Manfaat Buah Sirsak untuk Kolesterol, Hipertensi, dan Asam Urat

Manfaat buah sirsak –Sirsak merupakan salah satu tanaman obat yang diyakini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah sirsak yang lezat dan manis rasanya ini, tidak hanya nikmat di lidah, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kolesterol, hipertensi, mengobati asam urat, dan masih banyak lagi khasiat buah sirsak untuk kesehatan lainnya.

Sangat masuk akal jika nenek moyang sejak dahulu telah menggunakan buah sirsak untuk pengobatan alami. Buah sirsak memiliki banyak sekali manfaat karena kandungan nutrisi alami yang dimiliki buah ini sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Lalu apa saja kandungan dan manfaat buah sirsak? Berikut beberapa manfaat buah sirsak untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Kandungan alami buah sirsak

  • Kandungan serat yang dimiliki buah sirsak berkhasiat untuk melancarkan sistem pencernaan dan membantu proses metabolisme dalam tubuh. Selain itu, serat juga dapat digunakan untuk menjaga berat badan ideal 
  • Dalam 100 gram buah sirsak mengandung sekitar 38 gram karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi. Kandungan karbohidrat buah sirsak tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah 
  • Buah sirsak juga mengandung banyak kalium yang dapat membantu meningkatkan kinerja otot, mengatur tekanan darah, dan membantu perbaikan tulang 
  • Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah sirsak dapat menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk menyembuhkan luka dan mencegah kerusakan kulit 
  • Buah sirsak juga mengandung banyak air yang dapat digunakan untuk mencegah dehidrasi dan mencukupi kebutuhan air 
  • Kandungan mineral lainnya dalam buah sirsak adalah fosfor dan kalsium. Dalam 100 gram buah sirsak terdapat sekitar 27 mg fosfor dan 14 mg kalsium. Mineral ini bermanfaat untuk pembentukan tulang dan menghambat terjadinya osteoporosis.
Manfaat Buah Sirsak untuk Kolesterol, Hipertensi, dan Asam Urat

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan

Buah sirsak memiliki rasa yang manis dan segar. Di balik kelezatan buah sirsak tersebut tersimpan banyak sekali manfaat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Semua nutrisi yang terkandung di dalam buah sirsak bermanfaat bagi kesehatan. Ingin tahu apa saja khasiat buah sirsak bagi tubuh? Berikut beberapa diantaranya.

Manfaat buah sirsak untuk kolesterol

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, buah sirsak mengandung serat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dalam setiap 100 gram daging buah sirsak dapat memenuhi sekitar 13% kebutuhan serat tubuh. Serat yang terkandung di dalam buah sirsak dapat dimanfaatkan untuk menyerap kolesterol jahat dalam tubuh.

Manfaat buah sirsak untuk hipertensi

Tidak hanya daun sirsak yang bermanfaat mengobati tekanan darah tinggi atau hipertensi. Buah sirsak yang rasanya lezat itu pun memiliki khasiat yang sama. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa buah sirsak dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati hipertensi ini.

Manfaat buah sirsak untuk asam urat

Manfaat lainnya dari buah sirsak untuk pengobatan alami asam urat. Dengan mengkonsumsi buah sirsak secara teratur, tubuh akan terhindar dari penyakit asam urat. Jika ingin sehat, mengkonsumsi buah sirsak setiap hari adalah pilihan yang tepat.

Demikian beberapa manfaat buah sirsak ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: