Jenis Makanan Ini dapat Mencegah Gangguan Fungsi Ginjal

Fungsi ginjal pada manusia – Penyakit atau gangguan fungsi ginjal merupakan salah satu jenis penyakit yang populer di masyarakat. Banyak orang yang telah merasakan dan memiliki masalah dengan penyakit ini. Gangguan fungsi ginjal lebih sering menyerang orang-orang yang menderita diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan mereka yang berusia lebih dari 60 tahun.

Selain itu, sebuah keluarga yang mempunyai riwayat penyakit ginjal akan memiliki resiko terkena penyakit ginjal lebih tinggi. Resiko penyakit ginjal ini juga akan meningkat pada penderita obesitas, penyakit autoimun, dan orang yang menderita infeksi pada saluran kemih.

Salah satu jenis gangguan fungsi ginjal adalah penyakit batu ginjal. Batu ginjal terjadi karena kandungan mineral di dalam urine yang terlalu tinggi. Hal tersebut dapat diatasi dengan mencukupi kebutuhan air, meningkatkan konsumsi buah, sayuran, dan mengurangi konsumsi garam.

Selain makan dengan teratur, mencukupi asusan nutrisi, dan mengendalikan berat badan, ada cara yang sederhana untuk menjaga ginjal agar tetap sehat. Cara menjaga fungsi ginjal normal diantaranya adalah dengan rutin memantau tekanan darah, menjaga kadar kolesterol dan gula darah, berolahraga secara teratur, tidak merokok dan mewaspadai resiko penyakit ginjal karena faktor keturunan.

Mencukupi kebutuhan air

Kecukupan cairan tubuh mempunyai peran yang sangat penting untuk pencegahan dan pengobatan penyakit ginjal. Menjaga buang air kecil tetap lancar akan membuat ginjal senantiasa sehat. Menjaga fungsi ginjal agar tetap normal dengan mencukupi kebutuhan air merupakan pilihan terbaik. Kurangi juga mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein, karena dapat menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan.

Makan buah dan sayur

Rutin mengkonsumsi buah dan sayuran juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan fungsi ginjal. Buah dan sayuran seperti anggur, bawang, seledri, bayam, kacang panjang, dan asparagus dapat mencegah gangguan fungsi ginjal. Bagi penderita penyakit ginjal, disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung rendah potasium.

Makan makanan rendah kalium

Untuk menjaga agar fungsi ginjal normal, sangat penting untuk mengontrol asupan kalium tubuh. Jika tubuh memiliki tingkat kalium yang tinggi akan menyebabkan resiko terkena stroke dan serangan jantung makin meningkat. Beberapa contoh makanan yang mengandung rendah kalium adalah apel, kacang-kacangan, jagung, beras, terong, pir, kacang polong, dan paprika.

Makan makanan kaya zat besi

Jika sedang menderita penyakit ginjal kronis, tubuh senantiasa akan kekurangan zat besi. Ginjal mempunyai peran penting untuk memproduksi sel darah merah. Jika terjadi gangguan terhadap fungsi ginjal, jumlah sel darah merah yang diproduksi tubuh akan menurun yang dapat menyebabkan anemia. Makan makanan yang banyak mengandung zat besi seperti sayuran berdaun hijau dan telur juga dapat membantu mencegah terkena penyakit ginjal.

Gangguan yang terjadi pada fungsi ginjal akan dapat menyebabkan gangguan kesehatan secara keseluruhan. Jika produksi sel darah merah berkurang akibat fungsi dari ginjal yang terganggu dapat menyebabkan gejala anemia seperti cepat letih dan kelelahan.

Demikian beberapa makanan yang dapat meningkatkan fungsi ginjal ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: