kulit. Dengan mengkonsumsi secara langsung atau menambahkannya ke dalam masakan akan memperoleh banyak sekali manfaat tomat untuk wajah dan kulit.

Tomat dapat membantu kulit mengambil oksigen lebih banyak yang akan berguna untuk menghilangkan keriput dan mencegah tanda-tanda penuaan dini. Tomat juga dapat membantu mencerahkan dan melindungi kulit dari bahaya ultra violet sinar matahari, menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit tampak lebih bercahaya. Saat ini banyak produk kecantikan yang telah dibuat dengan memanfaatkan kandungan alami tomat ini.

Tomat mengandung vitamin C, vitamin A dan antioksidan yang dapat digunakan untuk perawatan kulit. Tomat juga dapat digunakan untuk menyembuhkan jerawat, mengecilkan pori-pori, dan membersihkan kulit. Potongan tomat bisa digunakan sebagai scrub untuk mengatasi masalah pengelupasan kulit wajah. Dan masih banyak lagi manfaat tomat untuk perawatan dan menjaga kesehatan kulit. Berikut beberapa manfaat tomat untuk kesehatan kulit dan wajah.

Mengecilkan pori-pori

Manfaat tomat untuk perawatan kulit semakin populer dalam beberapa tahun terakhir ini. Tomat dikenal sangat efektif untuk mengecilkan pori-pori kulit yang terbuka. Buatlah jus tomat dengan campuran sedikit air, gunakan campuran tersebut untuk memijat wajah, dan biarkan kurang lebih selama 15 menit, lalu bersihkan dengan menggunakan air bersih.

Manfaat Tomat yang Menakjubkan untuk Wajah dan Kulit

Membuat kulit bercahaya

Tomat juga bermanfaat untuk merawat kulit agar lebih sehat. Caranya adalah dengan mengambil tomat, lalu belah menjadi dua bagian. Gosokkan pada wajah selama beberapa menit, kemudian cuci dengan menggunakan air bersih untuk membuat kulit tampak lebih bercahaya

Mengobati penyakit kulit

Kandungan biji tomat sangat baik digunakan untuk mengatasi dan menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit seperti eksim, psoriasis, kulit kering dan rusak akibat debu, kotoran, maupun suhu yang ekstrim. Oleskan minyak dari biji tomat pada kulit sebelum tidur dan cuci dengan air dingin pada pagi harinya. Minyak biji tomat juga bisa dicampur dengan krim dan lotion untuk menjaga kelembutan kulit.

Mencegah tanda-tanda penuaan dini

Manfaat tomat selanjutnya adalah untuk mencegah penuaan dini. Lycopene yang terkandung dalam tomat membantu kulit menyerap lebih banyak oksigen dan melindungi kulit dari radikal bebas. Hal ini dapat mencegah timbulnya keriput dan garis-garis halus pada kulit, serta menjaga kelembaban kulit.

Melindungi kulit dari sinar ultra violet

Tomat mengandung antioksidan yang disebut dengan Lycopene. Lycopene dalam tomat bermanfaat untuk melindungi kulit dari bahaya ultra violet sinar matahari, membantu mencerahkan kulit, dan membuat kulit lebih kencang dan tampil lebih cantik.

Memutihkan kulit wajah

Kandungan Astringent yang dimiliki tomat bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah. Masker dari campuran tomat dan alpukat dapat membantu membersihkan dan memutihkan wajah dengan efektif. Gunakan masker tersebut setiap malam sebelum tidur, lalu cuci dengan menggunakan air bersih pada pagi harinya.

Meskipun tampak sederhana dan mudah didapat, ternyata manfaat tomat bagi wajah dan kulit tidak semurah harga dan penampilannya. Begitu banyak manfaat tomat yang akan membuat kulit lebih sehat dan tampak awet muda.

Demikian beberapa manfaat tomat untuk wajah dan kulit ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: