Kandungan Manfaat Susu Kedelai serta Bahayanya untuk Kesehatan

Manfaat susu kedelai – Kandungan nutrisi penting yang dimiliki susu sangat bermanfaat untuk kesehatan dan merupakan pilihan gaya hidup sehat. Namun, ada sebagian orang yang tidak bisa minum susu karena alasan tertentu, misalnya karena alergi, intoleran laktosa, atau sekedar tidak suka terhadap rasanya. Bagi mereka yang tidak bisa minum susu, ada alternatif lain yang sebanding untuk memperoleh manfaat minum susu yang tidak bisa diminumnya tersebut, yaitu susu kedelai.

Kedelai disebut-sebut sebagai salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, manfaat kesehatan kedelai tersebut telah mendorong peningkatan jumlah produk makanan dan minuman dari bahan kedelai yang beredar di pasaran, salah satu diantaranya adalah susu kedelai.

Susu kedelai memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat buat kesehatan, meskipun ada beberapa jenis susu kedelai yang mengandung gula tambahan, yang dapat menimbulkan masalah terhadap kesehatan. Sebelum memutuskan untuk minum susu kedelai, ada baiknya mengetahui kandungan dan manfaat susu kedelai serta bahayanya bagi kesehatan yang akan dibahas berikut ini.

Manfaat susu kedelai untuk kesehatan

Protein

Manfaat susu kedelai yang pertama adalah kandungan proteinnya yang tinggi. Kedelai termasuk salah satu sumber protein yang baik untuk kesehatan. Tidak seperti kebanyakan protein nabati lainnya, kedelai mengandung semua jenis asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Satu cangkir susu kedelai tanpa gula mengandung kurang lebih 7 gram protein yang dapat membantu membentuk antibodi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan dan Manfaat Susu Kedelai serta Bahayanya untuk Kesehatan

Kalsium

Minum susu kedelai juga dapat membantu mencukupi kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh. Tubuh sangat bergantung pada kalsium untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang. Tanpa itu, kepadatan dan kekuatan tulang akan terus menurun dari waktu ke waktu. Secangkir susu kedelai tanpa gula mengandung sekitar 299 miligram kalsium, yang berkontribusi sebanyak 30 persen terhadap kebutuhan harian kalsium tubuh.

Zat besi

Kandungan susu kedelai yang bermanfaat untuk kesehatan berikutnya adalah zat besi. Zat besi sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja pembuluh darah merah dan membantu mengalirkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Setiap satu cangkir susu kedelai mengandung 1,1 miligram zat besi, yang memenuhi sebanyak 6 persen terhadap kebutuhan harian zat besi tubuh.

Riboflavin dan vitamin B-12

Susu kedelai juga mengandung vitamin B kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, seperti riboflavin, vitamin B-2, dan vitamin B-12. Dalam satu cangkir susu kedelai mengandung 3 mikrogram vitamin B-12 yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi sel darah merah dan menjaga kesehatan saraf. Susu kedelai juga mengandung riboflavin yang bermanfaat untuk membantu sel-sel menghasilkan energi, dan melindungi DNA dari kerusakan.

Bahaya minum susu kedelai

Meskipun susu kedelai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tetapi susu kedelai juga bisa berbahaya dan menimbulkan masalah jika diminum oleh orang yang memiliki alergi kedelai atau pasien kanker payudara. Bahaya susu kedelai dapat terjadi karena kandungan bahan kimia yang mirip dengan struktur estrogen dalam kedelai dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan jika diminum oleh pasien kanker payudara yang sensitif terhadap estrogen.

Beberapa jenis susu kedelai juga memiliki kekurangan karena mengandung gula tambahan. Menambahkan gula dalam susu kedelai dapat meningkatkan kalori dan resiko penyakit kardiovaskular. Pilih susu kedelai tanpa pemanis tambahan untuk memperoleh manfaat susu kedelai bagi kesehatan secara maksimal.

Demikian kandungan dan manfaat susu kedelai untuk kesehatan ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: