Manfaat Minum Teh Hijau dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

Manfaat teh hijau – Telah lama teh hijau dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan, terutama di negara asalnya seperti Cina dan India. Teh merupakan minuman yang paling banyak diminum di dunia setelah air. Namun dari dari semua jenis teh yang diminum itu, sebanyak 80% orang minum teh hitam, dan hanya 20% orang yang minum teh hijau.

Teh hijau tidak mengandung kalori jika diseduh tanpa menggunakan pemanis tambahan. Kafein yang terkandung dalam teh hijau relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan teh hitam atau kopi. Teh hijau hanya mengandung 20-45 mg per gelasnya, sedangkan teh hitam mengandung sekitar 50 mg dan kopi 95 mg per gelasnya.

Teh hijau merupakan salah satu minuman sehat yang mengandung antioksidan paling tinggi dibanding dengan teh jenis lainnya. Senyawa alami teh yang disebut polifenol mempunyai sifat anti-inflamasi yang telah terbukti efektif untuk menangkal radikal bebas. Antioksidan yang terkandung di dalam teh hijau juga dapat membantu mencegah kerusakan sel.

Manfaat teh hijau untuk kesehatan

Teh hijau bermanfaat untuk mengontrol perdarahan dan menyembuhkan luka, membantu pencernaan, menyehatkan jantung, dan mengatur temperatur tubuh. Menurut penelitian, teh hijau juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan mencegah gangguan penyakit hati. Berikut beberapa manfaat teh hijau untuk kesehatan.

Mencegah kanker

Menurut sebuah penelitian, polifenol yang terkandung di dalam teh terbukti dapat mencegah pertumbuhan tumor dan melindungi kerusakan yang disebabkan oleh radiasi ultraviolet. Di negara-negara di mana masyarakatnya banyak minum teh hijau, tingkat kanker di negara tersebut cenderung lebih rendah, tetapi tidak diketahui secara pasti apakah hal itu disebabkan teh hijau, atau faktor gaya hidup lainnya.

Manfaat Minum Teh Hijau dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

Mencegah penyakit jantung

Sebuah studi menyatakan bahwa minum teh hijau dapat mencegah penyakit kardiovaskular. Orang yang setidaknya minum 5 cangkir teh hijau setiap hari, memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular dan kolesterol dibandingkan dengan orang yang tidak minum teh hijau.

Mencegah diabetes

Para ahli memiliki perbedaan pendapat tentang manfaat teh hijau untuk diabetes ini. Sebagian berpendapat bahwa dengan minum teh hijau akan menurunkan resiko terkena diabetes dibandingkan dengan mereka yang tidak minum. Sedangkan sebagian yang lain berpendapat jika kandungan teh hijau dan penyakit diabetes tidak memiliki hubungan sama sekali.

Menurunkan berat badan

Meskipun hasilnya tidak terlalu signifikan, teh hijau bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Karena hasilnya tidak terlalu bepengaruh untuk menurunkan berat badan, secara klinis teh hijau tidak termasuk salah satu bahan alami yang efektif untuk menurunkan berat badan.

Selain beberapa manfaat teh hijau bagi kesehatan yang telah disebutkan sebelumnya, teh hijau juga bermanfaat untuk membantu mencegah gigi berlubang, stres, stroke, kelelahan, mengobati penyakit kulit dan mengurangi peradangan.

Efek samping minum teh hijau

Minum teh hijau memiliki efek samping atau kontraindikasi yang tidak terlalu berbahaya bagi kesehatan. Efek samping yang bisa dirasakan adalah gangguan tidur atau insomnia, gelisah, lekas marah, dan mual. Secara khusus, perempuan hamil dan menyusui, orang yang memiliki masalah jantung atau tekanan darah tinggi, ginjal atau masalah hati, sakit maag, dan gangguan kecemasan tidak disarankan untuk minum teh hijau dengan berlebihan.

Demikian manfaat dan efek samping teh hijau bagi kesehatan ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: