7 Cara Pintar Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Cara menghilangkan bekas jerawat – Semua orang mungkin pernah merasakan dan memiliki jerawat. Jerawat merupakan masalah yang umum terjadi dan semua orang bisa mengalaminya. Walaupun demikian, menghilangkan jerawat harus dilakukan dengan cara-cara yang benar. Cara mengatasi jerawat yang sembarangan dapat meninggalkan bekas jerawat yang lebih sulit dihilangkan daripada menghilangkan jerawat itu sendiri.

Banyak orang yang salah dalam mengatasi jerawat sehingga meninggalkan noda dan bekas jerawat. Noda bekas jerawat dapat mengganggu penampilan seseorang, apalagi wanita yang selalu ingin tampil sempurna. Bekas jerawat yang sulit dihilangkan tersebut akan mendorong orang untuk menggunakan berbagai cara menghilangkan flek hitam atau bekas jerawat.

Banyak produk perawatan yang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat yang dijual di pasaran. Tetapi, produk perawatan tersebut dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya, karena kandungan bahan kimia yang dimilikinya. Jika ingin mencoba alternatif lain yang lebih aman untuk menghilangkan bekas jerawat, berikut beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat.

Lidah buaya

Cara menghilangkan bekas jerawat yang pertama adalah dengan menggunakan lidah buaya. Gel lidah buaya segar merupakan sumber vitamin yang dapat membantu menyembuhkan dan memudar bekas luka, termasuk bekas jerawat. Gel lidah buaya merupakan pelembab alami yang akan membuat kulit terlihat lebih lembut dan sehat. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya pun cukup mudah. Ambil sepotong kecil lidah buaya, kupas kulit luarnya, dan oleskan gel lidah buaya tersebut pada bekas jerawat. Diamkan kurang lebih 30 menit, lalu bersihkan dengan menggunakan air bersih.

Baking soda

Baking soda banyak sekali manfaat dan kegunaannya, termasuk untuk membantu menyembuhkan bekas jerawat dan luka. Baking soda mengandung kristal natrium bikarbonat yang dapat digunakan untuk scrub pembersihan dan menghilangkan sel kulit mati. Caranya adalah dengan membuat pasta baking soda dan air, lalu oleskan pasta tersebut pada bekas jerawat. Diamkan sekitar 5 menit, lalu bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat. Setelah itu gunakan minyak zaitun atau minyak kelapa untuk melembabkan kulit secara alami.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan salah satu pelembab alami dengan sifat penyembuhan yang sangat baik. Cara menggunakan minyak kelapa untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan mengambil minyak kelapa dengan menggunakan ujung jari, lalu oleskan pada bekas jerawat sambil dipijat secara lembut. Diamkan sekitar 30 menit lalu bersihkan dengan menggunakan air bersih. Kandungan vitamin dan asam lemak esensial minyak kelapa dapat meningkatkan kesehatan kulit dan menghilangkan bekas jerawat secara alami.

Cara Pintar Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Ketimun

Ketimun merupakan bahan alami yang sangat populer untuk perawatan wajah, termasuk untuk menghilangkan bekas jerawat. Kandungan vitamin A, vitamin C dan magnesium yang dimiliki ketimun sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Cara menggunakan mentimun untuk menyembuhkan bekas jerawat adalah dengan memotongnya menjadi irisan tipis, lalu tempelkan potongan tersebut pada bekas luka atau bekas jerawat untuk menghilangkannya. Diamkan sekitar 30 menit, lalu bilas dengan menggunakan air bersih. Untuk hasil yang lebih efektif lakukan secara rutin dan teratur setiap hari.

Madu

Bahan alami lain yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat adalah madu. Madu yang paling baik digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat adalah madu asli, dan bukan madu yang telah diproses dan dijual di pasaran. Cara menggunakan madu untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan mengoleskannya sambil melakukan pijatan seara lembut. Untuk hasil yang lebih maksimal dapat ditambahkan dengan bubuk kayu manis agar pori-pori wajah lebih bersih. Gunakan cara ini sesering mungkin untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Lemon

Kandungan Alpha-hydroxy acid (AHA) alami yang terdapat dalam lemon juga dapat digunakan untuk memudar bekas jerawat, menyembuhkan, dan merevitalisasi kulit. Caranya cukup dengan memeras satu buah lemon, lalu oleskan pada bekas jerawat dengan menggunakan kapas hingga mengering. Kemudian bilas wajah dengan air dingin, dan gunakan pelembab alami setelahnya. Lakukan perawatan ini setiap dua atau tiga hari sekali untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal. Setelah menggunakan lemon untuk menghilangkan bekas jerawat, hindari sinar matahari langsung karena penggunaan lemon akan membuat kulit lebih sensitif terhadap radiasi ultra violet matahari.

Kentang

Kentang merupakan salah satu sayuran yang banyak mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan kulit. Cara menggunakan kentang untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan memotongnya menjadi irisan tipis, lalu tempelkan pada bekas jerawat. Biarkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan menggunakan air hangat. Lakukan setidaknya sehari sekali untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan bahan alami lebih aman dibandingkan dengan penggunaan produk perawatan yang diproses dengan campuran bahan kimia. Penggunaan bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat juga tidak memiliki efek samping dan hasilnya pun lebih memuaskan.

Demikian cara menghilangkan bekas jerawat secara alami ini, semoga dapat bermanfaat dan berguna untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: