5 Cara Alami Menghilangkan Jerawat Batu dengan Cepat

Cara menghilangkan jerawat batu – Jerawat batu bisa sangat mengganggu penampilan dan lebih sulit disembuhkan dengan cara menyembuhkan jerawat yang biasa. Jerawat batu merupakan salah satu jenis jerawat yang berpotensi menimbulkan bekas jerawat. Selain ukurannya yang besar, warnanya yang mencolok membuat jerawat batu lebih terlihat. Jerawat batu juga terlihat lebih hitam dan kasar dibandingkan dengan jenis jerawat lainnya.

Jerawat batu biasanya akan disertai dengan pembengkakan (inflamasi) yang terasa jauh lebih sakit, dan dapat menimbulkan bekas luka di kulit wajah. Perlu diketahui bahwa setiap orang bisa terkena jerawat batu, laki-laki maupun perempuan semua sama. Oleh karena itu, perlu dipahami penyebab dan cara mencegah jerawat batu serta bagaimana tips untuk menghilangkannya.

Jika sudah terlanjur memiliki jerawat batu, jangan menggunakan obat atau cara yang sembarangan untuk menghilangkannya. Cara mengobati jerawat batu yang salah justru akan menyebabkan peradangan dan meningkatkan resiko terjadinya bekas jerawat.

Penyebab jerawat batu

Meskipun penyebab jerawat batu tidak diketahui secara pasti, namun secara umum jerawat batu dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti faktor keturunan, ketidakseimbangan hormon, mengkonsumsi obat-obatan, stres, dan diet. Penyebab lain jerawat batu adalah penggunaan kosmetik berminyak atau berbahan dasar minyak yang dapat menyebabkan tertutupnya pori-pori oleh polusi dan debu.

Menghilangkan jerawat batu

Menghilangkan jerawat sebenarnya dapat digunakan obat penghilang jerawat yang banyak dijual di pasaran, tetapi harus lebih berhati-hati dalam memilihnya karena dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya. Ada cara menghilangkan jerawat yang lebih efektif, yaitu menggunakan bahan alami. Menggunakan bahan alami untuk menghilangkan jerawat batu juga lebih mudah dan aman karena tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya.

Berikut adalah cara cepat menghilangkan jerawat batu menggunakan bahan alami.

5 Cara Alami Menghilangkan Jerawat Batu dengan Cepat

Menghilangkan jerawat batu dengan baking soda

Baking soda diketahui dapat digunakan untuk melindungi dan mencegah jerawat batu serta menyembuhkan. Campurkan setengah sendok teh baking soda ke dalam air dan garam laut secukupnya, untuk membuat pasta. Terapkan pada daerah yang terkena jerawat batu, biarkan selama sekitar 15 menit, lalu bilas dengan menggunakan air dingin. Hal ini juga akan membantu mengontrol minyak dan mencegah timbulnya jerawat berlebih.

Menghilangkan jerawat batu dengan kentang

Kandungan alkali yang dimiliki kentang sering digunakan untuk membantu memecah minyak yang dapat menyumbat pori-pori akibat polusi dan debu. Kentang juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan dan mengobati jerawat batu dengan cepat. Caranya adalah dengan memotong kentang mentah menjadi dua bagian, lalu menggosokkan potongan kentang tersebut pada daerah yang terkena jerawat. Biarkan selama sekitar 30 menit, lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

Menghilangkan jerawat batu dengan putih telur

Putih telur diyakini sangat efektif sebagai solusi alami mengatasi jerawat batu. Campurkan putih telur dengan beberapa tetes madu untuk menghilangkan dan mengurangi jerawat, serta dapat juga digunakan untuk mengurangi dampak peradangan akibat jerawat batu.

Menghilangkan jerawat batu dengan madu dan kunyit

Oleskan campuran madu, kunyit dan beberapa tetes air jeruk nipis pada daerah yang berjerawat untuk menghilangkan jerawat batu secara alami. Cara ini juga dapat digunakan untuk membantu mengurangi peradangan dan menenangkan kulit. Campuran madu dan kunyit adalah obat jerawat tradisional yang sangat ampuh digunakan untuk menghilangkan jerawat, termasuk jerawat batu.

Menghilangkan jerawat batu dengan aspirin

Kombinasi aspirin dan madu juga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan jerawat batu yang efektif dan cepat. Hancurkan 2 atau 3 tablet aspirin, lalu campurkan dengan satu sendok makan madu untuk membuat pasta. Oleskan pada daerah yang berjerawat, biarkan selama sekitar 20 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

Jerawat batu harus disembuhkan secepat mungkin untuk menghindari terjadinya masalah kulit dan infeksi yang lebih serius. Jika memiliki jerawat batu dan ingin menyembuhkannya dengan menggunakan produk perawatan kulit, disarankan untuk memilih produk perawatan kulit yang bebas minyak untuk mencegah tertutupnya pori-pori wajah.

Demikian cara menghilangkan jerawat batu secara alami dan cepat ini, mudah-mudahan berguna dan dapat bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: