Manfaat Daun Kemangi untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Manfaat daun kemangiKasiat daun kemangi sudah sejak lama dimanfaatkan dalam dunia kecantikan, khususnya untuk perawatan rambut dan kulit. Daun kemangi juga bisa digunakan untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit. Daun yang kaya minyak esensial ini mengandung banyak senyawa fenolik, flavonoid dan antosianin yang sangat bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan. 

Daun kemangi memiliki sifat antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Menurut sebuah penelitian, sifat antioksidan yang dimiliki daun kemangi lebih tinggi dibandingkan dengan antioksidan yang terdapat dalam bahan alami lainnya. Sifat antioksidan daun kemangi dapat digunakan untuk membantu menangkal bahaya dari radikal bebas.

Daun kemangi sebagai salah satu bahan alami yang juga sering digunakan dalam pengobatan herbal ini tentu mempunyai kandungan yang dapat dimanfaatkan untuk kecantikan. Untuk mengetahui apa saja manfaat daun kemangi untuk kecantikan rambut dan kulit, simak pembahasannya berikut ini.

Manfaat daun kemangi untuk perawatan kulit

Menghilangkan komedo

Menghilangkan komedo dengan menggunakan daun kemangi caranya sangat mudah. Cukup menggosokkan daun kemangi pada daerah yang berkomedo, biarkan selama kurang lebih 5 menit, lalu cuci dan bersihkan dengan menggunakan air bersih. Daun kemangi juga dapat mencegah komedo muncul kembali.

Mencerahkan kulit

Cara mencerahkan kulit menggunakan daun kemangi adalah dengan membuatnya menjadi pasta. Oleskan pasta daun kemangi pada kulit secara merata, diamkan beberapa saat, lalu cuci dengan menggunakan air bersih. Daun kemangi akan membuat kulit terlihat lebih muda, lebih segar, dan dapat mencerahkan kulit.

Menghilangkan jerawat

Salah satu penyebab jerawat adalah adanya racun dalam tubuh, yang biasa disebut dengan darah kotor. Daun kemangi dapat digunakan untuk menghilangkan racun tersebut dari dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi daun kemangi secara rutin dan teratur, sifat antijamur dan antibakteri yang dimiliki daun kemangi dapat menghilangkan jerawat dan mencegah peradangan.

Manfaat Daun Kemangi untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Mencegah infeksi kulit

Selain mengandung sifat antijamur, daun kemangi juga memiliki sifat antibiotik yang dapat digunakan untuk mencegah infeksi kulit. Campuran daun kemangi dengan jeruk nipis juga dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit kurap.

Manfaat daun kemangi untuk perawatan rambut

Memperkuat rambut

Kandungan senyawa alami yang dimiliki daun kemangi dapat memperkuat rambut. Memperkuat rambut dengan daun kemangi caranya adalah dengan membuatnya menjadi pasta, lalu gunakan pasta tersebut secara merata pada rambut. Hal ini akan membuat rambut semakin kuat dan dapat mencegah rambut rapuh.

Mencegah rambut rontok

Kandungan alami daun kemangi juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah rambut rontok dan mengontrol minyak berlebih pada rambut. Daun kemangi juga berkhasiat untuk menghilangkan rasa gatal dan meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala.

Menyuburkan rambut

Manfaat daun kemangi selanjutnya adalah untuk menyuburkan rambut. Dengan pemakaian yang teratur, daun kemangi akan merangsang pertumbuhan folikel, yang akan mempercepat pertumbuhan dan menyuburkan rambut.

Menghilangkan uban

Untuk menghilangkan uban, rendam bubuk daun kemangi dalam air hingga semalam. Lalu gunakan rendaman air tersebut untuk keramas di pagi harinya. Dengan pemakaian yang rutin dan teratur, kandungan senyawa daun kemangi akan dapat mengendalikan pertumbuhan uban.

Mencegah radiasi pada rambut

Sifat antioksidan yang dimiliki oleh daun kemangi dapat dimanfaatkan untuk mencegah kerusakan rambut yang diakibatkan adanya radiasi. Berada di bawah sinar matahari langsung terlalu lama tanpa menggunakan penutup kepala dapat menyebabkan rambut mengalami kerusakan. Menggunakan daun kemangi untuk mencegah radiasi pada rambut adalah pilihan yang tepat.

Demikian manfaat daun kemangi untuk kecantikan ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan berguna untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: