Memahami Beberapa Tanda dan Gejala Ambeien atau Wasir

Penyakit ambeien atau wasir adalah penyebab paling umum dari beberapa keluhan yang biasa terjadi pada anus. Jenis-jenis keluhan pada anus adalah perdarahan, timbulnya rasa gatal, nyeri, dan terjadinya pembengkakan atau benjolan. Dari semua jenis keluhan terhadap anus tersebut juga merupakan tanda atau gejala penyakit ambeien.

Yang perlu diingat bahwa terjadinya pendarahan pada anus atau adanya darah dalam tinja adalah sesuatu yang tidak normal. Hal tersebut dapat disebabkan oleh wasir atau ambeien yang relatif tidak berbahaya, tetapi juga dapat disebabkan oleh penyakit yang lebih serius, bahkan dapat mengancam jiwa seperti adanya perdarahan dari ulkus, divertikulitis, penyakit radang usus, maupun tumor.

Jika hal tersebut terjadi, lebih baik segera menghubungi dokter atau tenaga medis untuk mengetahui penyebab pasti terjadinya perdarahan pada anus tersebut, untuk menjaga kemungkinan terburuk dari penyakit yang berbahaya seperti radang usus maupun tumor. Apalagi bagi orang yang sedang mengkonsumsi obat pengencer darah.

Memahami Beberapa Tanda dan Gejala Ambeien atau Wasir

Wasir eksternal

Gejala wasir eksternal yang paling sering adalah rasa nyeri di daerah anus atau rektum. Wasir eksternal dapat menimbulkan gumpalan darah di bawah kulit yang mengakibatkan benjolan yang disebut dengan thrombosed. Gejala ambeien jenis ini yang paling nyata adalah adanya darah dalam tinja pada saat proses buang air besar.

Wasir internal

Wasir internal terletak di dalam rektum, biasanya tidak menimbulkan rasa sakit bahkan penderita tidak menyadari jika telah menderita ambeien. Wasir internal biasanya menyebabkan rasa ketidaknyamanan. Gejala wasir internal yang lain diantaranya adalah:
  • Gatal. Ini adalah keluhan yang paling umum terjadi, karena wasir internal sering mengeluarkan lendir yang dapat menyebabkan gatal 
  • Iritasi kulit. Lendir yang diakibatkan oleh benjolan wasir internal juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit 
  • Ketidaknyamanan. Perasaan tidak nyaman ini disebabkan karena adanya benjolan di bagian anus. Secara umum, semakin besar ambeien, semakin besar ketidaknyamanan yang dirasakan 
  • Nyeri. Kebanyakan wasir internal memang tidak menyakitkan. Tapi jika benjolan semakin besar maka dapat menyebabkan sakit ketika kontraksi otot-otot anus berlangsung. Sakit yang terlalu parah harus segera mendapatkan perawatan medis, salah satunya adalah dengan membuang benjolan tersebut melalui operasi.

Tanda dan gejala ambeien lainnya

  • Perdarahan tanpa rasa sakit saat buang air besar 
  • Gatal atau iritasi di sekitar anus 
  • Rasa sakit atau ketidaknyamanan 
  • Pembengkakan di sekitar anus 
  • Benjolan di dekat anus, yang mungkin sensitif dan menyakitkan
Penyakit ambeien memang tidak berbahaya, tetapi mengetahui gejala dan tanda ambeien penting karena beberapa penyakit berbahaya seperti radang usus dan tumor juga memiliki gejala yang hampir sama dengan gejala ambeien. Jika memiliki gejala ambeien atau mirip dengan tanda-tanda penyakit ambeien lebih baik memeriksakan pada dokter atau tenaga medis untuk memastikan dan memperoleh perawatan sejak dini.

Demikian tanda dan gejala ambeien ini, semoga bermanfaat dan berguna untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: