Kandungan dan Khasiat Daun Jarak Untuk Kesehatan Alami

Manfaat daun jarak untuk kesehatan – Beberapa waktu yang lalu kita pernah dikejutkan dengan adanya penemuan yang menyatakan bahwa minyak biji jarak dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar. Ketika itu semua orang sibuk menanam pohon jarak, khususnya di pedesaan. Tapi sekarang entah bagaimana nasib sang calon pengganti bahan bakar yang katanya ramah lingkungan tersebut.

Tetapi yang pasti, sudah sejak zaman dahulu nenek moyang kita telah memanfaatkan khasiat daun jarak untuk berbagai pengobatan tradisional. Walaupun hampir semua bagian pohon jarak memiliki manfaat, daun jarak merupakan bagian yang paling sering digunakan.

Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa daun jarak banyak mengandung senyawa yang dibutuhkan untuk kesehatan alami. Berikut beberapa kandungan daun jarak untuk mengobati penyakit.
  • Daun jarak mengandung flavonoid, saponin, dan beta-glukanase yang mempunyai sifat antijamur 
  • Daun jarak juga mengandung senyawa kaemfesterol, sitosterol, stigmasterol, amirin dan teraksrol 
  • Dalam daun jarak ditemukan toksalbumin dan kursin yang tidak hanya bersifat antijamur, tetapi kandungan kimianya juga bermanfaat sebagai antikanker 
  • Ampas daun jarak yang telah diperas mengandung nitrogen, fosfat dan kalium 
  • Kandungan tanin, lilin, resin dan saponin juga ditemukan dalam daun jarak.
Berikut adalah beberapa manfaat dan khasiat daun jarak yang telah digunakan oleh nenek moyang kita untuk mengobati berbagai penyakit secara tradisional.

Kandungan dan Khasiat Daun Jarak Untuk Kesehatan Alami

Menghilangkan keputihan pada lidah bayi

Daun jarak berguna untuk bayi menghilangkan keputihan yang sering terjadi pada lidah. Pada bayi yang sedang menyusui, biasa ditemukan keputihan yang melekat pada lidahnya. Hal ini dapat menyebabkan bayi enggan untuk menyusu. Untuk mengatasi hal tersebut dapat digunakan getah daun jarak. Biasanya daun jarak yang baru dipetik akan mengeluarkan getah pada tangkainya, lalu oleskan getah tersebut pada lidah bayi yang mengalami keputihan untuk mengatasinya.

Mengobati radang telinga

Radang telinga dapat terjadi karena Influenza mendadak, biasanya ditandai dengan peningkatan suhu tubuh, nyeri pada telinga, berdengung dan terjadinya gangguan pendengaran. Untuk mengatasi hal tersebut dapat digunakan minyak daun jarak. Teteskan pada telinga setiap hari sampai radang telingga sembuh.

Mengobati sakit gigi berlubang

Daun jarak juga bisa dimanfaatkan untuk obat sakit gigi yang berlubang. Getah daun jarak adalah antimikroba yang dapat digunakan untuk membunuh bakteri yang dapat menyebabkan nyeri akibat gigi. Caranya adalah dengan mengambil getak daun jarak menggunakan kapas, kemudian tempatkan pada gigi yang berlubang.

Obat sariawan

Getah daun jarak juga dapat digunakan untuk mengobati sariawan. Oleskan getah daun jarak pada bibir yang terserang sariawan. Lakukan secara rutin setiap hari sampai sariawan benar-benar sembuh dan hilang.

Mengobati perut kembung dan masuk angin

Daun jarak juga bermanfaat untuk perut kembung dan masuk angin. Ketika terserang diare mendadak atau perut terasa kembung karena masuk angin, ambil beberapa daun jarak tua. Lalu letakkan di atas api dan biarkan hingga layu. Kemudian oleskan daun jarak dengan sedikit minyak kelapa, atau minyak kayu putih. Lalu letakkan daun jarak tersebut pada bagian perut dan pinggang dan biarkan hingga beberapa jam. Setalah itu biasanya akan sering buang gas dan zat-zat yang tidak berguna diperut akan ikut keluar.

Menghilangkan sembelit

Jika mengalami sembelit, ambillah 4 buah daun jarak segar, lalu cuci dan kukus sampai layu. Setelah itu makan daun yang telah dikukus tersebut. Lakukan hal ini selama 7 hari berturut-turut atau sampai sembelit berkurang dan hilang. Sembelit harus segera diatasi atau diobati karena dapat menyebabkan penyakit ambeien.

Terkadang tidak terpikirkan jika daun sederhana dan nampak tidak berguna seperti daun jarak mengandung banyak senyawa alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Menggunakan daun jarak untuk pengobatan selain murah juga aman karena tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya.

Demikian beberapa kandungan dan khasiat daun jarak untuk kesehatan alami ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: