Manfaat Menakjubkan Buah Mangga untuk Kulit dan Rambut

Manfaat buah mangga – Semua orang pasti mengenal buah mangga. Buah yang sederhana ini mudah ditemukan dan menjadi favorit banyak orang. Buah mangga memiliki rasa yang manis, dan jika dimakan akan dapat memanjakan lidah dengan rasanya yang khas. Selain rasanya yang enak, buah mangga juga bermanfaat untuk kecantikan kulit dan rambut.

Tapi sebelum membahas tentang khasiat buah mangga untuk kulit dan rambut ini, yang perlu diingat adalah apa yang akan dibahas di sini bukan bagaimana cara membuat minuman atau jus mangga, tetapi akan membahas tentang manfaat buah mangga untuk kecantikan.

Benarkah buah mangga memiliki manfaat untuk perawatan kulit dan rambut? Berikut beberapa manfaat buah mangga untuk kecantikan, khususnya untuk wanita.

Manfaat buah mangga untuk kulit

Selain dapat menggugah selera, buah mangga ternyata sangat bagus digunakan untuk perawatan kulit. Buah mangga merupakan sumber antioksidan, khususnya vitamin C yang dapat menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya. Buah mangga juga sering digunakan untuk masker wajah dan scrub oleh para ahli kecantikan. Beberapa khasiat buah mangga buat kulit adalah sebagai berikut.

Meremajakan kulit

Buah mangga bermanfaat untuk kulit karena kemampuannya mengurangi bintik-bintik hitam dan bekas jerawat. Nutrisi yang terkandung dalam buah mangga juga akan membuat wajah lebih bersinar. Vitamin A dan beta karoten buah mangga dapat mengembalikan, meremajakan kulit dan membantu meregenerasi kulit.

Menghilangkan komedo

Mungkin bukan hal biasa jika buah mangga digunakan untuk menghilangkan komedo. Cara menghilangkan komedo dengan buah mangga adalah dengan membuatnya menjadi scrub. Campurkan satu sendok teh buah mangga yang sudah dihaluskan dengan setengah sendok teh susu bubuk, dan madu secukupnya. Gosokkan ke seluruh wajah dengan gerakan melingkar. Hal ini akan membantu menghilangkan kulit mati dan komedo, yang dapat membuat wajah lebih bercahaya secara alami.

Anti penuaan dini

Antioksidan yang terkandung dalam buah mangga dapat mencegah timbulnya penuaan dini pada kulit dan pigmentasi. Antioksidan juga dapat melindungi kulit dari radikal bebas yang berbahaya, yang dapat menyebabkan kanker kulit. Buah mangga juga mengandung vitamin C yang dapat membantu menyembuhkan jerawat dan menghilangkan bekas jerawat. Jika dioleskan langsung ke permukaan kulit, buah mangga berfungsi sebagai pelembab alami.

Manfaat Menakjubkan Buah Mangga untuk Kulit dan Rambut

Menghilangkan bintik hitam

Kulit mangga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi dan menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah. Caranya adalah dengan membuat bubuk dari kulit mangga, lalu campurkan dengan satu sendok teh yogurt. Jika digunakan secara rutin dan teratur, kulit mangga bermanfaat untuk mencerahkan kulit, mengurangi bintik-bintik hitam, dan menghilangkan noda di wajah.

Mengobati jerawat

Buah mangga mentah mengandung zat yang sangat baik untuk menghilangkan jerawat. Rebus sepotong mangga mentah dalam air, lalu gunakan air tersebut untuk membersihkan kulit muka. Jika dilakukan secara teratur dan rutin, buah mangga dapat menghilangkan jerawat secara efektif.

Membersihkan kulit

Untuk membersihkan kulit, ambil satu sendok teh tepung terigu dan tambahkan buah mangga yang telah dihaluskan. Ramuan ini dapat digunakan untuk membersihkan pori-pori wajah dari dalam. Lakukan secara rutin dan teratur untuk hasil yang lebih baik.

Manfaat buah mangga untuk rambut

Buah mangga yang kaya akan vitamin dan mineral dapat menyehatkan dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Beberapa khasiat buah mangga untuk rambut diantaranya adalah sebagai berikut.

Kondisioner alami

Kandungan nutrisi yang dimiliki buah mangga berkhasiat untuk kondisioner alami. Untuk tujuan ini, campurkan buah mangga yang sudah dihaluskan dengan satu sendok yoghurt dan dua buah kuning telur. Oleskan ramuan ini pada rambut secara merata, dan biarkan selama kurang lebih 30 menit. Jika digunakan secara teratur akan membuat kondisi rambut lebih lembut dan mudah diatur.

Menghilangkan ketombe

Kandungan vitamin A buah mangga berkhasiat untuk menghilangkan ketombe dan membuat rambut lebih bersinar. Buah mangga juga sering digunakan sebagai bahan alami dalam produk pelembab rambut. Mangga juga mengandung vitamin E yang dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dan menyuburkan rambut.

Mengobati rambut rontok

Minyak biji buah mangga adalah sumber alami asam lemak, vitamin dan mineral. Minyak biji mangga memiliki sifat pelembab yang tinggi. Untuk membuat minyak biji mangga, caranya adalah dengan menghilangkan lapisan luar biji mangga, lalu haluskan. Kemudian tambahkan dengan minyak kelapa, atau wijen. Gunakan ramuan ini secara teratur untuk menyuburkan rambut dan mencegah rambut rontok.

Walaupun tampak sederhana dan harganya murah, tetapi kandungan yang dimiliki buah mangga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Menggunakan buah mangga dalam perawatan kecantikan juga lebih aman karena merupakan bahan alami yang tidak memiliki efek samping yang berbahaya.

Demikian manfaat buah mangga untuk kulit dan rambut ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: