6 Obat Panu Tradisional Paling Ampuh Mengobati Panu

Obat panu – Panu adalah gangguan pada kulit, yang ditandai dengan munculnya bercak putih di permukaan kulit. Panu secara umum disebabkan oleh infeksi jamur, yang banyak ditemukan di daerah beriklim tropis yang hangat dan lembab. Gejala infeksi panu selain munculnya bercak putih adalah rasa gatal dan cenderung berubah warna menjadi kemerahan jika terkena paparan sinar matahari dan panas. Sebagian besar panu ditemukan dan muncul di lengan, punggung, leher, dan dada dalam bentuk bercak putih seperti pigmentasi.

Panu dapat kambuh dan muncul kembali walaupun sudah diobati dan dinyatakan telah benar-benar hilang. Selain dapat diobati dengan produk anti jamur, ada beberapa bahan alami yang ampuh digunakan untuk mengobati panu secara alami. Berikut adalah beberapa obat panu tradisional dan alami yang ampuh menghilangkan panu.

Yogurt

Yogurt memiliki banyak kandungan bakteri baik yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatur metabolisme dan proses pencernaan. Bakteri baik yang berada dalam tubuh ini bertanggung jawab menjaga dan mengontrol pertumbuhan jamur dari dalam tubuh. Yogurt juga dapat digunakan untuk menjaga keseimbangan pertumbuhan bakteri dan jamur dalam tubuh. Cara mengobati panu menggunakan yogurt adalah dengan mengoleskannya pada daerah yang terserang panu, lalu biarkan selama sekitar setengah jam, kemudian cuci bersih dengan menggunakan sabun dan air bersih. Lakukan secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cuka sari apel

Cuka sari apel mempunyai sifat pembersih yang sangat kuat, termasuk untuk menghilangkan jamur yang tumbuh di permukaan kulit. Tambahkan setengah mangkuk cuka sari apel ke dalam air mandi untuk menjaga kulit terhindar dari panu. Untuk mengobati panu, rendam kapas ke dalam cuka sari apel, lalu gosokkan dengan lembut pada daerah yang terkena panu. Gunakan cuka sari apel secara rutin dan teratur untuk menghilangkan panu untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

6 Obat Panu Tradisional Paling Ampuh Mengobati Panu

Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu obat panu yang efektif untuk menghilangkan panu. Mengkonsumsi 2 siung bawang putih setiap hari dapat menjaga kondisi dan kesehatan kulit. Jika digunakan secara teratur, bawang putih akan membantu menghilangkan infeksi jamur penyebab panu. Selain dikonsumsi, bawang putih juga dapat dioleskan secara langsung pada kulit yang terinfeksi, biarkan selama kurang lebih 30 menit lalu bersihkan dengan menggunakan air bersih.

Minyak pohon teh

Minyak pohon teh juga memiliki sifat anti jamur yang dapat digunakan untuk mengobati panu dan infeksi kulit lainnya. Jika menggunakan minyak pohon teh sebagai obat panu, disarankan tidak memakainya secara murni. Tambahkan minyak kelapa atau minyak lavender terlebih dahulu sebelum mengoleskannya pada permukaan kulit. Sifat obat yang sangat kuat pada minyak pohon teh dapat menyebabkan rasa ketidaknyamanan dan sensasi seperti terbakar.

Lidah buaya

Obat panu alami selanjutnya adalah lidah buaya. Lidah buaya juga dikenal sebagai salah satu tanaman yang memiliki manfaat obat untuk kulit. Sifat anti mikroba alami yang dimiliki lidah buaya dapat digunakan untuk melindungi tubuh dari jamur dan bakteri. Tambahkan beberapa tetes minyak lavender pada gel lidah buaya untuk memberikan aroma yang lebih menyegarkan. Gunakan secara rutin dan teratur sebanyak 2-3 kali sehari untuk hasil yang lebih efektif.

Kunyit

Kunyit adalah obat tradisional yang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk obat panu alami dan tradisional. Jika menggunakan kunyit untuk mengobati panu, akan meninggalkan warna kekuning-kuning pada kulit. Kunyit juga dapat digunakan untuk menjaga dan mengontrol perkembangan jamur dari dalam tubuh. Kunyit dapat dicampurkan ke dalam minuman, dan sangat baik jika diminum secara rutin dan teratur untuk menjaga kesehatan tubuh.

Untuk menjaga dan menghindari jamur penyebab panu, penting untuk memilih gaya hidup yang dapat menghindari dari infeksi panu. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, diantaranya adalah dengan selalu menjaga kelembaban kulit, tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat dan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan kulit.

Demikian obat panu tradisional yang ampuh mengobati panu ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan berguna untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: