Jenis Makanan Penurun Kolesterol Tinggi dengan Cepat

Makanan penurun kolesterolKolesterol dapat ditemukan dalam setiap sel tubuh yang memiliki fungsi sangat penting. Kolesterol dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, dapat juga diambil dari beberapa jenis makanan tertentu. Ada dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol baik (Low-Density Lipoprotein atau LDL) dan kolesterol jahat (High-Density Lipoprotein atau HDL).

Kadar kolesterol dalam tubuh harus sesuai dengan kebutuhan atau tidak boleh terlalu tinggi terkandung dalam tubuh, khususnya kolesterol jahat atau LDL. Kadar kolesterol jahat atau LDL yang tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan beberapa penyakit berbahaya lainnya. Oleh karena itu, tingginya kolesterol tersebut harus diturunkan dengan makanan yang dapat menurunkan kolesterol dengan cepat.

Kolesterol tinggi dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor yang paling mempengaruhi adalah gaya hidup yang kurang baik. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak merupakan salah satu penyebab kolesterol tinggi. Selain itu kelebihan berat badan atau obesitas juga dapat menyebabkan kadar LDL darah meningkat. Kolesterol tinggi juga dapat disebabkan oleh faktor keturunan yang diwariskan dari keluarga.

Kebiasaan dan gaya hidup sehat merupakan pilihan yang baik untuk menjaga kolesterol tetap normal. Dengan olahraga teratur dan membatasi asupan lemak dalam makanan akan dapat membantu mencegah kadar kolesterol jahat meningkat lebih baik daripada menggunakan obat penurun kolesterol. Berikut beberapa makanan penurun kolesterol tinggi dengan cepat.

Ikan salmon

Lemak omega-3 adalah salah satu nutrisi yang telah terbukti dapat mencegah penyakit jantung. Asam lemak ini juga dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol. Menurut penelitian dari Loma Linda University, mengganti lemak jenuh dengan omega-3 seperti yang ditemukan pada ikan salmon dan sarden dapat meningkatkan kolesterol baik sebanyak 4%.

Kacang Almond

Kacang almond adalah salah satu makanan penurun kadar kolesterol jahat yang baik. Walaupun mengkonsumsi kacang almond baik untuk kesehatan, tetapi kacang ini juga mengandung tinggi kalori, sehingga tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsinya. Para ahli menyarankan untuk mengkonsumsi kacang almond tidak lebih dari setengah gelas setiap harinya.

Jenis Makanan Penurun Kolesterol Tinggi dengan Cepat

Teh

Selain mengandung sifat antioksidan yang dapat digunakan untuk mengatasi kanker, teh juga dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Menurut penelitian yang dilakukan oleh USDA, teh terbukti dapat mengurangi lemak darah hingga 10% hanya dalam waktu 3 minggu. Dengan demikian teh juga dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung koroner.

Coklat

Coklat merupakan salah satu makanan yang memiliki sifat antioksidan yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh AJCN menyebutkan bahwa orang yang mengkonsumsi coklat akan mengalami peningkatan HDL sebanyak 24% dalam 12 minggu. Coklat hitam yang pahit rasanya lebih banyak mengandung antioksidan dibandingkan dengan coklat yang mengandung susu, sehingga lebih baik dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Bawang putih

Selain biasa digunakan untuk menambah rasa pada masakan, bawang putih juga mengandung nutrisi yang dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi tubuh dari infeksi. Jika setiap hari rutin mengkonsumsi 2-4 siung bawang putih dapat menurunkan kolesterol jahat dengan cepat.

Minyak zaitun

Minyak zaitun sangat bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan seseorang. Minyak zaitun dapat menurunkan LDL kolesterol dan mengurangi lemak di perut. Minyak zaitun dapat ditambahkan dalam berbagai makanan untuk mendapatkan manfaatnya dalam menurunkan kolesterol tinggi.

Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran hijau yang banyak mengandung lutein. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lutein seperti bayam, dapat mencegah serangan jantung dengan membantu menurunkan kolesterol tinggi dengan cepat.

Alpukat

Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh yang baik yang meningkatkan kesehatan jantung. Lemak yang terkandung dalam alpukat dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL sekaligus menurunkan LDL. Karena alpukat mengandung tinggi kalori dan lemak (300 kalori dan 30 g lemak per alpukat), disarankan agar tidak berlebihan dalam mengkonsumsi alpukat karena dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Dengan mengkonsumsi makanan penurun kolesterol cepat dan mengurangi mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak merupakan cara efektif untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh agar tidak meningkat. Selain itu olahraga yang baik dan teratur juga perlu dilakukan agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit yang disebabkan karena kolesterol yang tinggi seperti penyakit jantung koroner dan serangan jantung.

Demikian beberapa makanan penurun kolesterol jahat ini, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua dan dapat menambah pengetahuan kita. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: