Gangguan Sistem Pencernaan pada Manusia dan Cara Mengatasinya

Sistem pencernaan pada manusiaSistem pencernaan makanan sangat penting peranannya dalam membantu menjaga kesehatan. Sistem pencernaan berfungsi untuk menghancurkan makanan sehingga tubuh dapat menyerap nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalamnya. Sistem pencernaan manusia juga berperan penting dalam proses pembuangan sisa makanan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Organ tubuh yang termasuk dalam sistem pencernaan pada manusia adalah mulut, kerongkongan, hati, lambung, kandung empedu, usus halus, usus besar, pankreas, dan anus. Gangguan pada sistem pencernaan harus segera diatasi karena dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dilihat dari tingkat keparahannya, gangguan yang dapat mempengaruhi sistem pencernaan mulai dari gangguan kecil seperti mulas hingga penyakit yang berpotensi mengancam jiwa. Gangguan terhadap sistem pencernaan makanan manusia secara umum terkait erat dengan kebiasaan dan gaya hidup yang kurang baik. Beberapa gangguan yang dapat mempengaruhi sistem pencernaan manusia adalah sebagai berikut.
  • Sembelit 
  • Diare 
  • Gas 
  • Mual dan muntah 
  • Kram usus
Bagaimana cara yang paling efektif untuk membantu mengatasi masalah pada pencernaan? Dan kapan harus menghubungi dokter ketika terjadi gangguan sistem pencernaan? Berikut pembahasannya.

Makan lebih sering

Banyak program diet untuk menurunkan berat badan yang menganjurkan untuk tidak makan terlalu sering. Padahal dengan makan lebih sering dapat mencegah makan dalam porsi besar dan membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini dapat membantu mencegah timbulnya masalah pada sistem pencernaan.

Ketika makan dengan berlebihan, organ sistem pencernaan akan kelebihan beban dan tidak dapat mengolah makanan sebagaimana mestinya. Hal tersebut menimbulkan rasa mulas, gas, mual, dan muntah.

Gangguan Sistem Pencernaan pada Manusia
Makan 5 sampai 6 kali sehari dalam porsi kecil akan membantu meningkatkan sistem pencernaan menjadi lebih baik. Pastikan mencukupi asupan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti karbohidrat, protein, dan lemak sehat setiap kali makan. Hindari juga kebiasaan berbaring setelah makan karena dapat menyebabkan mulas dan mual.

Makan serat lebih banyak

Serat merupakan salah satu nutrisi penting yang dapat membantu mencegah gangguan sistem pencernaan pada manusia. Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung serat alami seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan yang sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari.

Minum air lebih banyak

Selain dapat memperbaiki sistem pencernaan, air juga berguna untuk membersihkan saluran pencernaan. Air dapat membantu melunakkan tinja yang menjadi salah satu penyebab sembelit yang dapat menimbulkan penyakit ambeien. Penyerapan nutrisi oleh sistem pencernaan juga akan lebih efektif dengan adanya ketersediaan air yang cukup dalam tubuh.

Untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, disarankan untuk minum minimal 8 gelas setiap hari dan menghindari minuman yang mengandung gula tambahan karena dapat menimbulkan masalah sistem pencernaan.

Ketika masalah sistem pencernaan manusia tidak dapat diatasi dengan melakukan perubahan gaya hidup, mungkin sudah saatnya untuk memeriksakan gejala tersebut kepada dokter untuk mendapatkan penanganan. Beberapa masalah serius yang dapat terjadi pada sistem pencernaan adalah sebagai berikut.
  • Refluks Asam 
  • Penyakit Celiac 
  • Kolitis 
  • Penyakit Crohn atau Kolitis Ulserativa 
  • Batu Empedu 
  • Sindrom Iritasi Usus (ibs) 
  • Infeksi virus atau parasit yang parah
Jenis penyakit saluran pencernaan tersebut tidak dapat disembuhkan tanpa bantuan medis. Gejala-gejala yang timbul dapat berupa sakit perut yang berlebihan, tinja berdarah, atau terjadi penurunan berat badan secara drastis.

Mengubah kebiasaan dan gaya hidup yang kurang baik dan berolahraga secara rutin dan teratur merupakan langkah awal yang dapat meningkatkan kinerja sistem pencernaan menjadi lebih baik. Disarankan juga jika mengalami masalah serius pada sistem pencernaan, segera hubungi dokter karena dapat mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

Demikian beberapa gangguan yang dapat terjadi pada sistem pencernaan pada manusia, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: