Jangan Panik! Mungkin Ini Penyebab Terjadinya Telat Datang Bulan

Penyebab telat datang bulan – Untuk wanita yang sudah menikah, terlambat datang bulan kemungkinan besar disebabkan karena kehamilan. Tetapi hal tersebut tidak selamanya benar. Kehamilan bukan satu-satunya faktor yang menyebabkan telat datang bulan apalagi bagi wanita yang belum menikah. Ada beberapa faktor lain yang bisa menjadi penyebab terlambat datang bulan.

Datang bulan atau menstruasi yang terlambat adalah hal biasa yang sering terjadi pada wanita. Jika mengalami hal tersebut tidak perlu panik, apalagi untuk orang yang terlalu aktif dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Telat datang bulan secara umum terjadi karena adanya perubahan aktivitas fisik atau psikis yang dirasakan oleh tubuh.

Faktor apa saja yang menjadi penyebab telat datang bulan atau siklus menstruasi tidak normal? Berikut adalah beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan menstruasi atau datang bulan bisa terlambat dari waktu seharusnya.

Perubahan rutinitas

Melakukan aktivitas yang berbeda dari biasanya dapat menyebabkan datang bulan terlambat. Hal ini disebabkan karena tubuh memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri dengan perubahan rutinitas yang terjadi. Perubahan rutinitas dapat menyebabkan terlambatnya siklus menstruasi, apalagi jika perubahan tersebut dimulai pada saat akan mengalami ovulasi.

Stres berlebihan

Stres yang berlebihan juga dapat menyebabkan terlambat datang bulan, bahkan bisa lebih dari beberapa minggu. Stres berdampak besar pada keteraturan siklus menstruasi seorang wanita. Agar datang bulan atau menstruasi lebih teratur, mengelola stres dan menjaga emosi agar tetap stabil merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melancarkan siklus datang bulan.

Mungkin Ini Penyebab Terjadinya Telat Datang Bulan

Penyakit

Menstruasi atau datang bulan sangat terkait dengan kondisi kesehatan tubuh, baik fisik maupun psikis. Jika sedang sakit, apalagi penyakit tersebut sampai menimbulkan kekhawatiran yang berlebihan, kemungkinan siklus haid atau datang bulan akan terlambat. Ketika sudah sembuh dari sakit, maka semua akan kembali normal seperti biasa.

Mengkonsumsi obat

Mengkonsumsi obat atau mengubah dosis pada obat yang selama ini telah rutin dikonsumsi dapat mempengaruhi kondisi tubuh, termasuk siklus menstruasi. Perubahan kondisi tubuh tersebut dapat menyebabkan datang bulan terlambat, dan semua kembali normal ketika tubuh telah menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi.

Masalah berat badan

Perubahan berat badan yang terlalu besar, baik itu penambahan atau penurunan berat badan dapat menyebabkan terganggunya siklus datang bulan. Orang yang menjadi kurus atau menjadi gemuk secara mendadak biasanya akan mengalami terlambat datang bulan. Hal tersebut juga disebabkan karena tubuh memerlukan penyesuaian terhadap kondisi yang berubah secara drastis tersebut.

Olahraga berlebihan

Aktivitas fisik yang berlebihan seperti olahraga pun dapat menyebabkan terambatnya menstruasi. Jika selama ini tidak pernah berolahraga atau menambah jadwal olahraga dari biasanya, dapat menyebabkan telat datang bulan, dan itu merupakan hal yang biasa terjadi pada wanita. Bahkan melakukan olahraga ekstrim yang selama ini belum pernah dilakukan, datang bulan bisa terlambat hingga waktu berminggu-minggu.

Salah perhitungan

Siklus menstruasi rata-rata adalah 28 hari, tetapi banyak juga wanita memiliki siklus lebih pendek atau lebih lama, sehingga ukuran normal siklus menstruasi setiap orang berbeda-beda. Jika suatu saat siklus datang bulan seorang wanita tidak sama dengan siklus orang lain, lalu menyimpulkan datang bulannya tidak teratur, maka seseorang tersebut telah salah, karena siklus haid yang dimiliki setiap orang tidak sama.

Beberapa penyebab telat datang bulan yang telah disebutkan di atas adalah penyebab secara umum. Bukan berarti tidak ada penyebab yang lainnya. Ada beberapa penyebab datang bulan terlambat yang lebih serius, seperti kondisi tiroid, sindrom ovarium polikistik, dan juga gangguan makan.

Demikian beberapa penyebab telat datang bulan yang biasa terjadi pada wanita ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua, khususnya para wanita. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: