Ini Makanan Terbaik Penambah Darah Rendah

Makanan penambah darah – Bagi orang yang sedang diet, sangat mungkin kekurangan asupan nutrisi yang dapat menyebabkan kekurangan sel darah karena tidak mengkonsumsi makanan yang dapat menambah darah rendah. Makanan penambah darah merah dapat meningkatkan hemoglobin yang mempunyai peranan sangat penting untuk kesehatan tubuh. Sel darah merah berfungsi mengangkut nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh.

Orang yang kekurangan sel darah merah dapat mengalami gejala anemia seperti cepat lelah, lesu, letih, dan gejala lainnya yang biasanya berhubungan dengan stamina tubuh. Jika kekurangan hemoglobin atau sel darah merah, jangan terburu-buru untuk minum suplemen penambah darah yang mungkin memiliki resiko karena mengandung bahan kimia.

Kekurangan darah dapat disebabkan beberapa faktor, diantaranya adalah karena kehilangan darah karena melakukan donor darah, menderita kanker, terjadi masalah pada ginjal atau penggunaan obat-obatan yang dapat menurunkan tingkat hemoglobin. Kekurangan asupan nutrisi seperti zat besi, asam folat, vitamin C dan vitamin B12 juga dapat menyebabkan kekurangan darah.

Kekurangan dapat diatasi dengan mengkonsumsi suplemen penambah darah. Tetapi sebelum mengkonsumsi suplemen penambah darah, cobalah menggunakan cara yang lebih alami, yaitu dengan makan makanan yang sehat. Berikut beberapa makanan penambah hb darah yang bisa untuk mengatasi kekurangan darah merah.

Ini Makanan Terbaik Penambah Darah Rendah

Daging

Jenis makanan penambah darah rendah yang pertama adalah daging. Daging dapat digunakan untuk meningkatkan hemoglobin karena kandungan zat besi yang dimilikinya. Selain itu, daging juga mudah diserap oleh usus sehingga tidak menyebabkan penyumbatan gastrointestinal. Namun, jangan terlalu banyak makan daging karena dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Makanlah daging yang rendah lemak untuk penambah darah alami.

Sayur-sayuran

Sayuran juga merupakan salah satu makanan penambah tekanan darah yang alami. Namun, tidak semua sayuran dapat mengurangi anemia dan menambah sel darah merah. Sayuran penambah darah alami adalah bayam, ubi jalar, kacang hijau, kacang merah, kubis, kentang, brokoli dan sawi. Dari sekian banyak sayuran yang dapat menambah darah, ubi jalar adalah obat alami terbaik untuk menambah jumlah sel darah merah. Ubi jalar mengandung zat besi yang berguna untuk membantu pertumbuhan sel-sel darah merah dan meningkatkan oksigen ke dalam darah.

Buah-buahan

Makanan penambah darah lemah yang efektif lainnya adalah buah-buahan. Buah-buahan seperti apel, anggur dan melon adalah buah penambah darah rendah, yang tidak hanya untuk meningkatkan aliran darah, tetapi juga meningkatkan jumlah sel darah merah. Jeruk juga mengandung zat besi yang dapat digunakan sebagai penambah darah bagi orang yang mengalami kekurangan darah.

Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan yang dapat mengatasi kekurangan darah dengan efektif adalah kacang polong, kacang kedelai, dan kacang almond. Dengan makan satu ons almond setiap hari misalnya, dapat mencukupi kebutuhan besi yang berguna sebagai penambah darah. Selain sebagai makanan penambah darah alami, kacang almond juga relatif lebih murah dibanding suplemen penambah darah.

Gandum

Makanan yang dibuat dari gandum seperti roti, oatmeal, dan sereal menyediakan 20 persen zat besi jika dikonsumsi setiap hari. Gandum dapat membuat tubuh lebih sehat sehingga perlu dimasukkan ke dalam daftar makanan yang harus dikonsumsi. Gandum juga memiliki banyak kandungan zat besi yang dapat mengurangi risiko anemia dan sebagai makanan penambah darah rendah yang efektif.

Menambah darah dengan makanan penambah darah alami lebih aman dan efektif jika dibandingkan dengan mengkonsumsi obat penambah darah yang dijual di pasaran. Selain itu, penambah darah alami lebih aman dan tidak mengandung efek samping yang berbahaya untuk kesehatan.

Demikian beberapa makanan penambah darah rendah yang bisa digunakan untuk mengurangi resiko terkena anemia. Mudah-mudahan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: