15 Manfaat Penting Buah Apel bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat buah apel – Banyak orang yang lupa, bahwa terkadang hal-hal terbaik dapat diperoleh dari sesuatu yang sederhana. Begitu juga dengan kesehatan, ketika sedang menikmati buah apel, banyak sekali manfaat buah apel untuk kesehatan yang bisa diperoleh.

Buah apel mengandung antioksidan yang berguna untuk merawat dan menjaga tubuh dari berbagai serangan penyakit. Kandungan serat yang disebut pektin buah apel bermanfaat untuk menjaga kesehatan, karena pektin merupakan salah satu jenis serat yang mudah larut.

Berikut adalah beberapa manfaat apel bagi kesehatan tubuh yang dapat diperoleh dengan mengkonsumsinya secara rutin dan teratur.

Menjaga kesehatan gigi

Manfaat jus buah apel yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan gigi. Buah apel memang tidak dapat menggantikan sikat gigi. Tetapi, dengan mengigit dan mengunyah buah apel dapat merangsang produksi air liur yang berguna untuk mengurangi kerusakan dan menjaga kesehatan gigi serta membunuh bakteri di dalam mulut.

Menghilangkan Alzheimer

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan rutin makan buah apel dapat menghilangkan Alzheimer dan melawan efek penuaan pada otak. Buah apel bermanfaat untuk kesehatan neurotransmitter asetilkolin yang dapat menambah kecerdasan otak.

Mencegah Parkinson

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah apel berguna untuk mencegah Parkinson akibat radikal bebas. Penelitian menunjukkan bahwa dengan makan buah apel dan makanan tinggi serat lainnya akan meningkatkan perlindungan terhadap penyakit Parkinson tersebut.

Mencegah kanker

Kandungan flavonol buah apel bermanfaat untuk mengurangi resiko kanker pankreas. Buah apel juga bermanfaat untuk melawan sel-sel kanker hati, kanker usus besar dan kanker payudara karena kandungan senyawa triterpenoid yang dimilikinya. Buah apel juga sangat direkomendasikan untuk mengurangi resiko terkena kanker kolorektal.

Menurunkan resiko diabetes

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang makan setidaknya satu buah apel setiap hari akan menurunkan resiko terkena diabetes sebanyak 28 persen. Kandungan serat larut buah apel dapat bermanfaat mengurangi kadar gula dalam darah.

Manfaat Penting Buah Apel bagi Kesehatan Tubuh

Mengurangi kolesterol

Buah apel juga dimanfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol. Serat larut yang ditemukan dalam buah buah apel dapat mengikat lemak di usus untuk menurunkan kolesterol dan membuat tubuh lebih sehat.

Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan serat buah apel dapat mencegah penumpukan plak kolesterol dalam arteri jantung. Senyawa fenolik yang ditemukan dalam kulit apel juga dapat mencegah kolesterol masuk dan memperkuat dinding arteri. Ketika plak telah memperkuat dinding arteri, maka akan mengurangi aliran darah ke jantung, dan menyebabkan penyakit jantung koroner.

Mencegah batu empedu

Manfaat buah apel selanjutnya adalah untuk mencegah batu empedu. Batu empedu sangat umum diderita oleh orang yang mengalami kegemukan atau obesitas. Untuk mencegah batu empedu, dokter biasanya menyarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat untuk membantu mengontrol berat badan dan kolesterol.

Mengobati diare dan sembelit

Buah apel juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati diare dan sembelit. Serat yang terkandung dalam buah apel bermanfaat untuk mengontrol kadar air dalam usus untuk menjaga kadar air dalam tinja dan menghindari terjadinya diare maupun sembelit.

Menetralkan sindrom iritasi usus besar

Sindrom iritasi usus biasanya ditandai oleh sembelit, diare, sakit perut maupun kembung. Untuk mengontrol gejala ini dokter menyarankan untuk menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi, dan menambahkan asupan makanan yang mengandung serat, salah satunya adalah dengan memanfaatkan jus buah apel.

Mencegah wasir

Wasir adalah penyakit yang disebabkan oleh pembengkakan di daerah anus atau rektum. Wasir memang tidak berbahaya, tetapi dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Salah satu penyebab wasir atau ambeien adalah mengejan berlebihan karena mengalami sembelit ketika buang air besar. Kandungan serat yang dimiliki buah apel bermanfaat untuk penyakit ambeien yang diakibatkan oleh sembelit.

Menjaga berat badan ideal

Menjaga berat badan dengan buah apel juga sangat efektif. Banyak masalah kesehatan yang disebabkan karena kelebihan berat badan, di antaranya adalah penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Untuk menjaga berat badan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, dokter menyarankan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat, salah satunya adalah buah apel.

Meningkatkan kerja hati

Racun dapat masuk kapan saja ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman. Salah satu fungsi hati adalah untuk membersihkan racun yang masuk ke dalam tubuh tersebut, atau yang biasa disebut dengan detoksifikasi hati. Salah satu yang dapat membantu detoksifikasi hati adalah buah apel.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat buah apel yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan buah apel yang disebut quercetin dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, terutama ketika sedang mengalami stres.

Mencegah katarak

Kandungan buah apel juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah katarak. Sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang memiliki kebiasaan makan buah-buahan yang banyak mengandung aktioksidan seperti buah apel, memiliki 10 sampai 15 persen lebih kecil kemungkinan terkena katarak.

Demikian manfaat makan buah apel bagi kesehatan tubuh ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan berguna untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: