8 Kandungan dan Manfaat Beras Merah untuk Diet

Manfaat beras merah – Seperti kita tahu, orang lebih memilih mengkonsumsi beras putih daripada beras merah. Bukan berarti beras merah tidak memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Orang lebih memilih beras putih karena penampilannya yang lebih bersih dan terlihat lebih lezat dibandingkan dengan beras merah. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition, jika dilihat dari kandungan gizi dan nutrisi beras merah, serta manfaatnya untuk kesehatan, beras merah merupakan pilihan yang baik untuk gaya hidup sehat.

Beras merah yang kaya akan kandungan protein, tiamin, kalsium, magnesium, serat, dan potasium ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Manfaat beras merah diantaranya adalah untuk diet menurunkan berat badan. Bagi orang yang sedang menderita diabetes, beras merah dapat dimanfaatkan untuk menurunkan glisemik dan membantu mengurangi insulin.

Manfaat beras merah bukan sebatas hanya untuk menurunkan berat badan dan penderita diabetes saja, tetapi masih banyak manfaat yang lainnya dari beras merah untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat beras merah untuk diet dan kesehatan.

Selenium

Kandungan selenium yang dimiliki beras merah dapat digunakan untuk menurunkan resiko penyakit berbahaya seperti kanker, penyakit jantung dan juga penyakit arthritis.

Mangan

Satu cangkir beras merah mampu mencukupi 80% kebutuhan harian mangan yang diperlukan oleh tubuh. Mangan bermanfaat untuk membantu mensintesis lemak dalam tubuh. Mangan juga manfaat untuk meningkatkan kinerja sistem saraf dan sistem reproduksi.

Lemak sehat

Manfaat beras merah selanjutnya adalah kandungan lemak sehat yang dimilikinya. Lemak sehat dapat dimanfaatkan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Menurunkan berat badan

Kandungan serat yang dimiliki beras merah dapat bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan makanan. Beras merah sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan keteraturan kinerja usus. Selain itu, beras merah juga membuat perut merasa kenyang yang akan mencegah keinginan untuk makan bagi orang yang sedang melakukan diet menurunkan berat badan.

Mencegah penumpukan plak arteri

Kandungan nutrisi dan gizi beras merah juga dapat digunakan untuk mengurangi penumpukan plak arteri dan mengurangi resiko penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol.

Anti oksidan

Beras merah mengandung banyak anti oksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Biasanya untuk memenuhi kebutuhan anti oksidan seseorang akan mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Jumlah anti oksidan yang terkandung dalam beras merah setara dengan anti oksidan yang terkandung dalam buah dan sayur tersebut.

Serat

Kandungan serat yang tinggi beras merah dapat digunakan untuk membantu mencegah kanker usus besar. Serat akan melekat pada zat yang menyebabkan kanker serta racun dalam tubuh dan menghilangkannya serta mencegah zat tersebut menempel pada dinding usus besar.

Mencegah diabetes

Beras merah merupakan makanan yang sangat baik bagi mereka yang menderita diabetes. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi setengah cangkir beras merah setiap hari akan memiliki resiko terkena diabetes lebih rendah 60% daripada yang tidak mengkonsumsi beras merah.

Tidak hanya bermanfaat untuk orang dewasa, manfaat beras merah untuk bayi juga sangat banyak. Manfaat beras merah untuk bayi diantaranya adalah untuk membantu siklus pertumbuhan bayi agar lebih cepat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bayi yang mengkonsumsi beras merah akan lebih cepat pertumbuhannya dibandingkan dengan bayi yang mengkonsumsi beras putih.

Demikian kandungan dan manfaat beras merah untuk diet ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: